Hai, Takaiters!

Tanggal 8 Mei lau kita telah memperingati hari Palang Merah Sedunia,  kemarin giliran kita memperingati hari Palang Merah Indonesia. Yup, tepat sekali, Hari Palang Merah Indonesia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 17 September. Yuk, kita simak ulasannya!

Sejarah Palang Merah Indonesia

Foto: merahputih.com

Palang Merah Indonesia sebenarnya sudah terbentuk pada tanggal 12 Oktober 1973 sebelum perang dunia II dimulai. Yang mendirikan adalah kolonial Belanda dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indië (NERKAI) tetapipada saat pendudukan Jepang organisasi ini dibubarkan.

Perjuangan tokoh-tokoh bangsa untuk mendirikan lagi Palang Merah Indonesia yang di pelopori oleh Dr. R. C. L. Senduk dan Dr. Bahder Djohan juga dukungan dari para kaum terpelajar sangat gigih dan tidak kenal menyerah meskipun selalu dihalang-halangi oleh Jepang.

Lahirnya Palang Merah Indonesia

Foto: nasionalkompas.com

Akhirnya pada tanggal 17 September 1945 Palang Merah Indonesia resmi terbentuk yaitu berawal dari perintah Ir. Soekarno kepada Dr. Boentaran pada tanggal 3 September 1945 untuk membentuk badan Palang Merah Nasional.

Proses pembentukan Palang Merah Nasional ini juga mendapat dukungan dan bantuan dari banyak pihak karena keberadaan Palang Merah Nasional itu sendiri berperan dalam membantu pemerintah di bidang kemanusiaan. Sampai sekarang terbentuknya Palang Merah Nasional diperingati sebagai hari Palang Merah Indonesia.

Palang Merah Remaja

Foto: news.okezone.com

Takaiters? Ingatkah saat di sekolah dulu? Sejak dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi kita sudah diperkenalkan dengan adanya Palang Merah. Di sekolah kegiatan ini dikenal dengan nama Palang Merah Remaja atau yang biasa disingkat PMR. Kegiatan ini menanamkan kepada kita untuk memiliki rasa solidaritas dan kemanusiaan.

Kita sebagai anggota Palang Merah Remaja dididik untuk memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Kita juga dilatih untuk bisa memberikan pertolongan pertama kepada yang membutuhkan, memberikan pelayanan kesehatan sederhana di sekolah, mensosialisasikan kegiatan donor darah dan sebagainya. Kegiatan tersebut tentunya sangat bermanfaat dan patut untuk teta.

Kegiatan-kegiatan Palang Merah Indonesia

Foto: soksinews.com

Sampai sekarang kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia juga terus mendapat dukungan dari berbagai kalangan seperti kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana alam, kegiatan donor darah yang rutin dilakukan dan selalu bertambah jumlah si pendonor darahnya, penanggulangan korban bencana alam, pelayanan kesehatan gratis, penyediaan dapur umum, pemberian pakaian pantas pakai dan sebagainya.

Sebagai milenial sebaiknya kita juga turut serta untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, lo, Guys? Dengan ikut berpartisipasi setidaknya dengan memberikan dukungan terhadap kegiatan Palang Merah Indonesia. Kita dengan sendirinya sudah menanamkan jiwa kemanusiaan pada diri kita sendiri. Yuk, terus dukung dan sukseskan kegiatan-kegiatan Palang Merah Indonesia!