Halo, Takaiters!

Tahu enggak, sih, di Provinsi Kepulauan Riau ada pulau eksotis yang disebut sebagai pulau tropis terindah di Asia? Pulau tersebut terletak di Kabupaten Kepulauan Anambas, yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Gugusan Kepulauan Anambas memiliki 255 pulau-pulau kecil dengan pemandangan yang sangat menawan. Pada kegiatan Anugerah Pesona Indonesia tahun 2016, Kepulauan Anambas meraih urutan pertama untuk kategori I Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise).

Ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas adalah Tarempa, sebuah kota yang disebut sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Kota Tarempa terletak di Pulau Siantan. Jangan bayangkan Tarempa seperti kota yang memiliki hotel mewah berbintang dengan fasilitas metropolitan, ya, Takaiters. Biaya hidup yang tinggi di Tarempa dan wilayah lain di Kabupaten Kepulauan Anambas disebabkan oleh letaknya yang tersembunyi.

Penasaran kan dengan Anambas? Berikut 7 pulau eksotis Kepulauan Anambas yang bisa kamu kunjungi dan bakalan bikin kamu enggak ingin pulang.

  • Pulau Bawah

Foto : visitkepri.com

Inilah pulau yang disebut sebagai The Best Asia’s Top Five Tropical Island Paradises oleh CNN. Terletak di Desa Klabu, Kecamatan Siantan Selatan, merupakan bagian dari Kepulauan Bawah yang memiliki laguna-laguna yang khas.

Pulau bawah tidak berpenghuni, hanya dijaga oleh beberapa petugas untuk menyambut wisatawan. Kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dan air laut yang jernih, keindahan bawah laut dan warna-warni ikannya serta terumbu karang dan koral yang eksotis. Kamu bakalan setuju dengan julukan yang diberikan CNN.

  • Pulau Durai

Foto : visitkepri.com

Pulau Durai wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu, saat berlibur di Anambas. Pulau yang terletak di kecamatan Palmatak ini disebut juga sebagai Pulau Penyu karena merupakan habitat alami dari beberapa penyu langka.

Kamu bisa melihat penyu-penyu tersebut datang, bertelur, dan menetas. Bila waktunya tepat, kamu bisa melihat ratusan anak penyu yang berjuang menuju bibir pantai. Benar-benar kesempatan langka kan, Takaiters? Pantainya juga jernih dan berpasir putih. Kamu akan menikmati suguhan alam pulau tropis nan eksotis.

  • Pantai Arung Hijau

Pulau eksotis kepulauan anambas dimana
Foto : tempatwisata.pro

Pantai ini terletak di desa Tiangau, kecamatan Siantan Selatan. Posisi pantai Arung Hijau menghadap ke barat. Kamu bisa menikmati saat-saat matahari mulai meredup dan tenggelam di balik cakrawala. Keindahan sunset yang begitu sempurna, masih dilengkapi dengan pemandangan yang indah, di darat maupun dasar laut. Pantai Arung Hijau juga merupakan tempat favorit untuk memancing. Pulau ini juga enggak terlalu terpencil. Sudah ada penjaja es kelapa muda dan berbagai kuliner khas di sana.

  • Pulau Penjalin

Pulau eksotis kepulauan anambas apa
Foto : visitkepri.com

Pulau Penjalin terletak di kecamatan Palmatak, berjarak 90 menit perjalanan dari Tarempa. Bila ingin merasakan sensasi memiliki pulau pribadi, kamu tepat datang ke sini.

Pulau Penjalin merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Pemandangan pantainya merupakan salah satu yang terindah di Anambas. Dihiasi puluhan pulau kecil, pasir putih nan lembut dan batuan granit yang mempercantik pemandangan. Kamu bisa bersampan, berenang atau menyelam di sini.

  • Pulau Pasir Busung

Pulau eksotis kepulauan anambas
Foto : visitkepri.com

Pulau Pasir Busung terletak di kecamatan Siantan Timur. Merupakan daratan berbentuk pasir di tengah laut yang akan muncul saat laut surut. Karena hanya muncul sesaat, hanya kamu yang beruntung yang akan menemukan pulau ini. Keindahan pulau sesaat ini membuatnya juga dikenal sebagai pulau pasir putih. Saat itulah kapal bisa bersandar dan kamu bisa bermain di pulau pasir atau berenang di pantai.

  • Pulau Siantan

Visit Pulau eksotis kepulauan anambas
Foto : visitkepri.com

Pulau Siantan merupakan lokasi di mana ibu kota kabupaten yaitu Tarempa berada. Sebelum berkelana ke berbagai pulau, kamu bisa berwisata dulu di sini. Tempat yang jangan sampai kamu lewatkan adalah Pantai Tanjung Momong. Merupakan pantai berpasir putih yang membentang sepanjang satu kilometer, hingga memberikan banyak lokasi pilihan untuk kamu nikmati.

Lautnya yang jernih, menyuguhkan pemandangan bawah laut dan terumbu karang yang luar biasa. Satu kawasan yang kerap dikunjungi untuk bersantai dan menyelam adalah kawasan dermaga. Kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di sini.

  • Pulau Kelong

Pulau eksotis kepulauan anambas apa saja
Foto : twitter.com/wisataanambas

Pulau Kelong merupakan salah satu pulau yang tak berpenghuni yang dikelilingi oleh batu-batu besar. Pulau ini menyediakan hamparan kekayaan bahari yang menawan sekaligus dilengkapi dengan perairan yang jernih.

Di Pulau Kelong terdapat banyak siput laut atau “Gonggong” yang bisa dimakan. Gonggong memiliki kandungan gizi yang tinggi dan tekstur daging yang kenyal, juga rasanya yang nikmat. Bila kehabisan bekal, kamu bisa mencari gonggong dan menikmati rasanya yang khas.

Nah, itulah 7 pulau eksotis Kepulauan Anambas, Takaiters. Baru 7 pulau dari 255 pulau di Kabupaten Kepulauan Anambas yang kita cermati. Masih 248 pulau lagi yang dapat kamu ekplorasi dan hanya 26 pulau di sana yang berpenghuni, lo! Enggak perlu jauh-jauh ke Tahiti atau Hawai. Indonesia juga memiliki keindahan yang luar biasa. Namun, jangan lupa, ya, Takaiters keindahan alam itu harus kita jaga agar tetap lestari.