Hai, Takaiters!

Di daerah Klaten khususnya Dukuh Jombor Desa Krakitan Kecamatan Bayat terdapat sebuah Rowo yang dikenal dengan nama Rowo Jombor. Sejak merebaknya Covid-19 Rowo Jombor ramai dikunjungi untuk bersepeda mengelilingi Rowo Jombor sambil menikmati kuliner ikan bakar hasil tangkapan masyarakat. Agar tidak penasaran, yuk berkenalan dengan Rowo Jombor wisata sehat di Klaten:

  • Terjadinya Rowo Jombor

rowo jombor klaten kabupaten klaten jawa tengah
Foto: Inibaru.id

Rowo Jombor asal mulanya adalah dataran rendah yang berbentuk cekungan dan dikelilingi pegunungan. Rowo ini selalu tergenang air pada musim hujan maupun kemarau. Air di rowo semakin meninggi pada saat musim hujan akibat dari dua buah kali yaitu kali Ujung dan Dengkel sebelah barat laut airnya meluap mengarah ke Rowo Jombor.

  • Sejarah Rowo Jombor

sejarah rowo jombor klaten
Foto: facebook.com/unknown

Pada saat pemerintahan Sinuwun Paku Buwono ke X tahun 1901 bersama pemerintah Belanda mendirikan pabrik gula Manisharjo di daerah Pedan, Klaten. Dibutuhkan air guna mengairi perkebunan tebu. Maka dibuat saluran irigasi dengan memanfaatkan air Rowo Jombor. Saluran irigasi di bangun pada tahun 1917 dengan membuat terowongan sepanjang 1 Km menembus pegunungan sekeliling rowo dan talang air di atas kali Dengkel. Saluran irigasi selesai pada tahun 1921.
Berjalannya waktu pabrik gula mengalami kebangkrutan bersamaan masuknya penjajahan Jepang tahun 1943-1944. Akhirnya Rowo Jombor dijadikan waduk oleh pemerintah Jepang. Setelah orde baru 1967-1968 pemerintah kota Klaten memperlebar tanggul dari 5 meter menjadi 12 meter.

  • Rute menuju Rowo Jombor

pemancingan rowo jombor klaten
Foto: cintaindonesiaku.blogger

Agar dapat menuju Rowo Jombor Takaiters dapat melalui arah barat atau timur. Jika melewat arah barat rute yang dilalui adalah Kota Klaten, pertigaan Bendogantungan, Desa Sambirejo, Desa Danguran, Desa Glodongan, Desa Jimbung, Rowo Jombor. Melalui arah timur, Kota Klaten, Stasiun Klaten, By Pass, Terminal Klaten Baru, Kelurahan Buntalan, Desa Jimbung, Rowo Jombor.

  • Fasiltas Wisata di Rowo Jombor

lokasi rowo jombor klaten
Foto: PegiPegi.com

Selain menikmati keindahan Rowo Jombor terdapat juga fasilitas wisata lain, Bukit Patrum, dan Bukit Sidoguro. Jika Takaiters suka berselfi kedua bukit ini tempat yang paling Instagramable dengan latar belakang Rowo Jombor.

  • Menikmati Sunrise Sambil Bersepeda

mitos rowo jombor klaten
Foto: pixoto.com

Takaiters dapat mengabadikan sunrise sambil bersepeda mengeliling Rowo sebelum kehangatan mentari terasa. Indahnya bola matahari tersembul dari pinggiran air Rowo Jombor menjadikan sebuah pemandangan yang tiada duanya.

  • Menikmati kuliner Ikan Bakar di Warung Terapung

Foto: cakrawalatour.com

Setelah lelah bersepeda Takaiters dapat mampir ke warung apung menikmati kuliner ikan air tawar. Ikan nila hasil tangkapan dari Rowo dapat dinikmati dalam bentuk dibakar, atau digoreng garing. Nikmati kelezatannya diiringi tiupan angin dari Rowo dan sensasi bergoyang dari warung yang terapung. Selain itu ada juga menu lain sebagai pilihan.

Berwisata sehat bersepeda mengelilingi Rowo Jombor tentu sangat menyenangkan. Takaiters akan merasakan wisata yang berbeda dan ingin berkunjung kembali. Tertarik untuk mengunjungi? Ditunggu, ya.