Hai, Takaiters!

Ramadhan sebentar lagi berlalu dan tiba saatnya bagi kaum muslim merayakan hari kemenangannya. Hari kemenangan yang jatuh pada tanggal 1 syawal diperingati kaum muslim dengan melakukan sholat idul fitri 2 rakaat.

Sholat idul fitri ini dilakukan secara berjamaah di tempat terbuka seperti halaman masjid, tanah lapang, jalanan komplek ataupun di tempat-tempat yang lapang. Sebelum kamu berangkat untuk menunaikan sholat idul fitri tersebut, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ya, Guys?

1. Bangun Lebih Awal

kegiatan Sebelum Menunaikan Sholat Idul Fitri
Foto: kompas.com

Sholat Idul Fitri dimulai sejak terbit matahari hingga matahari berada seujung tombak. Namun, pada umumnya di Indonesia sholat idul fitri dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 06.30 hingga pukul 08.00. Karena pelaksanaannya pagi, sebaiknya kamu bangun lebih awal.

Apalagi jika ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti membangunkan anak-anak, menyiapkan baju suami dan anak, menyiapkan perlengkapan keperluan sholat mulai dari mukena, sajadah, baju yang akan dipake juga tikar buat alas sholat. Dengan bangun lebih awal maka kamu punya banyak waktu sebelum berangkat sholat idul fitri.

2. Mandi dan Memakai Pakaian Paling Baik

sebelum mengerjakan shalat idul fitri dianjurkan untuk
Foto: suara.com

Ketika kamu akan menghadap sang Pencipta maka hendaknya tubuh dan pakaian kamu dalam keadaan bersih. Untuk itu sebaiknya kamu mandi agar tubuh kamu bersih dan segar. Setelah itu kenakan pakaian terbaik yang kamu punya yang juga harus bersih.

3. Usahakan Makan dan Minum Sebelum Menunaikan Shalat Idul Fitri

kegiatan sebelum menunaikan sholat idul fitri
Foto: klikdokter.com

Makan dan minum merupakan anjuran yang disunahkan sebelum menunaikan shalat idul fitri. Hal ini sesuai dengan hadist “Rasulullah tidak berangkat pada idul fitri hingga beliau memakan beberapa buah kurma (H.R Bukhari). Anjuran makan dan minum sebelum shalat idul fitri mengingatkan kaum muslim bahwa pada tangga 1 syawal ini merupakan salah satu hari yang dilarang untuk berpuasa.

4. Usahakan Berwudhu Dulu

Foto: idntimes.com

Karena shalat idul fitri dilakukan di tempat terbuka atau tanah lapang sebaiknya kamu berwudhu terlebih dahulu sebelum berangkat. Hal itu untuk memudahkan kamu agar sesampainya di tempat pelaksanaan shalat, kamu tidakperlu repot untuk mencari tempat berwudhu. Takutnya tempat berwudhu jauh dari posisi kamu dan harus melewati begitu banyak jamaah-jamaah lain.

5. Memakai Wangi-wangian

Foto: rukita.co

Memakai wangi-wangian juga menjadi salah satu hal yang disunahkan sebelum shalat. Namun, bagi kaum hawa, sebaiknya perlu memperhatikan wangi-wangian yang akan dipakai. Usahakan baunya jangan terlalu menyengat yang justru akan menimbulkan mudharat.

6. Persiapkan Uang Untuk Infaq

Foto: liputan6.com

Biasanya di tempat-tempat yang akan diadakan shalat ied akan disediakan kotak infaq. Ada baiknya kamu persiapkan uang untuk berinfaq. Mulailah hari kemenangan ini dengan menanamkan kebaikan yaitu berlatih ikhlas untuk berinfaq ataupun bersedekah.

7. Cek Kembali Semua Perlengkapan

Foto: id.asianparents.com

Sebelum berangkat shalat idul fitri, cek kembali semua yang akan di bawa. Baik dari mukena, sajadah, tikar, uang dan juga masker karena saat ini masih dalam masa pandemi.

Takaiters, udah siap bukan, untuk menyambut hari kemenangan? Yuk, rayakan hari kemenangan ini dengan menabur banyak kebaikan. Pastikan kamu perhatikan hal tersebut sebelum Menunaikan Sholat Idul Fitri.