Hallo, Takaiters!

Belakangan ini banyak yang sudah mulai menyadari pentingnya persoalan branding. Kalo dulu ada istilah “apalah arti sebuah nama”, saat ini, sepertinya hal itu sudah tidak berlaku. Sebab di era modern seperti sekarang nama punya nilai dan daya jual tinggi, jika kamu bisa membuat personal branding yang kuat pada dirimu.

Apa, sih, Personal Branding itu? Personal Branding adalah tentang bagaimana menjadi diri sendiri dan sebagai apa kamu di kenal oleh banyak orang.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mem-branding diri. Yuk, intip ulasannya berikut ini!

1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

7 Tips Seni Mempromosikan branding Diri
Foto: pexels.com

Mulailah cari tahu minat, bakat, keunggulan, serta kemampuan yang dapat ditonjolkan pada diri kamu. Jika kamu bingung menentukan kelebihan kamu, coba kamu ingat-ingat penghargaan atau apresiasi apa yang pernah kamu terima dari orang lain. Personal branding harus mencerminkan kekuatan atau keunggulan dirimu yang sesungguhnya.

2. Menjadi Unik dan Berbeda

7 Tips Seni Mempromosikan branding Diri
Foto: pexels.com

Keunikan biasanya selalu punya daya tarik sendiri. Kenali keunikan yang kamu miliki. Misalnya, gaya bicara, gaya menulis, gaya berbusana, gaya kepemimpinan, atau apa saja yang menarik yang berbeda dari orang lain. Patenkan hal tersebut sebagai trademark untuk dirimu.

3. Bangun Persepsi Positif

7 Tips Seni Mempromosikan branding Diri
Foto: pexels.com

Dengan kemampuan dan keunikan yang kamu miliki, mulailah membangun persepsi positif tentang dirimu. Jawablah harapan publik tentang jiwa kepemimpinan yang mereka harapkan. Tumbuhkan rasa kepercayaan publik pada dirimu.

4. Promosikan Diri Kamu

7 Tips Seni Mempromosikan branding Diri
Foto: pexels.com

Promosi bisa di lakukan dengan menulis artikel, nge-blog, jadi pembicara, ikut organisasi profesi, menjalin networking secara online maupun offline, dan jangan lupa lakukan promosi di berbagai media.

Pilihan Editor



5. Manfaatkan Popularitas untuk Kebaikan

7 Tips Seni Mempromosikan branding Diri
Foto: pexels.com

Sebaiknya personal branding kamu di share untuk membantu orang lain agar manfaatnya bisa di rasakan oleh orang banyak. Lakukan secara terus menerus. Semakin sering kamu melakukannya, maka brand kamu akan semakin kuat.

6. Sabar dan Konsisten

7 Tips Seni Mempromosikan branding Diri
Foto: pexels.com

Bersabarlah, yang ingin kamu capai adalah sesuatu yang long-lasting, bukan popularitas instan. Diperlukan kerja keras untuk membangun image yang positif dari nol, bahkan kamu harus bisa terus menambah kemampuan diri. Agar popularitasmu tidak merosot.

7. Menjadi Diri Sendiri

7 Tips Seni Mempromosikan branding Diri
Foto: pexels.com

Akan sangat melelahkan jika kamu selalu berpura pura jadi orang lain demi popularitas. Persoalan personal branding adalah bagaimana kamu bisa menjadi dirimu sendiri.

Banyak keuntungan yang kita dapat hidup di era milenium saat ini, banyaknya fasilitas yang tersedia hingga memudahkan kita untuk mem-branding diri. Salah satu media yang bisa kamu pakai untuk memperkuat personal Branding kamu adalah media-media atau website yang mempunyai traffic pembaca yang cukup tinggi.

Kamu bisa memperkuat personal branding-mu dengan membuat artikel tentang prestasi, keunikan, kemampuan, dan kepemimpinanmu. Kamu bisa menunjukkan kualitas dirimu melalui website- website tersebut. Selamat mencoba. Semoga sukses, ya, Guys!