Hallo, Takaiters!

Cita rasa lembut dan manis menempel di lidah saat melahap kudapan nasi punel, khas Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Jika ada wisatawan mengunjungi Kabupaten Pasuruan dan mencari kuliner khas, masyarakat akan kompak dengan menjawab nasi punel.

1. Disajikan dengan Berbagai Macam Lauk

Foto : suryatribunnews. com

Menu nasi punel pada umumnya disajikan lengkap dengan berbagai macam lauk-pauk di atas piring yang beralas daun pisang. Pelengkap yang wajib ada dari nasi lengket ini adalah sambal kacang panjang mentah, tahu bumbu Bali, kikil, sate kerang, dan botokan (kelapa parut dan udang yang dikukus dalam daun pisang). Selain itu, pelanggan bisa juga memilih lauk tambahan seperti paru goreng, empal, dan masih banyak lagi.

2. Bukan dari Beras Biasa

Foto: m.finela.com

Nasi punel di sini sepertinya sedikit, tapi sebenarnya sudah membuat kenyang karena tekstur yang lembut dan lengket. Saat melahap sesuap nasi, rasa manis khas nasi yang lembut begitu kuat di lidah. Ditambah dengan taburan serundeng di atasnya. Makin enak!

Sang pemilik, Gufron, menjelaskan bahwa nasi punel bukan sembarang nasi. Nasi ini terbuat dari beras khusus tanpa ada campuran beras ketan. Beras ini disebut beras Jawa khusus untuk nasi punel, di tanam di daerah Pandaan, Pasuruan.

3. Menanaknya Harus Pakai Tungku

Foto: harian nasional

Untuk menanak nasi pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Gufron dan ibunya tetap mempertahankan tradisi yaitu menggunakan tungku api atau biasa disebut tomang. Bahan bakarnya menggunakan kayu.

Proses pembuatan nasi punel yang masih tradisional sebanding dengan cita rasa manis yang berpadu sempurna dengan lauk-pauk. Bagian favorit nasi punel milik Warung Pojok adalah kikil yang lembut, sambal yang pedas juga turut menyempurnakan menunya.

4. Warung Pojok Berjualan Nasi Punel Selama 40 Tahun Lalu

Foto : justanother. wordPress.com

Gufron juga menambahkan bahwa proses pembuatan nasi punel memang tidak bisa sembarangan. Apalagi menggunakan alat menanak nasi elektronik seperti rice cooker maupun magic com. Nasi yang dihasilkan tidak akan menjadi punel sempurna dan rasa manisnya akan terganggu dengan aroma mesin. Bahkan daun pisang tetep dipertahankan hingga kini sebagai alas agar tetap terjaga keaslian resep turun temurunnya.

5. Perporsi Seharga Rp23.000,00

Foto: Idntimes.com

Nikmatnya tekstur lembut dan rasa manis dari nasi punel dapat kalian peroleh dengan harga Rp23.000,00. Tarif tersebut sudah termasuk lauk-pauk. Untuk minuman yang tersedia di Warung Pojok adalah es teh dan teh hangat saja saja dengan harga Rp 2.000,00. Hanya dengan harga Rp25.000,00 nasi punel lengkap dengan minumnya sudah bisa memanjakan lidah sekaligus mengobati rasa lapar.

Nah, Guys, jangan lupa mampir jika melancong ke Pasuruan. Semoga bermanfaat.