Hai, Takaiters!

Musim hujan telah tiba, perlu minuman yang dapat menghangatkan badan? Tidak ada salahnya jika Takaiters mencoba membuat Sarabba.

Sarabba adalah minuman tradisionsl dari Makassar Sulawesi Selatan. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh saat musim hujan. Karena kandungan rempah-rempah sebagai bahan dasarnya. Masyarakat di Makassar juga percaya jika minuman ini dapat menambah stamina karena kandungan telur di dalamnya.

Tidak usah jauh-jauh pergi ke Makassar untuk menikmati minuman ini, Takaiters dapat meracik sendiri.

Ikuti saja resep Sarabba minuman tradisional Makassar di bawah ini, mudah kok membuatnya, Takaiters!

1. Bahan yang dibutuhkan

Sarabba Minuman Tradisional Makassar
Foto: ngovee.com

Bahan:
• 200 gram jahe, di memarkan
• 250 gram gula aren, digerus
• 1 atau 2 batang sereh, di memarkan
• 1 atau 2 jari kayu manis
• 1-1/2 sendok makan merica bubuk
• 200 ml santan
• 1,5 liter air
• Kuning telur 1-2 butir ayam atau bebek
Tambahan: susu kental manis.

2. Didihkan air

Resep Sarabba Minuman Tradisional Makassar
Foto: Jabar.tribunnews.com

Didihkan air dalam panci kemudian masukkan jahe yang telah di memarkan atau di geprek. Rebus agak lama agar sari dan aroma jahe keluar. Jangan lupa kecilkan api kompor agar air tidak banyak menguap. Rebus hingga 10-20 menit, ya.

3. Masukkan kayu manis, sereh, dan merica

resep sarabba minuman khas makassar
Foto: fimela.com

Setelah tercium aroma dari jahe, masukkan kayu manis, batang sereh yang telah di memarkan, dan merica bubuk. Aduk-aduk dan tunggu hingga mendidih lagi. Akan tercium aroma sereh dan kayu manisnya.

4. Tambahkan gula aren dan santan

resep sarabba asli makassar
Foto: Sajiansedap.grid.id

Aroma sereh dan wangi kayu manis telah tercium kini giliran masukkan gula aren yang telah digerus. Tunggu hingga gula merah mencair kemudian masukkan santan, kecilkan api kompor, ya. Jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah dan tunggu hingga mendidih.

5. Beri kuning telur

Foto: hellosehat.com

Setelah mendidih masukkan kuning telur dan aduk terus agar kuning telur tercampur rata. Sarabba ini tidak amis karena ada jahe dan sereh sebagai penawar bau amis. Tunggu hingga mendidih kembali.

6. Suguhkan

Foto: Kompas.com

Setelah diberi telur dan mendidih angkat dari kompor. Tuang dalam cangkir atau gelas suguh. Agar lebih enak tambahkan susu kental manis, sesuai selera.

Sarabba sudah ada sejak zaman dahulu. Masyarakat Sulawesi selalu mengonsumsinya di saat musim hujan atau sedang begadang. Sajikan sarabba dengan pisang goreng, ubi rebus, atau kacang rebus, maka akan semakin nikmat. Selamat mencoba resep Sarabba minuman tradisional Makassar, Takaiters.