Heiyo, Takaiters!

Seakan enggak puas sama kesuksesan iPhone X, Apple lagi-lagi meluncurkan gebrakan barunya. Lini iPad besutan mereka yang kali ini menjadi garapannya. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan asal Cupertino, California, AS ini mengumumkan dua produk iPad yang diperbarui.

Peluncuran dua model ini berada di antara jajaran yang sudah ada, yaitu iPad entry level 9,7 inci dan iPad Pro. Melalui siaran pers Apple yang dihimpun TechCrunch, Senin (18/3/2019) kemarin, mereka merilis seri iPad mini dan iPad Air yang telah di-upgrade.

1. Benamkan Dukungan Fitur Pensil

Apple benamkan fitur lawas untu versi iPad yang baru
iPad Air (2019). Foto: Macworld.com

Salah satu fitur baru yang dibenamkan pada dua iPad tersebut, adalah Apple Stylus Pencil. Dengan begitu, semua model anyar iPad kali ini mendukung fitur andalan yang bakal memperkaya kinerja tablet ketika digunakan. Pembaruan dua seri tablet terkecil Apple ini menjadi nafas baru untuk popularitasnya yang sudah mencengkram kuat di awal debut.

2. Ukuran Layar yang Lebih Besar

Apple iPad Mini versi upgrade tetap usung ukuran layar 9,7 inci
Apple iPad Mini (2019). Foto: Wired.com

“Hari ini, keluarga iPad mengambil dua lompatan besar yang serba baru,” terang wakil presiden senior Apple, Phil Schiller. iPad Air memperluas layarnya dari 9,7 inci menjadi 10,5 inci, sehingga layarnya lebih besar dari iPad standar. Langkah yang berbeda diterapkan untuk iPad Mini yang tetap usung layar 7,9 inci. Keduanya mengadopsi desain yang relatif mirip dengan versi sebelumnya; bezel lebar di sisi atas dan bawah.

3. Jeroan Baru Apple iPad Kini Lebih Seirama

Fitur jejeran versi iPad kini lebih seirama. Foto:
Fitur jejeran versi iPad kini lebih seirama. Foto: 9to5mac.com

Di bagian jeroan, kedua model iPad tersebut kini terbenam chipset Apple A12 Bionic 17nm yang dilengkapi M12 coprocessor dengan teknologi Neural Engine sebagai dapur pacu utama. Ditambah lagi sama Apple GPU (4-core) di sektor grafis membuat dua iPad versi 2019 ini, sejajar dengan iPad Pro dan iPhone XS, lo, Takaiters!

 

4. Kombinasi Fitur Pembeda

Smart keyboard, fitur baru iPad Air (2019).
Fitur smart keyboard. Foto: techradar.com

Selain Stylus Pencil, kedua iPad ini kompak mengusung layar IPS LCD yang ditingkatkan untuk mendukung 16M colors, DCI-P3 wide color gamut dan True-tone. Begitu pula pada sektor kamera, keduanya mengusung kamera depan dan belakang dengan megapiksel serta dukungan fitur augmented reality yang masing-masing sama, yaitu 7 MP dan 8 MP. Yang berbeda terletak pada kapasitas baterai dan aksesoris Smart Keyboard—membuat tablet menjadi laptop convertible—yang hanya diadopsi oleh iPad Air saja.

5. Bawa Sejumlah Fitur Lawas

Apple iPad Mini versi lawas
iPad Mini. Foto: Macworld

Apple tidak sepenuhnya merombak, Takaiters. Duo iPad ini, seperti dihimpun The Guardian, Senin (18/3/2019) kemarin, tetap memanfaatkan port 3.5 mm headphone jack dan tombol Home fisik yang dilengkapi sensor sidik jari. Kedua tablet juga masih meninggalkan fitur pengenal wajah Face ID serta port pengisian daya yang lawas ketimbang memakai USB Type-C seperti yang sudah dimiliki iPad Pro sejak Oktober tahun lalu.

6. Penambahan Fitur yang (tidak) Baru

iPad Mini besutan Apple yang diupgrade. Nanggung!
iPad Mini (2019). Foto: Daily Express

Fitur Stylus Pencil a la Apple termasuk sebagai pembaruan. Kendati demikian, yang membuat iPad Pro masih tampil unggul dari keduanya berkat stylus pensil generasi kedua Apple. iPad mini dan iPad Air hanya dilengkapi fitur generasi pertama yang mengandalkan port Lightning untuk pengisian daya, ketimbang sistem induktif yang baru. Dengan kata lain, pembaharuan yang sayangnya, bukan hal yang benar-benar ‘baru.’ Melainkan penambahan yang Ibaratnya seperti membeli mesin ketik dalam kondisi baru. Nanggung enggak, sih?

7. Kesan Memain-mainkan Varian

Apple iPad Air (2019) & iPad Mini (2019)
Apple iPad Air (2019) & iPad Mini (2019). Foto: BGR.com

Keduanya sama-sama kebagian jatah RAM 2GB dengan dua varian storage dan dukungan konektivitas untuk masing-masing model. Setiap satu model akan terpartisi ke dalam dua varian storage berbeda: 64GB dan 256GB. Kedua varian ini dibagi lagi ke dalam dua versi pilihan, yaitu: dengan atau tanpa dukungan koneksi jaringan seluler di mana setiap variannya dilengkapi dengan koneksi wifi.

 

8. Rentang Harga dan Pilihan Warna

Varian warna yang diusung Apple untuk iPad (2019)

Berkat adanya jejalan varian itu, kedua iPad tablet tersebut menimbulkan perbedaan harga yang variatif. Banderol harga ditentukan oleh pembagian-pembagian versi dari kedua model. Apple mematok harga iPad Mini mulai £ 399 (baca: 399 Poundsterling) atau setara Rp 7,5 juta untuk versi termurah (64GB/Wifi tanpa koneksi seluler). Sementara, varian termurah iPad Air dibanderol £ 479 (sekitar Rp 9 juta).

Dua model, dua varian, dan dua sub-varian. Satu model perangkat, masing-masing punya empat gaya. Keren atau hmmm … aja, nih? Serius atau cuma sekadar lahan buat ‘main-main?’