Hai, Takaiters!

Dieng identik dengan wisata alamnya yang sangat memesona, udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah membentang. Kawah Sikidang dan Candi Arjuna yang kerap kali menghiasi media-media sosial dengan keindahannya mampu menarik ribuan wisatawan setiap harinya. Namun, tahukah kamu, Takaiters? Selain Kawah Sikidang dan Candi Arjuna, masih banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, loh? Salah satunya adalah Kawah Candradimuka, penasaran? Cus, ah, jalan-jalan kesana?

Lokasi Kawah Candradimuka

Berada di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng tepatnya di desa Pekasiran kecamatan Batur kabupaten Banjarnegara. Kawah ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Medannya memang sangat berkelok dengan tanjakan dan turunan yang tajam, namun masih cukup aman untuk dilewati karena kondisi jalannya yang sudah bagus. Kawah Candradimuka berada tepat di pinggir jalan sehingga mudah dijangkau para wisatawan.

kawah candradimuka adalah
Foto: merdeka.com

Kawah Candradimuka Dalam Kitab Pewayangan

Nama Candradimuka sendiri adalah nama tempat di kahyangan yang terdapat dalam kitab pewayangan Jawa. Konon kawah inilah yang akan menjadi tempat kelahiran seorang bayi sakti titisan para dewa yaitu yang dinamakan Jabang Bayi Tetuko yang lebih terkenal dengan sebutan Gatotkaca, ksatria sakti dengan julukannya Otot Kawat Balung Wesi. Kesaktian yang dimiliki Gatotkaca berasal dari pusaka-pusaka para dewa yang dilemparkan ke dalam kawah ini.

Foto: superadventure.co.id

Kawah Candradimuka Bukan Kawah Dari Gunung Berapi

Kawah Candradimuka adalah salah satu kawah yang masih aktif di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Letupan air panasnya sangat kuat dengan suaranya yang menggelegar. Meskipun begitu, Kawah ini bukanlah kawah yang berasal dari gunung berapi tetapi justru dari rekahan tanah yang aktif menghasilkan solfatara yaitu tempat dengan suhu yang sangat panas luar biasa mencapai kisaran 1000 celcius.

	kawah candradimuka ada dimana
Foto: garudacitizen.com

Tiga Kepundan Di Kawah Candradimuka dan Keunikannya

Takaiters, mau tahu, kenapa kawah ini terbilang unik? Yup, begini nih, Guys? Di kawah ini terdapat tiga Kepundan yang masing-masing memiliki perbedaan. Tiga kepundan  itu itu adalah Kawah Candradimuka, Kawah Werkudoro, dan Kawah Belerang Hijau. Kawah Candradimuka adalah kawah yang terbesar dengan air panasnya yang mendidih. Berada paling depan dari pintu masuk lokasi.

kawah candradimuka banjarnegara
Foto: myrideyadventure.blogspot.com

Setelah itu ada Kawah Werkudoro atau sendang werkudoro memiliki air yang hangat, dan jernih. Disini bisa digunakan untuk terapi berbagai macam penyakit. Efek panas yang berasal dari belerang dipercaya bisa melancarkan peredaran darah. Kawah yang ketiga adalah Kawah Belerang Hijau atau Sendang Kemanten yaitu kawah belerang dengan warnanya yang kehijauan. Meskipun tidak terlalu besar namun airnya tidak pernah habis juga kawah ini sangat menarik dan indah.

Sendang Adem Semar

Nih, satu lagi, guys yang bikin tempat ini unik dan menarik yaitu adanya Sendang Adem Semar. Sendang ini memiliki air yang sangat jernih dan sejuk. Berasal dari mata air di bawah tebing yang mengalir dari arca Anoman. Hal uniknya adalah posisinya yang berdekatan dengan Kawah Belerang. Dimana di satu sisi Kawah Belerang memiliki air yang berwarna hijau cenderung berbau belerang, dan di sisi lain air Sendang Adem Semar ini begitu jernih dan sejuk.

kisah kawah candradimuka
Foto: m.merdeka.com

Sendang Adem Semar ini sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Airnya yang dipercaya bisa mendatangkan berkah menarik orang berbondong-bondong untuk datang kesini. Air Sendang Adem Semar juga bisa diminum sebagai obat dan juga biasa dijadikan tempat jamasan pusaka-pusaka kerajaan, seperti keraton Surakarta, Ngayogyakarta dan Cirebon.

Tiket Masuk Lokasi

Ngomongin harga tiket ke lokasi, dijamin sangat terjangkau, Guys? Kamu cukup membayar Rp.5000,- per orang dan kamu akan dapat menikmati keunikan-keunikan yang ada di Kawah Candradimuka tersebut. Bagi kamu yang suka berswafoto, bisa kok, emang awalnya terlihat tidak menarik, tapi ketika kamu mengambil foto dengan spot foto Sendang Adem Semar, Kawah Belerang dan Kawah Uap hasilnya foto-foto kamu sangat menarik. Apalagi dengan adanya asap yang mengepul yang menjadi bagian dari foto-foto kamu, Seakan kamu berada di negeri Sakura, loh, Guys? dijamin kamu akan surprise melihat hasil foto-foto kamu.

Takaiters? Makin penasaran bukan? Yuk, jangan mikir kelamaan, buruan diagendakan untuk liburan kamu pekan depan, ditunggu, loh?