Hai, Takaiters! Tervetuloa!

Saat ulang tahun kemerdekaan ke-100 pada tanggal 6 Desember 2017, pemerintah Finlandia menghadiahkan penduduknya sebuah perpustakaan berdesain unik menyerupai kapal dan menyerupai gelombang bendera. 

Ada 100.000 buku yang siap di pinjam dan dibaca langsung di perpustakan yang super nyaman. Perpustakaan ini sangat luas dengan 3 lantai yang mempunyai fungsi yang berbeda beda tiap lantainya. Perpustakaan ini  tidak hanya difungsikan sebagai tempat membaca, tetapi berfungsi sebagai rumah kedua, lo. Yuk, kita simak fasilitas apa saja yang ada di sini!

Ruangan Khusus untuk Bermain Game Sendiri atau Berdua dengan Sahabat

Foto: ppidunia.org

Di perpustakaan ini kamu juga bisa bermain games, Guys. Ada dua macam ruangan, ruangan untuk bermain game ala-ala warnet yang bisa digunakan untuk ramai-ramai, dan beberapa ruangan khusus mini untuk kamu menonton dan main game bersama sahabat dekat. Kamu bisa mendaftarkan diri secara online untuk menggunakan ruangan mini ini, Takaiters.

Cafe di Tengah Areal Baca

Foto: yle.fi

Selain ruangan game, di perpustakann Oodi juga terdapat cafe, jadi bila di tengah bacaan seru kamu merasa haus atau perlu camilan, kamu tidak perlu khawatir. Di Oodi, ada 2 cafe kecil yang menyediakan minuman dan makanan ringan.

Ruangan untuk Belajar Masak

Foto: dokumen pribadi

Bagi Takaiters yang memiliki komunitas memasak, tetapi memiliki dapur kecil di rumah, jangan sedih! Kamu bisa membuat perjanjian untuk menggunakan ruangan ini dan masak bersama.

Area Bagi yang Gemar Menjahit dan Merajut

Foto: dokumen pribadi

Nah, Takaiters kamu suka Crafting? Di sini juga ada tempat belajar merajut dan menjahit, lo, kamu bisa mencoba merajut, menjahit hingga membordir dengan mesin yang canggih. Bisa belajar otodidak atau ikuti kelasnya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Mesin Cetak/printer 3 Dimensi dan Ruangan Belajar Programer untuk Membuat Robot dari Lego

Foto: desaincurial.com

 

Bagi kamu yang hobi programming dan ingin menularkan ke anak atau adiknya, belajar programming bisa di sini. Kamu bisa program robot dari mainan lego agar bisa bergerak atau melakukan suatu gerakan sesuai perintah. Bagi kamu yang ingin menciptakan bentukan baru, atau duplikasi mainan kesukaan bisa dengan printer 3 dimensi ini.

Mesin Sablon yang Canggih

Foto: forums.hipinion.com

Bagi kamu yang suka menciptakan gambar atau desain sesuatu yang unik dan ingin menduplikasi mainan atau benda kenangan bisa, lo, dengan menggunakan mesin printer 3 dimensi ini.

Area  Bermain Anak

Foto: themayor.eu

Takaiters yang masih punya adik kecil dan tidak mau diganggu saat baca atau kumpul sama teman, bisa tinggalin adik di sini, nih! Dijamin adiknya anteng, karena banyak teman dan mainan. Ada juga ruangan rahasia yang letak pintunya tidak bisa ditebak karena sama dengan rak buku lainnya. Misterius tapi membuat anak-anak ketagihan untuk main di sini.

Petugas Perpustakaan di Oodi Dibantu oleh 3 Robot Canggih

Foto: oodihelsinki.fi

Mulai bulan Maret 2019, ada 3 robot canggih yang mulai beroperasi membantu petugas perpustakaan. Tiga Robot ini diberi nama Patu, Tatu, dan Veera. Nama ini dipilih dari pemenang audisi pemberian nama robot oleh anak asli Finlandia berusia 10 tahun.

Sepertinya banyak yang bisa ditiru dari perpustakaan ini, ya, Takaiters! Tentu perpustakaan akan selalu ramai pengunjung. Semoga tak lama lagi banyak perpustakaan di Indonesia yang mengambil konsep perpustakaan ini.