Hai, Takaiters!

Malam Nuzulul Qur’an diperingati oleh kaum muslim setiap malam ke- 17 pada bulan ramadhan. Nuzulul Qur’an secara harafiah berarti turunnya Al-Qu’ran yaitu kitab suci bagi umat islam. Pada malam peringati Nuzulul Qu’ran ini surah pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah surah Al Alaq ayat 1-5 kemudian ayat-ayat lain pun berangsur-angsur turun kepada Rasulullah SAW sesuai dengan peristiwa yang terjadi kurang lebih dalam jangka waktu 23 tahun.

Ramadhan kali ini malam Nuzulul Qur’an jatuh pada malam ke- 29. Sebagai muslim yang taat memang diharuskan untuk mengimani kitab suci Al-Qur’an ini sesuai dengan rukun iman yang ke-4. Lalu, apa sih wujud dari keimanan terhadap kitab suci Al-Qur’an ini?

1. Meluangkan Waktu Lebih Untuk Al-Qur’an

 

nuzulul quran diperingati setiap tanggal
Foto: infopena.com

Agar keimanan kamu semakin kuat terhadap Al-Quran maka kamu harus lebih banyak meluangkan waktumu untuk A-Qur’an baik untuk membacanya, mempelajari isi yang terkandung di dalamnya dan hal-hal lainnya seperti mendiskusikannya dan belajar hadis sebagai penjelasannya.

Hal ini sama ketika kamu menyukai seseorang maka kamu akan mengupayakan untuk lebih banyak meluangkan waktu bersamanya untuk bisa mengobrol, diskusi dan akhirnya menjadi dekat dan tumbuh kepercayaan.

2. Gemar Membaca Al-Qur’an

 

nuzulul quran diperingati pada tanggal
Foto: detik.com

Ketika keimanan kamu makin kuat, maka dengan sendirinya kamu akan menjadi rajin untuk membacanya. Kamu yakin dengan janji Allah bahwa membaca al-quran akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Jangankan bagi yang membaca, yang mendengarkan saja sudah mendapat pahala.

Dengan keyakinan ini maka kamu pun memiliki target untuk mengkhatamkan bacaanmu misal satu kali setahun, dua kali setahun bahkan bisa tiap bulan khatam karena saking gemarnya membaca.

3. Mengamalkan Isi Al-Qur’an

 

Peringati Nuzulul Qu’ran diperingati sebagai brainly
Foto: umma.id

Sebagai kitab suci yang agung, sudah pasti isi yang terkandung dalam Al-Qur’an memiliki nilai yang sangat sempurna dan berguna bagi kehidupan manusia. Untuk itu setelah kamu mempelajari kamu hendaknya mengamalkan dalam perbuatan kamu sehari-hari agar akhlak yang tercermin dalam diri kamu adalah akhlak Al-Qur’an.

4. Menghindari Perbuatan Yang Dilarang Dalam Al-Qur’an

 

Peringati Nuzulul Qu’ran
Foto: indozone.id

Tidak hanya mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an saja, tetapi kamu juga harus mampu menghindari segala perbuatan yang dilarang dalam Al-Qur’an yang nantinya bisa menjerumuskan kamu dalam dosa. Terkadang manusia mampu beramal baik namun disisi lain diapun masih melakukan perbuatan yang dilarang dalam Al-Qur’an. Untuk itu hendaknya kamu mampu menyelaraskan dengan tidak melakukan perbuatan yang dilarang dan tetap mengamalkan kebaikan dalam Al-Qur’an.

5. Mensyi’arkan Al-Qur’an

Foto: muikotamedan.or.id

Mensyi’arkanAl-Qur’an berarti mensyi’arkan kebaikan, mensyi’arkan ajaran Allah SWT. Bagi kamu yang mau mensyi’arkan Al-Qur’an maka pahala yang dijanjikan Allah pun berlipat. Banyak cara untuk mensyi’arkanAl-Qur’an seperti mengajak keluarga, saudara, teman, sahabat dan lainnya untuk sama-sama belajar Al-Qur’an. Bisa dengan mengadakan pengajian baik secara tatap muka maupun lewat media sosial, mengadakan diskusi tentang Al-Qur’an ataupun mengajak berbuat kebaikan seperti yang diperintahkan dalam Al-qur’an.

Nah, Takaiters, Sudahkah kamu melakukan perintah Al-Qur’an sebagai bentuk keimanan kamu pada kitab sucimu? Yuk, sama-sama kita belajar untuk lebih cinta Al-Qur’an? Kita peringati Nuzulul Qu’ran dengan mengamalkan kegiatan diatas.