Hai, Takaiters!

Siapa sih yang enggak suka sambal? Hm… Menu satu ini sudah menjadi sajian wajib orang Indonesia, ya, Guys. Rasanya makan kurang sedap jika enggak ada sambal.

Guys, Indonesia memang terkenal dengan aneka sajian lezatnya. Tanpa terkecuali dengan sambal ini. Jadi enggak heran, ya, kalau kita bisa menemukan keunikan sambal dari suatu provinsi.

Nah, supaya kamu bisa ikutan coba sajian sambal yang beragam. Kali ini Takaitu akan membahas tentang Sambal Khas Kalimantan. Jadi, laper ya, Guys? Daripada lama-lama, Yuk langsung di simak aja, Takaiters!

1. Sambal Gami

sambal khas kalimantan timur
Foto: cookpad.com

Sambal Gami merupakan sambal khas Bontang, Kalimantan Timur yang sangat melegenda di daerahnya, Guys. Sebenarnya bahan dari pembuatan sambal ini enggak jauh beda dengan sambal tomat pada umumnya. Hanya yang membedakannya, cara masak dan penyajian yang unik dari sambal Gami ini yang buat sedapnya tak terkira, lho.

Karena sambal Gami ini dimasak langsung dengan menggunakan cobek tanah liat, sehingga disajikan dalam keadaan mendidih. Mirip hotplate, ya, Takaiters. Biasanya sambal Gami disajikan dengan ikan bawis yang hanya ada di perairan Bontang, nih, Guys.

Eits, tapi jika enggak ada Ikan bawis, sambal Gami tetap nikmat dengan menu lauk lainnya.

Nah, jika kamu ingin mencobanya di rumah, siapkan bahan-bahan untuk dihaluskan yaitu cabai rawit, cabai keriting, terasi, garam, gula. Lalu, iris kasar bawang merah dan tomat. Setelah itu ulek kasar bersama bumbu halus tadi. Kemudian tumis dengan minyak agak banyak. Tunggu hingga matang. Sambal siap di nikmati. Gimana mudah, kan, Guys?

2. Sambal Serai atau Kandas Serai

resep sambal khas kalimantan
Foto: cookpad.com

Kandas Serai merupakan sambal khas suku Dayak Ngaju, Kalimanatan Tengah, nih, Takaiters. Seperti namanya, bahan utama dari sambal ini adalah serai.

Dahulu kandas serai ini dibuat supaya bisa dinikmati beramai-ramai karena keterbatasan lauk yang ada agar semua kebagian, nih, Guys. Uniknya kandas serai ini selain pada bahan utama serai, juga ada pada ikan yang akan dicampur hingga hancur bersama sambal di akhir.

Guys, bagi kamu yang penasaran dengan rasanya, bisa coba di rumah sendiri, lho. Bahannya mudah banget, tinggal siapkan bawang putih dan cabai rawit yang dihaluskan. Kemudian tambahkan terasi bakar dan garam. Lalu tambahkan serai dan bawang merah yang diiris tipis dan diulek kasar. Di akhir penyet ikan ke dalam sambal hingga benar-benar hancur dan rata.

Gimana, bikin ngiler, ya, Takaiters?

3. Sambal Cacapan

resep sambal ebi khas kalimantan
Foto: cookpad.com

Sambal Cacapan adalah sambal khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sambal satu ini terbilang unik dan sangat simple, lho, Guys. Dan juga sangat digemari di daerah Banjarmasin, nih, Takaiters.

Nah, daripada kamu penasaran, coba dibuat aja, yuk. Siapkan bahan: bawang merah iris tipis, asam Jawa yang sudah dilarutkan, cabai rawit, gula dan garam secukupnya. Dan sambal pun bisa langsung kamu nikmati dengan nasi hangat dan ikan asin. Duh, jadi lapar, nih, Takaiters.

4. Sambal Cincalok

sambal khas kalimantan selatan
Foto: kumparan.com

Guys, sambal cincalok ini merupakan sambal khas Kalimantan Barat, lho. Namun, sambal ini juga berkembang di beberapa tempat. Salah satunya Kepulauan Riau.

Sambal ini identik dengan rasa asin, asam dan pedas. Nah, untuk bisa menyantap sambal cincalok ini ada dua versi, nih, Takaiters. Ada versi mentah dan ada yang dimasak.

Cincalok sendiri terbuat dari udang rebon yang telah melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Bahan-bahan yang digunakan juga simple, lho. Untuk versi yang dimasak kamu bisa siapkan bawang merah, bawang putih yang dicincang, dan potongan cabai rawit. Lalu tumis dengan minyak secukupnya. Masukkan cincalok siap pakai, tambahkan garam dan gula secukupnya. Terakhir beri perasan jeruk kasturi (ini bisa kamu ikutkan potongan jeruk kasturinya, ya, Guys) dan tambahkan irisan bawang merah secukupnya.

Nah, cincalok pun siap disantap dengan nasi hangat. Gimana, kamu penasaran dengan rasanya?

5. Sambal Dadah Belasan

Foto: femina.co.id

Sambal yang satu ini enggak kalah uniknya, lho, Takaiters. Sambal dadah belasan merupakan sambal khas Dayak Kahayan, Kalimantan Tengah. Letak keunikan dari sambal ini yaitu dari proses akhir pembuatannya, lho, Guys.

Nah, daripada kamu penasaran mendingan langsung dicoba aja, yuk. Siapkan bahan bawang putih dan kemiri goreng. Kemudian haluskan bersama cabai rawit dan cabai keriting. Lalu tambahkan bawang merah cincang dan ulek kasar. Masukkan juga terasi, garam, gula merah sedikit, dan minyak sayur secukupnya. Terakhir padatkan sambal di cobek, lalu tangkupkan ke bara api atau bisa juga menggunakan blow torch untuk menghasilkan wangi smoky. Gimana, mudah banget kan?

Nah, itu dia berbagai jenis sambal khas dari Kalimantan yang merupakan dari kearifan lokal ,nih, Guys. Jadi, harus tetap kita jaga dan lestarikan,ya. Gimana, sudah cukup buat variasi kreasi sambal yang ingin kamu coba kan, Guys?