Sampai saat ini masih terdapat teka-teki yang nampaknya masih menjadi perdebatan banyak kalangan, perdebatan yang baru-baru ini sedang menjadi buah bibir di Indonesia dan internasional adalah mengenai apakah bumi itu berbentuk bulat atau datar? Perdebatan tersebut, sempat trending topic dan menjadi viral yang dibicarakan di media sosial. Karena semakin viral, banyak kalangan yang sudah melakukan eksperimen mengenai hal ini.

Baru-baru ini, seorang youtuber yang bernama D. Marble melakukan sebuah eksperimen  mengenai bumi datar atau bulat, D. Marble merupakan seorang penganut teori konspirasi bumi datar yang ingin membuktikan bahwa sebenarnya bumi itu berbentuk datar. Ia melakukan eksperimennya sebanyak satu kali dengan cara menaiki pesawat sambil membawa waterpass.

Pilihan Editor

Waterpass adalah sebuah alat ukur tanah yang digunakan untuk mengukur perbedaan ketinggian dari satu titik acuan ke acuan berikutnya. Cara menggunakannya sangat sederhana, yaitu hanya dengan menempatkan permukaan alat ke bidang permukaan yang akan dilakukan pengecekan, setelah itu perhatikan gelembung cairan yang berada di tengah-tengah alat pengukur tersebut.

Dalam eksperimennya, Marble melakukan penerbangan dari Carolina utara ke Seattle untuk memonitoring apakah sang pilot pesawat akan mencondongkan hidung pesawat ke bawah saat mengudara di angkasa untuk menggantikan kelengkungan akibat gaya gravitasi bumi. Setelah pesawat lepas landas, Ia mulai menunggu hingga pesawat tersebut dalam keadaan stabil, setelah stabil selanjutnya Ia mulai melakukan percobaan tersebut pada ketinggian 326 km dengan menggunakan waterpass yang dibawanya.

Menurut teori matematika dan kelengkungan bumi pada teori bumi bulat, pada ketinggian 326 km dari permukaan tanah seharusnya terjadi kelengkungan dan perbandingan 8 kilometer. Tetapi hal tersebut tidak ditemukan oleh Marble saat melakukan eksperimennya diatas pesawat dengan ketinggian yang stabil. Waterpass miliknya membuktikan, bahwa sama sekali tidak adanya pergeseran yang terjadi pada waterpass tersebut, yang dapat ditunjukan melalui cairan gelembung di tengah-tengah alat pengukur waterpass miliknya.

 

Hasil video dan eksperimen dari Marble menjadi bukti bahwa bumi datar dan mematahkan teori -teori mengenai bumi bulat. Saat ini hasil video tersebut sudah dibagikan kepada seluruh kerabat penganut teori bumi datar di dunia, dan mendapatkan banyak pujian atas ide cerdas dan eksperimen sederhana yang dilakukan oleh D.Marble tersebut.

Walaupun hanya eksperimen sederhana, nampaknya hasil eksperimen sederhana ini dapat cukup membungkam mulut para penganut teori bumi bulat.