Hai, Takaiters!

Makin hari, jumlah pengguna internet di seluruh dunia kian bertambah. Terlebih sekarang akses informasi dan komunikasi jauh lebih gampang sehingga membuat orang-orang seringkali melakukan proses mengunduh berbagai jenis data apa pun yang mereka inginkan, seperti data-data kecil seperti musik, e-book, dan lain sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan kalau kamu juga salah satu dari sekian banyak users yang menggunakan internet untuk beragam kebutuhan. Akan tetapi, kamu pasti pernah mengalami beberapa permasalahan dalam men-download entah itu proses yang lama, tersendat oleh sinyal atau tidak cukup kuota.

Nah, untuk membantumu menghindari hambatan dalam men-download, ada baiknya kamu menggunakan software download manager, yaitu software yang akan menolong men-download file dalam jumlah besar, mempersingkat waktu mengunduh, meningkatkan kecepatan, bahkan memberi jeda pada proses unduhan tadi.

Berikut ini rekomendasi 6 software download manager yang bisa kamu pilih!

1. Free Download Manager (FDM)

Sumber: downloadcnet.com

Software download manager terbaik yang pertama yaitu FDM. Sudah banyak users yang menyarankan software satu ini untuk dijadikan perangkat yang membantu download. FDM dapat men-download file batch, torrent, ataupun melihat pratinjau ZIP. Dia juga bisa membantumu membatalkan file yang tidak diinginkan dari folder kompresi dan mengonversi audio dan video sebelum selesai di-download.

Selain itu, FDM juga dapat meneruskan unduhan yang telah rusak dan tautan dari clipboard, serta mengendalikan alokasi bandwidth untuk hasil download-an. Bagi kamu pengguna selain Windows, tidak usah khawatir karena Free Download Manager juga bisa diaplikasikan pada Linux, Mac, dan Android serta terintegrasi di Internet Explorer, Chrome, dan Firefox.

2. Internet Downlaod Accerelator (IDA)

Sumber: alex71.com

Software yang kedua yaitu IDA. Software satu ini mempunyai banyak keunggulan. Antara lain, mengkategorikan unduhan secara otomatis sehingga ditempatkan di lokasi yang tepat, mendukung mengunduh file yang memiliki ekstensi tertentu. Dapat mendeteksi virus dengan cepat sesaat setelah pengunduhan, plugin-nya dapat diinstal dan bisa di-download berdasarkan url.

Namun, fitur jadwal unduhan lanjutan hanya berfungsi jika ada plugin. Adapun Internet Download Accerelator hanya didukung untuk kamu pengguna Windows dan dapat diintegrasikan ke Chrome, Safari, Opera, Internet Explorer, Vivaldi.

3. Jdownloader

Sumber: pinterest.com

Jdownloader terkenal karena mempunyai fitur-fitur keren. Yang paling hebat adalah kemampuan jarak jauhnya. Kamu dapat men-download aplikasi mobile Jdownloader untuk memulai, mengentikan ataupun mengawasi unduhanmu dari mana pun.

Di samping itu, Software satu ini juga memiliki beragam kelebihan seperti dapat menambahkan tautan unduhan dari clipboard ke program, menyimpan daftar tautan unduhan sebagai file yang terenkripsi yang dilindungi password.

Tak hanya itu saja, Jdownloader terdapat tombol, putar, jeda dan berhenti yang bisa mengontrol unduhan yang tertunda. Ada persentase kecepatan maksimumnya juga, lo. Jdownloader cocok pada sistem Windows, Linux dan Mac, serta bisa diintegrasikan ke Firefox dan Chrome.

4. Eagleget

Sumber: devianart.com

Posisi keempat ditempati oleh Eagleget. Software dengan logo kepala elang ini akan memberikan pengalaman men-download yang luar biasa khusus untukmu. Software ini mampu mengurutkan unduhan, mempermudah mengimpor tautan unduhan, melihat gambar sebelum download dimulai, membantu kamu men-download file dari situs yang dilindungi password, kemudian hasil unduhanmu akan disimpan otomatis ke folder berdasarkan ekstensi file-nya. Terdapat pula taskmonitor yang akan memperlihatkan persentase proses pengunduhan yang kamu lakukan.

Selain sejumlah kelebihan, Eagleget memiliki kekurangan, yaitu kamu harus menutup jaringan internet ketika EagleGet diinstal. Dapat berfungsi di sistem Windows dan terkoneksi di Firefox, Chrome, Internet Explorer, Safari, dan Opera.

5. GetGo Downloader Manager

Sumber: downloadcnet.com

Hampir mirip dengan Eagleget, Getgo menawarkan berbagai fitur mumpuni dalam men-download banyak file sekaligus, dapat menembus situs yang dilindungi kata sandi sehingga kamu tidak perlu berkali-kali masuk di situs yang sama untuk men-download, Getgo juga mampu menggunakan LST untuk mengimpor semua tautan unduhan. GetGo sangat cocok untuk browser-browser modern seperti Chrome, Firefox, dan lain-lain.

6. Internet Download Manager (IDM)

Sumber: bids.id

Sejak dulu, IDM memang sudah populer di berbagai kalangan pengguna internet karena penggunaannya yang memang mudah dan simpel. IDM mempunyai kemampuan untuk menyingkat waktu unduhan, dapat men-download secara paralel, kemudian ada opsi jeda dan melanjutkan, fitur multibahasa, mudah diintegrasikan ke browser, serta ada akselerator yang akan membagi file unduhan juga, lo.

Jadi, kamu  tidak perlu khawatir akan kehilangan progres download. Apabila kamu ingin mencoba software download manager kece ini, kamu dapat menggunakan versi gratisnya untuk sebulan. Sementara bagi kamu yang menginginkan versi premiumnya, kamu dapat merogoh $24.95.

Nah, itu dia rekomendasi 6 software Download Manager yang dapat kamu coba, Takaiters. Tunggu apalagi, segera dapatkan dan nikmati pengalaman mengunduh yang menyenangkan! Semoga membantu!