Hai, Takaiters!

Mengetahui tanda jika anak sudah berani speak up itu penting, karena kita pastinya dapat memahami betul keinginan mereka. Terkadang sebagian anak lebih memilih diam dan kurang mempunyai keberanian untuk speak up kepada orang tua mereka. Sebenarnya hal ini kurang begitu baik untuk tumbuh kembang anak itu sendiri.

Ada beberapa kasus di mana orang tua kurang bisa peka terhadap keinginan anak mereka ketika seorang anak sendiri takut untuk jujur pada orang tua. Kita sebagai orang tua sebenarnya patut bersyukur dan bangga ketika anak kita sudah berani speak up mengenai semua hal yang ia rasakan.

Ada beberapa hal yang bisa saja menjadi tanda jika anak kita sudah berani speak up, yuk langsung saja kita cek, Takaiters!

Tanda Anak sudah berani speak up
Foto: pexels.com

1. Sering mengungkapkan perasaan lewat bahasa tubuhnya

Awal mula perkembangan anak yang bisa menunjukan jika mereka sudah berani speak up kepada orang tua mereka ialah sering kali mengungkapkan perasaan lewat bahasa tubuh mereka. Walau butuh kepekaan kita sebagai orang tua, proses ini sudah cukup baik sebenarnya.

Misalnya saja ketika anak sudah mulai menunjukan sikap menolak dengan menggeleng-gelengkan kepala mereka saat kita memintanya untuk mandi. Walau tampak hal yang biasa saja, namun menjadi salah satu bentuk keberanian anak untuk menentukan pilihan dan sikapnya. Perlahan proses itu akan semakin baik setelah ia dewasa.

2. Mulai berani untuk bilang tidak bahkan tak ragu untuk melakukan protes

Setelah menggunakan bahasa tubuh mereka dalam bersikap, kemajuan lain muncul ketika anak sudah berani untuk bilang tidak, bahkan tidak ragu untuk melakukan protes. Kita patut bangga, karena pada prinsipnya ia mulai terbuka kepada kita.

Jangan langsung menolak apa yang menjadi keinginan mereka, sebaiknya kita patut menjadi pendengar yang baik untuk mereka. Perlahan, kita bisa mulai memberi sedikit masukan untuk anak kita mengenai apa yang baik dan tidak baik untuk mereka.

3. Cenderung kuat mempertahankan pendapat dan pilihannya

Ketika seorang anak sudah mulai mempunyai pemikiran dan pendapat sendiri, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk semakin mendewasakannya. Melalui sikap yang kuat dalam mempertahankan pendapat dan pilihannya, mereka secara tidak sadar sudah melalui proses untuk berani speak up di depan orang tuanya hingga orang lain.

Ketika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, kita sebaiknya perlu memahami betul jika mereka memang sedang dalam tahap untuk berani berbicara. Jangan patahkan semangat mereka dengan mengabaikan setiap pemikiran dan keinginan mereka ya, Takaiters!

4. Berani mengakui kesalahannya

Ketika anak kita sudah berani mengakui kesalahan apapun bentuknya, menjadi pertanda jika sebenarnya ia sudah pandai speak up kepada orang lain dan juga kita sebagai orang tua mereka. Patut kita hargai usahanya tersebut, karena jarang anak yang berani melakukannya.

Perlahan, anak akan terlatih untuk selalu jujur terhadap apapun. Hal ini menjadi langkah positif yang menandakan jika kita sebagai orang tua berhasil mendidiknya dengan baik. Kali ini kita sudah boleh berbangga hati nih!.

5. Tidak mudah menyalahkan orang lain

Tanda lain ketika seorang anak berani untuk speak up kepada orang lain dan orang tua mereka ialah ketika mereka tidak mudah menyalahkan orang lain. Dari mulai keberaniannya berpendapat, mengakui kesalahan hingga tidak mudah menyalahkan orang lain menjadi tahapan positif pendewasaan dalam dirinya.

Kelak jika anak kita tersebut tumbuh besar, ia akan mempunyai karakter pribadi yang kuat dan punya potensi besar membawa mereka dalam pendewasaan diri atau bahkan kesuksesan dalam segala hal.

Dengan deretan tanda seorang anak sudah berani speak up seperti  di atas, sebaiknya mampu kita pahami dengan betul supaya bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si buah hati. Yuk mulai dari sekarang!.