Hai, Takaiters!

Apa kamu termasuk penyuka pisang? Yap, pisang adalah buah yang bisa didapatkan kapan saja dan di mana saja karena bukan tergolong buah musiman. Pohon pisang ini tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia yang juga memiliki iklim tropis. Buah pisang juga memiliki banyak sekali keragaman seperti pisang ambon, pisang susu, pisang mas, pisang raja, dan banyak lainnya. Selain rasanya yang enak   ternyata pisang adalah salah satu buah surga yang memiliki segudang manfaat yang penting bagi kesehatan.

Pisang Adalah Buah Surga

Foto: unsplash.com

Ada beberapa buah yang disebutkan dalam Al qur’an salah satunya yaitu pisang. Disebutkan dalam surat Al Waqi’ah ayat 28-33 berbunyi :

“Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon-pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya”

Takaiters? Ayat di atas adalah ayat yang menyebutkan tentang buah pisang. So, apa saja, sih, khasiat dari buah pisang? Simak ulasannya, ya, Guys?

Supply Energi Substansial Bagi Tubuh

Foto: unsplash.com

Pisang adalah buah yang mengandung tiga jenis gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ketiga jenis gula tersebut dikombinasikan dengan serat yang nantinya akan memberikan dorongan energi substansial pada tubuh. Memang pisang bukan satu-satunya buah yang memberikan supply energi pada tubuh tetapi apa yang terkandung dalam pisang dapat membantu tubuh tetap fit dan bugar.

Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

Foto: pexels.com

Orang yang mengalami depresi cenderung memiliki tingkat kecemasan dan ketakutan yang sangat berlebihan akan suatu hal. Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh MIND dengan mengkonsumsi pisang secara teratur maka mood atau suasana hati para penderita depresi akan menjadi lebih nyaman. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan tryptophan yaitu sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi sarotonin yang dapat membuat tubuh menjadi lebih baik dan lebih rilex

Menambah Kemampuan Otak

Foto: unsplash.com

Mengkonsumsi pisang secara rutin pada saat sarapan pagi dan waktu makan siang dapat membantu meningkatkan kekuatan otak. Hal ini dikarenakan pisang mengandung kalium tinggi yang dapat membantu meningkatkan kepekaan dalam berpikir.

Membantu untuk Berhenti Merokok

Foto: pixabay.com

Bagi para perokok yang ingin berhenti dari kebiasaan merokoknya salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi pisang. Kandungan dalam pisang seperti kalium, magnesium, vitamin B 6, dan B 12, akan sangat membantu dalam proses penghentian nikotin dalam tubuh sehingga perokok akan cepat sembuh dari kebiasaannya.

Menjaga Badan dari Obesitas

Foto: unsplash.com

Kebanyakan orang yang mengalami kegemukan berada pada tekanan kerja yang tinggi sehingga mereka mudah meraih makanan atau cemilan sebagai pelampiasan ketertekanannya itu. Jika makanan atau cemilan yang dikonsumsi tersebut tinggi lemak dan tinggi karbohidrat maka gula darah akan naik dan menjadi obesitas. Untuk menghindari panik akibat tekanan kerja yang berlebihan dan nafsu makan yang tinggi maka dengan mengkonsumsi pisang akan dapat mengendalikan gula darah menjadi tetap stabil.

Mencegah Mabuk Darat, Laut, dan Udara

Foto: unsplash.com

Mabuk kendaraan adalah hal yang sangat tidak nyaman yang dialami oleh para pengendara karena sepanjang perjalanan kamu akan mengalami pusing yang berlebihan, perut yang tidak enak, mual bahkan sampai muntah yang kadang tidak cukup sekali. Sebelum melakukan perjalanan diharapkan bagi yang mabuk kendaraan meminum milkshake pisang yang ditambah dengan madu. Milkshake pisang ini memiliki khasiat menenangkan perut, mengontrol kadar gula darah, dan menata ulang sistem pencernaan sehingga kondisi tubuh akan fit selama dalam perjalanan.

Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Foto: pixabay.com

Dengan kandungan zat fibernya dalam kadar yang tinggi akan membantu mengatasi sembelit dan melancarkan “BAB”. Pisang juga banyak membantu dalam menyembuhkan anemia karena mengandung zat besi tinggiyang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

Pisang mengandung kalium yang tinggi dan rendah garam dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke kurang lebih 40%. Selain itu, pisang dapat menyembuhkan luka lambung.  Teksturnya yang sangat halus dan lembut  maka pisang bagus untuk dijadikan makanan utama untuk diet bagi para penderita luka lambung karena pisang akan menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Nah, Takaiters, banyak sekali manfaat yang didapat dari buah pisang. Yuk, rajin mengkonsumsi pisang dari sekarang!