Halo, Takaiters!

Selama bulan Ramadan ini, ada berbagai tantangan yang harus dihadapi. Tidak hanya berkaitan dengan puasa dan melaksanakan ibadah lainnya, mengatur pengeluaran juga menjadi tantangan lain yang tak kalah sulit. Mengapa demikian? Karena bulan Ramadan biasanya akan membuat pengeluaran membengkak karena tingkat konsumsi yang tinggi.

Bukan hanya konsumsi makanan, tetapi persiapan menuju Lebaran juga menjadi pemicu tingginya pengeluaran. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk mengatur pengeluaran saat bulan Ramadan dengan 5 tips hemat ini.

1. Belanja Sembako Mingguan

Foto: pexels.com

Cobalah untuk membuat jadwal menu masakan apa yang akan dibuat sehingga belanja kebutuhan sembako bisa dilakukan secara mingguan. Hal ini akan membuat lebih hemat dibandingkan dengan belanja secara harian.

2. Masak Sendiri Menu Buka dan Takjil

Foto: pexels.com

Hal yang membuat pengeluaran membengkak selama bulan Ramadan yakni banyaknya membeli makanan dari luar daripada masak sendiri. Jangan salah, terlalu banyak membeli makanan dari luar membuat pengeluaranmu makin tinggi, lo. Membeli makanan dari luar sesekali saja dan seringlah masak sendiri agar pengeluaranmu untuk menu buka dan takjil tidak membengkak.

3. Hindari Jajan Takjil Berlebih

Foto: cashbac.com

Buka puasa biasanya menjadi ajang balas dendam karena telah seharian berpuasa. Makanan yang terasa menggugah selera akan segera dibeli untuk dinikmati saat berbuka. Tak jarang makanan takjil ini dibeli secara berlebihan sehingga menguras dompet. Bijaklah dalam membeli menu takjil. Lagipula, perutmu tak akan kuat menampung makanan yang terlalu banyak, kan?

4. Atur Porsi Makan Secukupnya

Foto: health.detik.com

Selain mengatur uang untuk jajan takjil, kamu juga harus pintar mengatur porsi makan. Makanlah dengan porsi secukupnya, jangan berlebihan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami yang namanya pengeluaran membengkak karena konsumsi makanan ini.

5. Tak Perlu Terlalu Fokus pada Kebutuhan Lebaran

Foto: theshonet.com

Selain urusan makanan, pengeluaran yang membengkak saat bulan Ramadan juga disebabkan oleh kebutuhan Lebaran. Menjelang lebaran biasanya orang-orang akan mempersiapkan segala sesuatunya, dari mulai pakaian, makanan, kue kering, hingga uang yang akan dibagikan pada sanak saudara.

Sebaiknya, jangan terlalu fokus pada kebutuhan Lebaran tersebut. Siap-siap boleh asal jangan sampai kalap, ya. Cukup beli kebutuhan yang dirasa butuh dan memang harus ada selama Lebaran tersebut.

Bulan Ramadan ini memang menjadi bulan yang penuh dengan tantangan tersendiri. Selain puasa dan ibadah lainnya, kita juga harus bijak dalam mengatur keuangan. Pengeluaran yang lebih besar dari bulan lainnya membuat kita harus lebih hemat dan cerdas dalam membelanjakan uang yang kita punya. Jangan sampai di bulan Ramadan ini malah membuat kamu kewalahan karena keuanganmu, ya, Guys!