Hallo, Takaiters!

Kalau mendengar kata Solo, apa yang langsung terbersit dalam pikiranmu? Pasti antara Pura Mangkunegara, Keraton Kasunanan, kampung baik Laweyan dan tidak lupa beragam kuliner murah meriah nan lezat. Semua itu adalah Ikon-nya kota yang berjulukan kota Bengawan ini.

Sebenarnya, selain jalan-jalan di situs sejarah budaya, serta mencicipi kekayaan kuliner, masih banyak lagi objek wisata yang wajib kita kunjungi ketika berada di Solo. Di mana saja itu? Yuk, kita kulik!

1. Taman Satwa Taru Jurug, Lengkap dengan Feed Instagram Berfoto di Taman Pelangi

Foto: KSMtour.com

Buat kamu yang hobi banget selfie atau OOTD, bisa, nih, mampir ke wilayah ujung timur kota Solo, tepatnya di area Taman Satwa Taru Jurug atau TSJT. Sesuai dengan namanya TSJT adalah kebun binatang. Namun, mulai akhir tahun 2017 lalu, pihak pengelola membuka Taman Pelangi guna mendongak jumlah pengunjung.

Taman yang dibuka tiap pukul 16.30 WIB hingga 23.00 WIB kalian bisa menikmati indahnya gemerlap lampu warna-warni yang beraneka bentuk. Ada juga dancing fountain atau air mancur menari yang beroperasi sebanyak tiga kalo dalam sehari. Buat anak-anak jangan khawatir, ada juga wahana bermain seperti kereta kelinci, komedi putar, dan bom-bom car.

Jika kamu ingin berfoto di Taman Pelangi, ada baiknya siapkan perangkat kamera profesional agar mendapat hasil maksimal. Namun, jika kamu ingin melihat kawanan hewan, seperti gajah, buaya, macan, dan monyet, bisa datang di pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB. Untuk harga tiket masuk terbilang cukup terjangkau, sekitar Rp20-25 ribu.

2. Batara Kresna, Kereta Jarak Dekat

Foto: jogja.tribunnews.com

Ingin menikmati sensasi naik kereta dengan kecepatan rendah dan menyusuri kota Solo? Bisa banget! Dengan naik Batara Kresna. Kereta milik PT. KAI ini melayani rute perjalanan jarak pendek yakni dari stasiun Purwosari, Solo hingga ke stasiun Wonogiri. Kereta Batara Kresna dalam sehari hanya melayani dua kali pemberangkatan. Yakni pada pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB dari stasiun Purwosari, Solo. Sedangkan dari Wonogiri, kalian bisa memilih pemberangkatan antara pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB.

Tiket kereta Batara Kresna sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp4.000,00 sekali jalan. Murah sekali, ya? Kalian bisa mendapatkan pengalaman naik kereta api yang melintasi rel di tengah jalanan kota Solo, sampai pemandangan alam Wonogiri yang masih asri.

3. Pasar Triwindu, Berburu Barang-barang Antik

Foto: travelingyuk.com

Kamu termasuk penyuka barang antik atau kuno? Pasar Triwindu cocok sekali untuk didatangi. Pasar yang terletak di Ngarsopuro ini, konon berdiri sejak tahun 1939 dan dulunya merupakan tanah milik Pura Mangkunegaran. Hingga akhirnya beralih kepemilikan ke Pemerintah Kota Surakarta.

Banyak barang lawan yang masih berkualitas, bisa kamu temukan di sini. Mulai aneka teko, cangkir keramik, lukisan, radio, televisi tabung, lampu vintage, sampai poster film zaman jadul. Sedikit tips buat kamu yang baru pertama kali berbelanja di pasar Triwindu, jangan pernah segan untuk menawar karena harga yang ditawarkan terbilang cukup tinggi. Selain itu, jangan terburu-buru membeli pada satu toko, cobalah untuk keliling dulu. Siapa tahu mendapatkan kualitas barang yang bagus dengan harga yang cukup ramah di kantong.

4. GWO Sriwedari, Menonton Pertunjukan Wayang Orang

Foto: flickr.com

Nonton bioskop sudah biasa, apalagi menyaksikan konser penyanyi dalam hingga luar negeri. Sesekali cobalah pengalaman baru dengan menonton pertunjukan wayang orang. Warisan budaya Indonesia asli yang masih terus dijaga keberadaannya oleh Pemerintah Kota Surakarta, melalui Dinas Pariwisata. Sesuai namanya, wayang orang diperankan langsung oleh para aktor yang tak jauh beda dengan wayang kulit. Untuk lakon yang dibawakan masih seputar kisah Ramayana dan Mahabarata.

Jika kamu tertarik melihat pementasan wayang orang, bisa langsung datang ke Gedung Wayang Orang atau GWO Sriwedari setiap hari Senin sampai Sabtu. Pertunjukan akan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB sampai selesai. Untuk harga tiketnya sangat terjangkau, yaitu Rp5.000,00.

5. Taman Balaikambang, Bersantai Ria ala-ala Piknik

Foto: rynari.wordpress.com

Di tahun 2008 lalu Taman Balaikambang mulai dibuka untuk umum dan diklaim sebagai hutan kota di Solo. Di Luas tanah sekitar 9,8 hektare taman ini ditata dengan sangat apik serta banyak ditanami pohon yang membuat suasana kian sejuk dan asri. Terdapat kolam luas dengan beraneka ragam ikan di dalamnya. Beberapa pengunjung kerap melakukan aktivitas berburu ikan di sana atau bisa juga naik perahu kayuh warna-warni bersama pasangan. Selain itu, kamu bisa ditemani beberapa ekor rusa yang sengaja dilepas bebas. Tapi wajib hati-hati karena rusa-rusa itu terkadang agresif, apalagi saat mereka tahu kamu membawa makanan.

Taman Balaikambang disediakan beberapa kursi taman yang dinaungi pohon-pohon rindang. Tetapi, karena jumlahnya yang sedikit jadi kamu harus adu cepat dengan pengunjung lain. Di taman ini juga sering digunakan sebagai venue untuk pagelaran musik, misal Solo City Jazz dab ada juga beberapa pedagang yang menjual aneka makan dan minuman ringan. Saat malam pertunjukan ketoprak dimulai pada pukul 20.30 WIB dengan tiket seharga Rp10.000,00, sementara untuk masuk Taman Balaikambang ini kamu hanya dikenakan ongkos parkir seharga Rp2.000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000,00 untuk kendaraan roda empat. Wah, murah sekali, ya.

Meski Solo terhitung kota kecil, tapi nyatanya memiliki banyak tempat wisata. Semoga bermanfaat.