Hai, Takaiters!

Sekarang ini banyak banget tempat-tempat makan ataupun cafe-cafe di alam terbuka yang sekaligus sebagai tempat refreshing ataupun spot selfi yang disuguhkan pada para pecinta kuliner juga pecinta foto.

Tujuannya selain mereka bisa memuaskan hobi kuliner, mereka juga bisa refreshing dengan berfoto ria di spot-spot selfi yang baru. Asalkan tempatnya nyaman dan makanan yang dijajakan enak juga terjangkau maka pengunjung akan terus berdatangan.

Seperti juga dengan tempat kuliner baru di desa Kalilunjar kecamatan Banjarmangu kabupaten Banjarnegara yang sedang viral yaitu Tikako. Mau tahu tentang Tikako? Yuk, meluncur kesana untuk mengenal Rest Area Tikako Banjarnegara!

Awal Dibangun Tikako

Keunikan Rest area tikako
Foto: travel.detik.com

Dulunya tempat ini adalah sebuah rest area dengan warung makan biasa di jalur wisata Dieng bagi para pengendara ataupun yang melintas di jalan ini. Namun, seiring waktu rest area ini menjadi sepi pengunjung. Hal ini disebabkan banyaknya rest area baru ataupun tempat refreshing baru yang bermunculan di sepanjang jalur Dieng ini.

Untuk itu munculah ide bagaimana membuat rest area ini menjadi ramai kembali dan terbukti setelah berdiri Tikako, rest area ini menjadi ramai kembali bahkan pengunjung sangat membludag tiap harinya.

Desain Unik Tikako

 

Lokasi Rest area tikako
Foto: travel.detik.com

Tikako dengan brandingnya Cafe Jave and Culinary berhasil membuat banyak orang penasaran untuk datang kesana. Kafe yang dibangun di atas sungai komprat menyuguhkan desain minimalis rumah-rumah mini berbentuk segitiga sebagai tempat istirahat para pengunjung sekaligus menikmati kuliner yang mereka pesan.

Rumah-rumah mini itu terdiri dari bangunan utama, rumah-rumah kecil bagi pengunjung dan satu pondok yang berada paling atas lokasi ini. Untuk bangunan utama kafe ini merupakan bangunan paling besar yang berada di depan pintu masuk lokasi. Disinilah pengunjung dapat membeli tiket masuk sekaligus memesan aneka makanan yang menjadi menu dari Tikako.

Selain rumah-rumah mini, meja-meja makan juga tertata rapi di tepi kali komprat bagian atas dengan desain yang minimalis. Ada juga meja-meja makan yang sengaja di letakkan di atas sungai bagian bawah. Desain tempat ini benar-benar unik dan indah.

Harga Tiket Masuk Tikako

Untuk menikmati keindahan Tikako pengunjung hanya membayar Rp.10.000,00 per orang. Dengan harga yang cukup terjangkau ini pengunjung masih di beri bonus yaitu tiap pengunjung akan mendapatkan satu teh botol dan dua potong mendoan.

Untuk teh botolnya pengunjung dapat langsung mengambilnya sedangkan untuk mendoannya petugas Tikako yang akan mengantarnya karena mendoan ini harus di goreng dahulu ditambah antrian pengunjung yang sangat banyak.

Indahnya Tikako

Foto: travel.detik.com

Memasuki area Tikako pengunjung akan disambut dengan gemericik air sungai yang jernih yang mengalir dari atas bukit. Pengunjung bebas memilih rumah-rumah mini mana saja untuk tempat mereka beristirahat.

Selain rumah-rumah mini pengunjung juga bisa duduk santai di meja-meja yang sudah disediakan yaitu di sepanjang pinggir sungai bagian atas ataupun di atas sungai bagian bawah. Rumah-rumah mini itu dibuat berderet rapi. Satu rumah mini yang menyendiri berada di bagian paling atas lokasi ini.

Untuk menuju kesana pengunjung harus menapaki anak tangga dan juga bebatuan yang cukup menantang. Di sisi rumah mini paling atas terdapat air terjun kecil tetapi cukup deras airnya. Air terjun ini yang mengaliri sungai di area ini. Di atas sungai terdapat bebatuan yang besar. Pengunjung dapat duduk-duduk diatasnya sambil bermain air.

Rumah mini, jembatan mini juga bebatuan merupakan padu padan yang sangat serasi. Penataan yang artistik inilah membuat Tikako menjadi salah satu spot selfi yang banyak diburu para pecinta foto.

Tikako Pada Malam Hari

Foto: doc.pribadi

Tidak hanya pagi hingga sore, pada malam hari Tikako masih buka loh, Guys? Bahkan suasananya menjadi lebih romantis. Adanya lampu-lampu yang temaram yang menerangi rumah-rumah mini dan jembatan setapak terlihat sangat indah. Disini kamu bisa lebih bersantai melepas lelah karena udara pada malam hari pastinya tidak panas.

Takaiters, jangan tunggu lama lagi nih, segera saja kamu meluncur ke Tikako, dijamin harimu akan seru loh, Guys?