Halo, Takaiters!

Saat ini olahraga telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Berbagai macam jenis olahraga pun bermunculan di berbagai pusat kebugaran, salah satunya adalah pound fit.

Pound fit merupakan olahraga yang menggunakan stik drum dan musik. Olahraga ini diciptakan oleh Kristen Potenza dan Cristina Peerenboom dua drumer asal California. Olahraga ini sendiri adalah menggerakkan badan seakan meniru orang yang memukul drum. Satu orang memegang dua stik, masing-masing di tangan kiri dan kanan. Berat stik pada olahraga pound fit ini termasuk ringan. Walaupun terlihat sederhana tetapi olahraga kekinian ini mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Berat Badan

Foto: wanita.me

Olahraga yang gerakannya seperti menabuh drum ini memadukan tiga gerakan sekaligus yaitu yoga, pilates, dan kardio. Olahraga pound fit adalah olahraga dengan gerakan dan langkah yang cepat. Dengan tempo cepat, olahraga ini membuat kamu melatih kardio sehingga kalori banyak yang terbakar dan efektif untuk menurunkan berat badan. Konon katanya, pound fit ini dapat membakar sekitar 500 sampai 900 kalori dalam satu kali latihan.

2. Melatih dan Menguatkan Otot Tubuh

Foto: kitchendecor.club

Olahraga ini dirancang untuk menguatkan otot di bagian tengah tubuh salah satunya, yaitu otot perut. Dengan banyaknya memutar serta membungkuk ternyata sangat bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan jaringan ikat. Sehingga hasilnya pinggang dan paha akan menjadi lebih ramping.

3. Mengurangi Stres

Foto: jambi.tribunnes.com

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang bermain drum mempunyai kenaikan fungsi otak secara signifikan. Oleh sebab itu, melakukan olahraga ini dapat mengurangi stres.  Gerakan pound fit tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga untuk menghilangkan stres dan depresi. Terlebih lagi dengan gerakan memainkan drum dapat menciptakan suasana yang semangat dan energik, ditambah dengan musik yang up beat membuat mood menjadi lebih baik.

4. Membantu Memulihkan Kondisi Fisik dan Dijadikan sebagai Terapi Fisik

Foto: netz.id

Olahraga ini dapat mempercepat recovery atau pemulihan bagi yang menderita sakit dan kendala fisik. Olahraga pound fit dapat juga digunakan sebagai terapi pelengkap bagi pasien yang sedang menjalani terapi fisik. Hal ini bermanfaat untuk mempercepat kesembuhan pasien. Namun, porsi olahraga ini harus disesuaikan dengan kemampuan pasien yang terbatas.

5. Melibatkan Seluruh Tubuh dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Foto: kaltim.prokal.co

Berbeda dengan olahraga yang lain, pound fit merupakan olahraga yang melibatkan tubuh secara menyeluruh. Maka dari itu, olahraga ini cocok bagi Anda yang ingin berolahraga secara maksimal dengan mengandalkan hanya satu olahraga saja. Semua olahraga sebenarnya dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Tetapi yang berbeda dari pound fit ini adalah setiap bagian tubuh benar-benar bergerak secara bersamaan ketika melakukan teknik atau gerakan seperti menabuh drum. Hal tersebut membuat seluruh tubuh dapat berolahraga secara maksimal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan Fokus

Foto: poundfit.com

Irama yang dihasilkan ketika olahraga pound fit ternyata mampu memperbaiki kinerja otak sehingga tubuh akan merasa lebih fokus sekaligus meningkatkan ketajaman berpikir.

7. Meningkatkan Koordinasi dan Kecepatan Tubuh

Foto: timeout.com

Salah satu efek yang dihasilkan oleh kinerja otak yang meningkat ketika melakukan olahraga pound fit adalah meningkatnya koordinasi dan kecepatan antara pikiran dan gerakan tubuh. Selain itu, hal tersebut memiliki dampak bagi keseimbangan dan tekanan darah.

Demikianlah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dari olahraga pound fit yang kekinian, meskipun masih tergolong jenis olahraga baru, kamu pun bisa mencobanya.