Hai, Takaiters!

Dunia masih belum kembali ceria selagi corona masih melanda. Begitu juga untuk dunia pendidikan, sampai sekarang pendidikan masih belum kembali normal seperti sedia kala. Dimana sekolah-sekolah, tempat kursus, dan tempat-tempat pelatihan atau pembelajaran belum ramai dengan keceriaan anak-anak yang bersemangat menuntut ilmu, bertemu dengan para guru dan teman-teman sekolahnya.

Sampai saat ini pembelajaran formal masih dilakukan dengan sistem daring yang menurut para pendidik justru lebih rumit ketimbang dengan bertatap muka langsung dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi. Bagi mereka para pendidik lebih memilih bertatap muka dalam memberikan materi kepada anak-anak didiknya.

Selain lebih mengena mereka juga lebih bisa memahami masing-masing anak didik dalam menyerap materi yang mereka berikan.

Nah, bagaimana sih, menyiasati agar pendidikan dengan sistem daring tetap memberikan moodbooster bagi para pendidik dalam Peringati Hari Guru?

1. Niatkan Ibadah

peringatan hari guru
Foto: bobo.grid.id

Meski terasa lebih berat saat seorang guru yang biasanya berdiri di depan ruang kelas dengan dilihat puluhan pasang mata dan di dengar juga oleh puluhan telinga, sejak pandemi melanda hanya berkutat dengan sebuah android ataupun perangkat komunikasi lainnya dalam memberikan materi kepada anak-anak didiknya.

Kondisi yang benar-benar berubah ini awalnya dirasa sangat berat, bukan hanya yang dirasa anak-anak didik tapi juga yang dirasa para pendidik. Namun, semua apalah daya, keadaan mengharuskan demikian.

Niatkan ibadah dalam mengajar dimanapun dengan metode apapun adalah hal yang terbaik dalam menjalankan kewajiban sebagai seorang pendidik.

2. Memaklumi dan Sabar

peringatan hari guru 2020
Foto: utakatikotak.com

Pembelajaran melalui daring memang terkesan rumit dan ruwet. Apalagi jika sudah terkendala dengan signal yang nota bene menjadi faktor utama dalam kelancaran proses belajar mengajar. Signal yang mendukung dari sekolah belumlah cukup jika masih ada signal yang lola yaang di temui pada anak-anak didiknya.

Apalagi jika tidak semua anak didik memiliki android ataupun perangkat lain yang bisa digunakan dalam proses daring. Tentu saja hal itu akan menyulitkan para pendidik dalam menyampaikan materinya.

Menyikapi hal tersebut para pendidik diharapkan agar lebih sabar dan lebih maklum dengan semua kondisi yang tidak diiinginkan tersebut. Mungkin juga para pendidik harus menggunakan tenaga yang ekstra misal mencetak materi dan menggandakan materi tersebut untuk dibagikan kepada anak didik yang tidak memliki perangkat ataupun yang berada di lokasi yang tidak terjangkau oleh signal.

3. Ikhlas

peringatan hari guru tanggal berapa
Foto: geotimes.com

Pembelajaran dengan sistem daring lebih memakan banyak waktu. Jika dengan bertatap muka maka materi akan selesai pada jam tersebut dan dibahas lagi pada pertemuan berikutnya. Sebaliknya jikadengan daring, maka para siswa bisa sewaktu-waktu mengirimkan tugasnya ataupun bertanya tentang materi yang belum mereka pahami.

Mau tidak mau para pendidik pun harus menyediakan waktu lebih banyak untuk menerima tugas-tugas para siswa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka yang masuk melalui android.

Para pendidik juga membutuhkan banyak waktu dalam mengoreksi tugas-tugas yang dikirimkan secara online. Disini memperbesar rasa ikhlas adalah solusi yang terbaik.

4. Menikmati Semua Proses

Foto: republika.co.id

Meskipun begitu banyak kendala yang dihadapi dengan sistem daring, Para pendidik tetap harus melaksanakannya sampai waktunya tiba untuk kembali ke keadaan semula.

Nikmatilah semua prosesnya dengan sabar, ikhlas dan tetap diniatkan ibadah. Jika rasa tersebut sudah benar-benar menyatu dihati para pendidik maka dengan sendirinya mood booster dalam mendidik siswa-siswinya akan tetap tumbuh.

Kepada para pendidik, Takaitu ucapkan Selamat Hari Guru Nasional, Jadikan tanggal 25 November ini sebagai hari peringati hari Guru yang memberikan moodbooster dan kekuatan untuk terus berjuang memajukan pendidikan meskipun dalam suasana pandemi yang belum tahu kapan berakhirnya.