Hai, Takaiters!

Jember salah satu kota di Jawa Timur, yang memiliki berbagai perkebunan. Beberapa perkebunan itu mencakup kopi, kakao, tebu dan karet. Melalui artikel ini, Takaiters akan di ajak ke sebuah tempat agrowisata.

Tempat itu bernama gunung pasang. Udarannya begitu sejuk dan memiliki pesona tiada tara. Lokasi gunung pasang ini di Kecamatan Panti, tepatnya berada berada pada desa Suci, Kabupaten Jember.

Simak yuk, pesona Gunung Pasang Jember ini, Takaiters!

Pemandangan menuju Gunung Pasang Jember

pesona wisata gunung pasang jember
Foto: Doc.pribadi

Menuju agrowisata alam tersebut, kalian akan disuguhi rindangnya hamparan pohon kopi sebelah kanan dan rimbunnya perkebunan karet sebelah kiri.

Karena begitu banyak pepohonan sampai cahaya surya susah menembus kawasan jalan menuju wisata itu. Sehingga kawasan di bawah pepohonan terkesan lembab.

Kawasan wisata edukasi berbasis agrowisata ini di kelola oleh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Jember. Meskipun lokasinya barada di dataran tinggi, akses menuju gunung pasang tidaklah sulit. Sebab seluruh jalan telah beraspal dan mampu di lalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hanya saja pengendara perlu berhati-hati, dikarenakan struktur jalan yang sedikit menanjak dan adanya beberapa jurang di samping jalan.

Sungai jernih gunung pasang

wisata gunung pasang jember
Foto: Doc.pribadi

Sesampai di tempat tujuan, Takaiters akan di sambut dengan gemericik air sungai yang mampu menjadi terapi melepas kepenatan. Konon katanya mendengar suara alam seperti kicauan burung, jatuhnya tetes air yang gemericik. Entah itu dari sungai atau dari air terjun dan deburan ombak pantai, mampu menterapi otak manusia agar tidak stress.

gunung pasang jember
Foto: Doc.Pribadi

Kalian tidak hanya bisa menikmati suara gemericik airnya saja, tetapi juga bisa bermain di sungai tersebut. Tentu menggunakan ban karet yang telah disewakan oleh pihak pengelola. Harga sewa ban karet di bandrol mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000, menyesuaikan ukuran ban tersebut.

Tidak jauh dari hilir sungai, ada bangunan replika menyerupai kereta uap dan keret gerobak yang di tarik oleh hewan tanpa replika hewannya.

Taman bebatuan alami

pesona wisata gunung pasang
Foto: Doc.Pribadi

Selain sungai yang jernih, destinasi lainnya yang unik adalah taman bebatuan yang berada di ujung hilir sungai atau kawasan tersebut. Terdapat banyak bebatuan asli dari alam.

Ukurannyapun beragam, mulai dari yang besar sampai kecil. Sesekali kalian akan mendengar kicau burung yang bersandar di dahan pohon karet, sahut bersahutan. Sungguh panorama yang mampu mencuci jiwa dan pikiran teman Takaiters.

Udara segar pegunungan, gemericik air sungai memang tempat yang sangat direkomendasikan sebagai advanture camp. Bagi kalian pecinta alam yang suka berkemah atau anak pramuka, tempat ini layak untuk kalian coba.

Tiket masuk dan biaya parkir

Setiap orang yang ingin menikmati keindahan alam ini, dikenai biaya tiket sebesar Rp. 7000/orang. Belum termasuk biaya parkir kendaraan roda dua dan roda empat. Bagi pengendara roda dua biaya parkir terbandrol Rp. 1.000 sedangkan untuk roda empat Rp.2.000.

Cukup terjangkau dengan fasilitas yang akan di dapatkan. Menerapi jiwa agar tetap bahagia, nikmati pesona Gunung Pasang Jember tempatnya.