Halo, Takaiters!

Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional? Yup, bangsa Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional dengan mengadakan upacara di tiap-tiap kota atau kabupaten.

Sejarah Diperingatinya Hari Olahraga Nasional

Foto: nasional.okezone.com

Awal diputuskannya tanggal 9 September sebagai Hari Olahaga Nasional adalah merujuk pada pelaksanaan PON (Pekan Olahraga Nasional) yang diadakan pertama kali di Solo pada tanggal 9 September 1948.

Pada waktu itu PON diadakan sebagai hasil dari konferensi darurat yang diadakan di Solo karena adanya rasa ketersinggungan bangsa Indonesia terhadap penolakan atlet Indonesia pada olympiade ke-14 di London oleh tuan rumah penyelenggara yaitu Inggris.

Alasan Penolakan Atlet Indonesia

Foto: law-justice.co

Penolakan terhadap atlet Indonesia pada olympiade ke-14 tersebut dikarenakan bangsa Indonesia baru saja merdeka sehingga sangat diragukan akan kemampuannya di bidang olahraga. Alasan penolakan tersebut hanyalah klise belaka karena sesungguhnya penolakan Inggris terhadap atlet Indonesia dikarenakan Inggris masih bersekutu dengan Belanda yang mana masih belum menerima kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Hal itu juga diperkuat dengan permasalahan Papua. Belanda saat itu masih berupaya mempertahankan Papua dengan dukungan dari Inggris.

Semangat Bangsa Indonesia Tetap Membara

Foto: olahraga.kompas.com

Meski ditolak dalam kepesertaan olympiade ke-14 tersebut, tidak menjadikan bangsa Indonesia patah semangat. Dengan diadakannya konferensi darurat yang melahirkan PON pertama pada tanggal 9 September 1948 bangsa Indonesia bertekad untuk menunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia benar-benar telah menjadi bangsa yang merdeka dan memiliki kedaulatan penuh serta mampu melahirkan atlet-atlet olahraga yang berprestasi di setiap cabangnya yang nantinya akan mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

Semangat Millenial Terhadap Kemajuan Olahraga

Foto: indosport.com

Sebagai millenial yang bangga akan tanah air dan bangsanya, kita wajib turut serta dalam memajukan perkembangan olahraga yang ada di negara kita, lo, Guys, Banyak kok cara yang bisa tunjukan dengan kepedulian kita, seperti:

  1. Membudayakan olahraga

Agar tumbuh rasa cinta terhadap olahraga maka kita bisa turut serta dalam membudayakan olahraga di lingkungan masyarakat melalui penyelenggaraan event-event olahraga sederhana di masyarakat atau bisa juga dengan menunjukkan aktivitas kita secara langsung dalam bidang olahraga.

  1. Melestarikan olahraga

Permainan atau olahraga yang jarang diminati oleh khalayak sebaiknya dihidupkan lagi dengan cara yang sama yaitu adanya penyelenggaraan even olahraga tersebut.

  1. Memberikan Motivasi

Pemberian motivasi sangat penting dilakukan karena dengan adanya motivasi untuk terus gemar berolahraga akan membantu kemajuan olahraga itu sendiri dalam meraih prestasi di kancah nasional maupun internasional.

Yup, itu dia sejarah ditetapkannya tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional, Takaiters. Sudahkah kamu membudayakan gemar berolahraga dalam keseharianmu? Yuk, hidup sehat dengan berolahraga?