Hallo, Takaiter!

Sering mendengar penyakit pada tulang  kan? Penyakit tulang identik dengan penyakit manula karena biasanya menyerang pada usia lanjut. Namun tahukah kamu? Ada penyakit tulang yang dapat menyerang anak muda, bahkan pada anak-anak, yaitu penyakit osteomalasia.

Apakah Osteomalasia itu?

jurnal penyakit osteomalasia pdf
Foto: honestdocs.id

Penyakit Osteomalasia adalah penyakit tulang yang dapat menyerang anak-anak sampai manula. Penderita mengalami kondisi tulang tidak dapat mengeras sehingga rapuh dan mudah patah.

Berbeda dengan osteoporosis. Osteoporosis adalah pengeroposan tulang atau tulang kehilangan kepadatan akibat  mengalami kerusakan dan tidak dapat mengatur kebutuhan mineral pada tulang. Osteoporosis disebabkan oleh faktor hormonal dan usia.

Osteomalasia bukan penyakit keturunan, dapat dicegah dan dapat disembuhkan. Osteomalasia disebabkan karena terjadinya kekurangan vitamin D akibat asupan yang rendah atau vitamin D tidak dapat diserap oleh tubuh, kekurangan kalsium dan kurang mendapat sinar matahari. Tubuh manusia secara alami dapat memproduksi vitamin D jika mendapat sinar matahari yang cukup.

Bagaimana Gejalanya

Foto: hellosehat.com

Gejala terjadinya osteomalasia dapat dilihat dari, tubuh menjadi mudah lelah, otot nampak lemah, mudah terjatuh, nyeri tulang yang dapat terjadi kapan saja terutama pada malam hari dan kesulitan menggerakkan anggota badan. Pada anak-anak ditandai dengan keterlambatan untuk dapat berdiri, duduk dan berjalan.

Bagaimana mengobati osteomalasia

penyakit rakitis dan osteomalasia disebabkan tubuh mengalami defisiensi
Foto: halodoc.com

Pada kasus yang sudah parah, penderita osteomalasia dapat diobati dengan menyuntikkan vitamin D dengan dosis yang tepat. Penderita yang juga mengalami penyakit lain sehingga vitamin D tidak dapat diserap oleh tubuh secara sempurna, maka tindakan pertama yang dilakukan adalah mengobati penyakit tersebut.

Pengobatan osteomalasia dapat dilakukan dengan perbaikan pola makan, yaitu lebih banyak mengkonsumsi tahu, tempe, ikan salmon, susu dan kacang-kacangan.

Selain itu penderita juga harus menghindari makanan yang banyak mengandung garam, makanan tinggi lemak, soft drink dan menghindari minum kopi secara berlebihan, menghindari rokok dan alkohol.

Olah raga secara rutin dan berjemur di bawah sinar matahari langsung sangat bagus untuk mengobati osteomalasia. Waktu berjemur yang baik adalah pagi jam 7.00-9.00 dan sore jam 16.00-17.00.

Tindakan dari luar yang dapat dilakukan untuk penderita osteomalasia adalah dengan mnggunakan korset untuk menyangga tulang, penggunaan tongkat dan operasi jika sudah cukup parah.

Takaiters, dari uraian di atas kamu bisa melakukan banyak hal untuk menghidari penyakit osteomalasia.