Hi, Takaiters!

Berwisata, atau berjalan-jalan ke Jogja, kurang lengkap jika belum mencicipi sate-sate rakyat miskin, atau yang sering disebut, sate kere. Sate ini menjadi buruan pecinta jeroan dan gajih daging sapi.

Mau tahu informasi lengkapnya, Takaiters? Yuks, simak!

Bahan Dasar Sate Kere

sate kere jogja terbuat dari apa
Foto: idntimes.com

Sate kere dengan bahan dasar jeroan sapi atau gajih daging dengan sedikit daging sapi yang menempel. Kepulan asap yang mengugah selera ketika sate dibakar,  mengeluarkan aroma daging yang khas,  akan membuat kalian ingin mencobanya. Sate kere ini menjadi salah satu makanan yang dicari para pemburu kuliner.

Guys, dulu sate merupakan jajanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. Karena, daging hanya bisa dinikmati oleh mereka dari kalangan atas. Para rakyat jelata ingin juga merasakan makanan mewah, dengan hanya mengambil gajih dari daging, serta sedikit daging yang menempel untuk dibikin menjadi sate. Dengan hal tersebut, maka sate ini diberi nama sate kere.

Sate kere salah satu kuliner favorit kota gudeg ini, berbeda dengan sate kere yang ada di Solo, jika di Solo sate kere berbahan dasar tempe gembus yang disiram dengan  bumbu bacem,  maka sate kere yang ada di Jogja, berbahan dasar gajih. Sate kere jogja ini di olah menggunakan beberapa bumbu, yang berasal dari rempah-rempah pilihan khas masakan Jawa, karena berbahan baku gajih, ketika dibakar sate mengeluarkan lemak yang meleleh, serta asap yang begitu banyak dengan aromanya yang khas, membuat banyak orang penasaran dengan panganan yang satu ini.

Harganya Terjangkau

sate kere jogja resep
Foto: jogja.tribunnews.com

Harganya yang terjangkau, sate kere ini banyak diminati, membuat banyak orang yang mengantri untuk menikmati, dan menjadi ketagihan untuk mencoba lagi. Untuk yang jalan-jalan ke malioboro dan merasa lapar, jangan khawatir Takaiters jalan ke sisi selatan dan tepat ke pasar , jika melihat kepulan asap dengan aroma daging yang harum, maka disana kamu dapat mencicipi kelezatan dari sate kere.

Kuliner unik ini bikin kamu ketagihan, dikarenakan tekstur berbeda dari sate daging ayam atau lainnya membuat kuliner ini berbeda.

Nah, Takaiters! Itu dia,  sate kere Jogja yang bisa jadi pilihan kuliner kamu jika ke Jogja. Dijamin nggak akan nyesel deh dengan rasa dan aromanya. Yuks, kita coba!