Ichthyosis, ya sebuah penyakit langka yang di derita Ramesh Darji sekarang ini. Ichthyosis berasal dari kata Yunani kuno, yaitu “ichthys” yang berarti ikan. Penyakit tersebut membuat kulit bocah berumur 11 tahun itu secara perlahan berubah seperti sisik ikan. Menurut Nar Kumari, ibu Ramesh, bahwa saat Ramesh lahir semuanya terlihat normal. Namun saat ramesh berusia 15 hari, kulitnya mulai mengelupas dan dengan cepat digantikan oleh kulit tebal hitam yang tampak seperti sisik.

Ramesh
Cover Asia Press

Seiring dengan berjalannya waktu, pada saat Ramesh berusia 5 tahun, Ramesh mengeluhkan akan sakit yang dideritanya itu. Ia merasakan sakit diseluruh tubuhnya. Saking sakitnya Ramesh tidak mampu untuk berjalan kemanapun, sehingga ia harus memberitahukan pada orang tuanya apa yang diinginkannya.

Dengan kondisi Ramesh yang mengerikan ini, membuat ia tidak memiliki teman dalam dalam hidupnya. Karena, teman-teman sebayanya takut pada bentuk Ramesh yang menyerupai manusia bersisik.

Nanda dan Nar, orang tua dari Ramesh Darji, sudah berusaha mencari pengobatan atas penyakit yang diderita anaknya itu. Namun, dokter setempat sepertinya tidak mampu menjelaskan penyebab penyakit langka tersebut. Disisi lain, orang tua Ramesh juga kebingungan untuk mengobati kondisi anaknya yang seperti ini, karena penghasilanya hanya sekitar 800.000 rupiah perbulan, dan itupun menurut dia tidak mampu mengatasi pengobatan anaknya.

Baru-baru ini, foto-foto Ramesh marak diupload ke media sosial, sehingga seorang penyanyi asal Inggris, Joss Stone, dan penyanyi terkenal asal Nepal, Sanjay Shrestha, membantu biaya pengobatan dan perawatan Ramesh. Ramesh akhirnya menerima perawatan di Kathmandu Mecidal College.

Semoga Ramesh tetap tegar atas cobaan yang menimpanya…..