Hai, Takaiters!

Tahukah kamu setiap tanggal 22 Maret itu diperingati sebagai hari air sedunia atau World Water Day? Inisiatif memperingati Hari Air Sedunia ini diumumkan pada saat Sidang Umum PBB di Rio De Janeiro ,Brasil, tanggal 22 Desember 1992. Tujuan dari peringatan Hari Air Sedunia ini agar masyarakat di seluruh belahan dunia ini sadar akan pentingnya air bersih bagi kehidupan. Selain itu, eringatan Hari Air Sedunia ini adalah sebagai upaya penyadaran dalam mengelola sumber-sumber air bersih secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Tema peringatan hari air sedunia ini tiap tahunnya berbeda. Hal itu disesuaikan dengan permasalahan yang ada pada saat itu. Tema-tema yang diambil semua menunjukkan bahwa air memiliki peranan penting bagi semua aspek kehidupan.

Di negara Indonesia tercinta ini, masih banyak juga masyarakat yang hidup tanpa air bersih. Namun, mereka tetap berjuang untuk bertahan hidup dan berkembang. Keadaan ini sangat miris dan memprihatinkan.

Di sisi lain, masyarakat yang berlimpah dengan air bersih justru tidak paham akan pentingnya air bersih tersebut. Mereka bahkan mencemari sumber air bersih itu dengan limbah-limbah dan sampah-sampah yang tidak seharusnya di buang di situ.

Melihat keadaan seperti ini tentunya peran pemerintah dan masyarakat yang peduli akan air bersih sangat dibutuhkan. Upaya-upaya apa saja yang bisa dilakukan agar tertanam kesadaran akan pentingnya air bersih bagi kehidupan? Simak, yuk, Guys!

Kampanye atau Sosialisasi

Foto: malangtimes.com

Kampanye akan pentingnya air bersih bisa dilakukan pada saat melakukan kegiatan-kegiatan sosial di lingkungan masyarakat seperti rapat desa, kerja bakti atau kumpulan warga. Selipkan kampanye atau sosialisasi tentang pentingnya air bersih di susunan acaranya. Dengan begitu masyarakat akan memiliki pemahaman akan pentingnya air bersih.

Membuat Saluran Air Bersih

Foto: agrokoifarm.com

Akan sangat berarti dan berguna jika di suatu daerah yang minim air bersih bahkan tidak ada sama sekali sumber air bersih, dipikirkan caranya agar mendapatkan air bersih. Buatlah saluran air yang nantinya bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Lakukan Penghijauan

Foto: hai.grid.id

Banyaknya hutan-hutan yang gundul karena penebangan yang meraja lela, bahkan dibabatnya hutan untuk dijadikan pemukiman ataupun pusat perbelanjaan membuat cadangan air bersih semakin berkurang. Minimnya cadangan air bersih tentunya akan sangat mengkhawatirkan bagi kelangsungan hidup.

Untuk mencegah hal tersebut, lakukanlah penghijuan kembali atau reboisasi dengan cara menanam kembali pohon-pohon yang telah di tebang. Tananam berguna sebagai penyimpan cadangan air dan juga sebagai penyaring. Menanam pohon di sepanjang sungai juga berfungsi menjaga agar saluran air tetap bersih. Lakukan penghijauan dengan masyarakat sekitar.

Hemat Air

Foto: wndn.de

Ajak masyarakat untuk selalu hemat air. Gunakan air seperlunya saja artinya tidak banyak air yang terbuang sia-sia. Matikan kembali keran-keran air jika sudah tidak digunakan lagi. Penggunaan air dalam jumlah besar dan terus menerus akan menyebabkan kekeringan.

Terapkan Hidup Bersih

Foto: jatim.idntimes.com

Menerapkan hidup bersih sangat berpengaruh pada semua aspek. Jika sudah terbiasa hidup bersih maka akan selalu menjaga lingkungan tetap bersih. Tidak akan membuang sampah sembarangan di saluran air apalagi sampah B3 yang mengandung bahan kimia dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Perilaku hidup bersih harus selalu dijaga dan ditularkan kepada semua orang.

Takaiters, agar upaya pencanangan kesadaran pentingnya air bersih ini sukses dan berjalan sesuai dengan yang diharapan, sebaiknya ajak masyarakat atau warga untuk terjun langsung sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih dan bisa langsung merasakan bahwa keberadaan air bersih benar-benar sangat dibutuhkan.

Libatkan warga secara langsung dalam semua aspek kegiatan pencanangan kesadaran akan air  bersih. Misalnya dalam membangun saluran-saluran air, penghijauan, membersihkan lingkungan, dan sebagainya. Lakukan hal tersebut bersama warga sehingga mereka  nantinya juga akan turut menjaga kelangsungan akan sumber air bersih yang ada.