Akhir pekan ini akan ada perayaan Imlek, diprediksi akan terjadi tumpukan kendaraan dijalur Puncak Bogor Jawa Barat. Dan ini sudah menjadi rahasia umum setiap akhir pekan, apalagi ketika long week end tiba.

Biasanya… kalau hari libur nasionalnya jatuh pada hari minggu, liburnya akan diperpanjang dengan senin, dan biasanya pekerja kantoran juga akan bersiap pulang dari awal pada hari jumat untuk berlibur bersama keluarga.

Bagi sahabat takaitu.com yang ingin berlibur lebih awal.. simaklah dulu hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memilih berlibur di Puncak :

1. Pilih waktu yang aman

Jika memang ingin memilih long week end di puncak. Setelah jam 1-5 sore hari jumat merupakan waktu yang aman untuk menempuh jalur puncak.. jika membawa balita dikendaraan anda, pastikan sebelum pukul 5 sore sudah sampai di lokasi tujuan. Karena pada jam tersebut jalur puncak belum terlalu ramai kendaraan.

2. Pastikan kendaraan sudah di service

Untuk liburan yang savety bersma keluarga tersayang, sebelum melakukan perjalanan ke puncak harus diketahui bahwa, selaiin jalanya sempit beberapa titik juga ada lubang. Untuk kenyamanan pastikan kendaraan sudah di tun-up atau sporing balancing untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan selama perjalanan.. Lokasi bengkel sangat jarang dijalur puncak, dan kalau adapun selalunya pasang tarif tinggi. Jadi pastikan kendaraan dalam keadaan sehat sebelum menempuh jalur puncak.

3. Pastikan sudah mengisi BBM Full

Seblum keluar tol ciawi.. Memasuki jalur puncak dari Gadog menuju Cipanas biasanya jarak SPBU akan terasa lebih jauh jika tersangkut kemacetan, sehingga ada baiknya untuk mengisi bahan bakar full tank sebelum keluar tol.

4. Hindari penggunaan joki

Saat ini akses internet berbagai profider memberikan layanan dengan berbagai pilihan. Ada baiknya gunakan saja Google Map atau Waze sebagai penunjuk jalan dari pada harus merobek kantong membayar joki sebagai penunjuk jalan. Untuk menghindari kejahatan jangan pernah tergoda menggunakan joki untuk mencari jalur pintas menuju puncak.

5. Pastikan keluarga makan di tempat yang bersih

Dalam kemacetan biasanya akan banyak penjual makanan yang menawarkan makanan di sepanjang kemacetan, ada baiknya sebelum menempuh jalur puncak, stok makanan yang sehat sudah disiapkan untuk menghindari gangguan pencernaan selama berkendara.

6. Yang paling penting adalah sedia payung sebelum hujan

Karena bogor adalah kota hujan, jangan lupa yaa sediakan payung ekstra diperjalanan. Bila perlu siapkan juga jas hujan.

Kalau enam Jurus ini sudah disiapkan liburan sudah anda sudah boleh dimulai. Dan jangan lupa yaa membaca doa sebelum melakukan perjalanan.. Selamat berakhir pekanĀ  ?