Hai, Takaiters!

Tidak dapat dimungkiri bahwa alam selalu menghadirkan hal menarik untuk ditelusuri. Tidak hanya flora dan fauna, kenampakkan alam yang indah juga senantiasa turut menjadi sorotan. Salah satu keindahan yang terkenal ialah Bukit Kelam.

Bukit Batu Tertinggi di Dunia

Pesona Bukit Kelam
Foto: pinterest.com

Bukit Kelam terbentang dari Barat ke Timur setinggi 1.002 mbpl dan luasnya lebih kurang 520 hektar. Sebagian besar masyarakat di sekitar menyebutnya dengan gunung karena memang tingginya tak jauh beda dari gunung umumnya.

Dengan ketinggian dan luasnya ini pula, Bukit Kelam berhasil mengalahkan Eyyers Rock di Australia. Sehingga, tidak mengherankan rasanya jika batu besar ini dinobatkan sebagai Bukit Batu paling tinggi di dunia.

Untuk mendaki Bukit Kelam, diperlukan waktu kurang lebih 5 jam (naik) dan 3-4 jam (turun). Sedangkan untuk mencapai puncaknya, para pengunjung dapat menggunakan anak tangga yang telah disediakan di sebelah barat.

Terletak di Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia

bukit kelam adalah
Foto: pinterest.com

Kawasan Bukit Kelam berlokasi di Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Lebih tepatnya, hutan wisata Bukit kelam. Bukit tersebut juga dikelilingi oleh dua sungai, yaitu sungai Melawi dan sungai Kapuas.
Wah, Bumi Indonesia memang menakjubkan banget, ya.

Punya Panorama Indah

deskripsi bukit kelam
Foto: harianinhuonline.com

Bukit Kelam mempunyai pemandangan yang indah, loh. Warna batu yang begitu kontras dengan hijaunya tumbuhan, kerap menjadi spot foto keren bagi orang-orang. Tentunya ini cocok sekali dengan Takaiters yang senang berswafoto atau seorang vlogger untuk mengabadikan momen luar biasa.

Habitat Tumbuhan Endemik Kantong Semar dan Anggrek Hitam

puncak bukit kelam
Foto: wallpaperbetter.com

Bukit Kelam merupakan salah satu habitat penting bagi 14 spesies kantong semar, terutama yang paling khas yakni Nepethes Clipeta yang terancam punah.

Tanaman-tanaman kantong semar itu tumbuh subur di ketinggian 500-800 meter. Sebagian besar mereka hidup di sudut-sudut bukit yang curam dan sukar dijangkau.

Selain itu, terdapat pula keanekaragaman hayati berupa anggrek hitam yang indah. Sementara untum fauna termasuk bermacam-macam antara lain beruang madu, trenggiling dan walet.

Memiliki Kisah Legenda

Foto: genpi.id

Konon, Bukit Kelam dulunya adalah sebongkah batu yang sangat besar dan dipikul oleh orang sakti bernama Bujang Beji. Ia mengangkat batu itu dari Kapuas Hulu demi membendung sungai Melawi. Alasannya adalah untuk melampiaskan kedengkian terhadap Temenggu Marubai yang selalu memperoleh banyak ikan di sungai Melawi.

Akan tetapi, niat Bujang Beji ditertawakan oleh para dewi di kahyangan. Bujang Beji pun merasa murka, akibatnya tali pengikat dari rumput pun terputus dan batu yang ia bawa jatuh ke lembah Jetak.

Ketika hendak diangkat, batu tersebut malah melekat dan Bujang Beji kesulitan. Dari situlah tercipta Bukit Kelam yang dikenal sampai sekarang.

Bila ditinjau dari sisi lain, sebagian orang percaya bahwa Bukit Kelam ialah batu meteor yang terjatuh ke Bumi berjuta-juta tahun silam.

Tempat yang Pas untuk Uji Adrenalin

taman wisata bukit kelam
Foto: instagram.com/alexmiles.dji

Bukit Kelam sering menjadi lokasi pendakian bagi wisatawan yang memang hobi travelling ke alam. Terdapat pula tangga yang bisa digunakan untuk jalur pendakian.

Itulah beberapa pesona yang dimiliki Bukit Kelam. Jika Takaiters berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa masukkan pesona Bukit Kelam ke dalam list wisatamu, ya!