Hai, Takaiters!

Di saat pandemi COVID-19 masih mewabah, menjaga kesehatan sangat penting untuk diperhatikan. Terutama menjaga ketahanan atau imun tubuh. Mengonsumsi makanan bergizi sangat disarankan. Banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan jangan lupa olahraga secara teratur meski itu hanya dilakukan di dalam atau di halaman rumah.

Nah, minuman tradisional ini sangat bermanfaat untuk menjaga imun tubuh. Cara buatnya gampang. Bisa diracik sendiri di rumah. Bahannya pun gampang didapatkan. Mau coba, simak cara meraciknya, ya.

Bahan-bahan Minuman Teh Jahe Bawang Putih

Foto: Pixabay.com

Minuman tradisional yang baik untuk menjaga imun tubuh adalah teh jahe dan bawang putih. Cara meraciknya mudah. Tinggal sediakan bahan-bahan seperti 250 ml air putih, 1 ruas jari jahe, kerok kulitnya lalu cuci, iris tipis, 1 sdt bawang putih parut, terakhir 1/2 sdt lada hitam bubuk.

Cara Membuat Teh Jahe Bawang Putih

Foto: Jawapos.com

Setelah bahan-bahan tersedia, langkah pertama untuk meraciknya, rebus rebus air putih. Lalu, masukan jahe yang telah diiris. Setelah itu, masukkan bawang putih yang telah dihaluskan. Baru kemudian tambahkan bubuk lada hitam. Masak hingga air mendidih. Diamkan selama 2 menit, ya.

Matikan kompor. Diamkan agar air yang mendidih jadi hangat. Baru setelah itu, racikan teh jahe bawang putih bisa dinikmati. Namun, sebelum diminum, saring rebusan teh jahe bawang ke dalam gelas. Agar rasanya enak, bisa ditambahkan dengan madu murni secukupnya. Baru setelah itu diminum. Rasakan rasanya. Rasa hangat akan menjalar ke sekujur tubuh.

Khasiat Bawang Putih

Foto: Pexels.com

Kenapa bawang putih dianjurkan untuk dikonsumsi? Karena bawang putih, meski aromanya sangat kuat, punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang putih mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, mangan, vitamin C, kalsium, hingga selenium. Tidak hanya itu, bawang putih juga sumber antioksidan yang baik. Bawang putih mengandung flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Khasiat Jahe

Foto: Pixabay.com

Dari sejak zaman nenek moyang, zaman dahulu, jahe sudah dipercaya dan digunakan untuk bahan obat tradisional. Nenek moyang kita tak salah memang. Karena jahe ini adalah rempah yang banyak mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Di dalam jahe terkandung banyak sekali senyawa bioaktif dan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Senyawa bioaktif dan nutrisi yang terkandung dalam jahe antara lain magnesium, vitamin C, vitamin B6, fosfor, tembaga, besi, kalsium, dan lainnya.

Jahe pun, tak hanya rempah untuk bumbu masakan, tetapi bisa jadi bahan untuk minuman obat. Jahe sejak dulu dipercaya bisamengobati sakit flu atau batuk. Bisa menghasilkan efek hangat bagi tubuh. Efek hangat itu sendiri berasal dari rasa pedas jahe. Rasa pedas yang berasal dari senyawa keton bernama zingeron.

Jadi, tak usah beli multivitamin mahal untuk mendukung daya tahan tubuh. Cukup racikan minuman teh jahe bawang putih. Tak hanya murah meriah, tetapi juga menyehatkan.