Hai, Takaiters!

Hadiah pada awal 2019 dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk pelanggan setia adalah memperkenalkan model baru dari Daihatsu Xenia. Mobil yang bermain di segmen Low MPV sekarang mengusung desain yang lebih baru demi penampilan yang menyegarkan.

Daihatsu sendiri menjual Xenia ini dalam 6 varian berbeda. Karena itu, kami akan memberikan tampilan Daihatsu Xenia yang berbeda di setiap varian. Mungkin masih banyak orang yang belum dapat membedakan masing-masing varian, tetapi sebenarnya ada perbedaan terpisah yang dapat dengan mudah diidentifikasi.

Untuk lebih memahami, kami akan memberikan pandangan lengkap tentang apa perbedaan Daihatsu Xenia antara masing-masing varian?

Daihatsu Xenia 1.3 X M / T

Perbedaan Daihatsu Xenia pertama ini adalah bahwa ia tentu saja mengusung spesifikasi mesin 1.300 cc 1NR-VE, 4 silinder yang dapat menghasilkan 95 hp dengan torsi maksimum 12,3 kg.m. Mesin ini adalah mesin terkecil yang digunakan oleh Daihatsu Xenia. Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi manual 5-kecepatan yang sama dengan varian Xenia generasi sebelumnya. Mobil 7 penumpang ini sebenarnya memiliki beberapa perbedaan pada eksterior.

Dari segi eksterior, varian ini adalah varian terendah yang dijual oleh Daihatsu. Karenanya, eksterior termasuk dalam standar paling. Mulai dari housing foglamp, model honeycomb belum digunakan, mirror tidak punya sinyal belok, kuncinya masih menggunakan model konvensional dengan kunci, mirror belum bisa ditarik secara otomatis, bumper belakang belum menggunakan model aerokit.

Di setir, juga masih polos. Tombol tidak tersedia di sebelah kiri untuk menyesuaikan volume musik. Benar benar standar? Interiornya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi lainnya. Itu hanya beberapa fitur yang berkurang. Head unit masih menggunakan model 1 din yang menjadi ciri perbedaan Daihatsu Xenia ini.

Daihatsu Xenia 1.3 X A / T

 

Untuk jenis perbedaan dengan tipe sebelumnya ada pada eksterior. Model ini sudah menggunakan model bumper honeycomb pada foglamp housing yang semakin menekankan kesan mewah. Selain itu, kaca spion juga dilengkapi dengan lampu sein yang pasti lebih aman saat dikendarai, meski tidak ada retraksi.

Di bagian bawah bemper depan ada juga aksen matte hitam sebagai tipe X deluxe atau lebih mewah yang dilengkapi dengan transmisi otomatis. Transmisi otomatis ini memiliki 5 kecepatan. Di bagian dalam, head unit masih menggunakan model 1 din dan tidak ada pengaturan tombol yang tersedia di setir.

Velg yang digunakan untuk model 1.3 masih menggunakan model palang dengan aksen palang kecil. Di jendela ada juga aksen krom sebagai penanda tipe mewah. Ada juga pelindung jam jendela dan fitur back sonar dalam varian ini.

Daihatsu Xenia 1.3 R M / T

Perbedaannya adalah beberapa fitur tambahan yang lebih baik untuk tipe R ini termasuk cermin yang dapat dilipat secara elektronik, lampu sinyal belok di cermin, tombol penyesuaian audio di roda kemudi, sensor di bumper depan, aksen krom di bagian atas jendela, dan immobilizer kunci yang menambah keamanan pada mobil.

Acnya digital, head unit touchscreen, grille depan telah dibubuhi aksen chrome, hingga velg aluminium dengan aksen palang yang lebih besar menjadi penanda model Daihatsu Xenia R. Selebihnya, perbedaan pada model Daihatsu Xenia ini. sama dengan versi 1.3 dan 1.5.

Daihatsu Xenia 1.3 R A / T

Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis 4-kecepatan yang sama dengan varian Xenia generasi sebelumnya. Selebihnya sama dengan Daihatsu Xenia 1.3 R versi manual.

Daihatsu Xenia 1,5 R M / T

Varian berikutnya yang akan kita bahas adalah transmisi manual tipe Daihatsu Xenia R dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Varian ini adalah salah satu varian Xenia generasi terbaru yang dijual di Indonesia saat ini. Daihatsu Xenia tipe R adalah jajaran Xenia yang memiliki fitur paling lengkap di antara semua varian.

Mulai dari mesin. Tipe ini dilengkapi dengan mesin berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder bertenaga 102 hp dengan torsi maksimum 12,9 kg.m. Daya disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi manual 5-percepatan. Transmisi yang digunakan sepenuhnya sama dengan transmisi manual yang tertanam di semua model Xenia. Tidak ada perbedaan dalam rasio sama sekali, karena angkanya benar-benar sama.

Untuk fitur yang dimiliki, jelas varian ini memiliki fitur paling lengkap. Mulai dari cermin yang bisa melipat elektronik, menyalakan lampu sinyal di cermin, sensor di bumper depan dan belakang, spoiler sayap belakang dengan lampu rem tambahan, body kit yang lebih sporty, grille dengan aksen krom, lampu LED, hingga penggunaan dua velg nada pada varian ini.

Di bagian dalam, setir yang digunakan adalah tombol penyesuaian audio yang bisa membuatnya lebih mudah saat berkendara. Head unit mobil ini juga menggunakan layar sentuh 2din yang dapat dihubungkan ke Bluetooth. Pembicara pada pilar A juga merupakan penanda antara varian R dan varian lainnya. Pokoknya, AC dengan model digital sangat menentukan di interior mobil ini.

Daihatsu Xenia 1,5 R A / T

Daya disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis 4-speed. Transmisi yang digunakan benar-benar sama dengan transmisi otomatis yang tertanam di semua model Xenia. Seluruh interior dan eksterior sama dengan Daihatsu Xenia 1.5 R versi manual.

Itulah beberapa perbedaan dalam Daihatsu Xenia yang dapat dilihat di setiap variannya. Jadi mau pilih mana? Cek dulu di sini