Hai, Takaiters!

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia harus bekerja dan menghasilkan uang. Namun tidak semua pekerjaan cocok dilakukan semua orang, termasuk seseorang dengan sifat introvert. Seorang introvert mengalami kesulitan untuk berkomunikasi di hadapan banyak orang untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya. Biasanya, seorang introvert merasa kurang nyaman berada di keramaian. Mereka lebih nyaman bekerja sendiri dan menghabiskan waktu untuk berpikir.

Berikut beberapa referensi pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert.

Penulis

Foto: pexels.com

Menjadi seorang penulis adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk seorang pendiam atau introvert. Untuk menemukan sebuah inspirasi menulis diperlukan ketenangan tanpa banyak berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Kamu dapat menjadi seorang penulis konten di media online, penulis novel, puisi, atau apapun sesuai minat.

Pelukis

Foto: pexels.com

Melukis biasanya memerlukan suasana yang tenang dan santai. Jadi bagi kamu yang memiliki sifat introvert cocok juga menjadi seorang pelukis. Pekerjaan ini tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain.

Video Editor

Foto: productionservices.jumia.co,ke

Dalam sebuah film, peran editor sangat penting. Karena salah satu kunci keberhasilan film adalah proses editing. Tugas seoang video editor adalah memilih, merangkai, menyusun ulang dan memanipulasi video yang sudah direkam oleh kameramen agar lebih menarik. Menambahkan efek suara dan gambar yang sesuai dengan skenario, menjadi tugas seorang video editor. Pekerjaan mengedit lebih baik dan lebih fokus jika bekerja sendiri untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Kamu yang introvert cocok dengan pekerjaan sebagai editor.

Web Administrator

Foto: pexels.com

Pekerjaan satu ini cocok untuk jadi incaran para introvert. Kerjaan seorang web administrator adalah mengelola, memaintance, mendesain, mengembangkan hingga memperbaiki pelbagai kerusakan yang ada dalam web tertentu. Pekerjaan yang berhubungan dengan keamanan data biasanya bergaji tinggi. Di Indonesia gaji seorang web administrator berkisar ratusan juta rupiah.

Peneliti Geologi

Foto: jogja.tribunnews.com

Mungkin pekerjaan ini masih asing terdengar di telinga, karena ini termasuk pekerjaan baru. Tugasnya adalah menganalisa kondisi geologi seperti batuan, minyak bumi, aneka tambang seperti mineral, minyak bumi dan gas alam. Di Amerika Serikat, pekerjaan ini bergaji sampai dengan 700 juta bahkan lebih.

Translator atau Penerjemah

Foto: vnlocalizes.com

Translator atau penerjemah adalah orang yang bertugas untuk menerjemahkan suatu file, data atau bahasa. Bisnis yang memakai jasa penerjemah misalnya perusahaan penerjemah, organisasi komersial, layanan sipil, dan badan-badan internasional. Seorang Translator lebih nyaman bekerja sendiri tanpa campur tangan dari banyak orang.

Data Entry

Foto: pexels.com

Seorang petugas data entry bertugas memasukkan data ke sebuah sistem atau dokumen. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian agar tidak melakukan kesalahan dalam memasukkan data. Untuk bekerja sebagai data entry diperlukan kemampuan administrasi dasar, komputer, dan mengetik.

Fotografer

Foto: pexels.com

Fotografer adalah orang yang pekerjaannya membuat gambar dengan kamera dan peralatan fotografi lainnya. Banyak fotografer yang bekerja untuk berbagai media cetak seperti majalah dan tabloid. Selain itu, mereka dapat mencari penghasilan dari berbagai event, misalnya bekerjasama dengan wedding organizer. Kamu juga dapat menjual hasil jepretan kameramu di beberpa website misalnya Shutterstock, Freepik, 500px Prime, SmugMug Pro, iStockphoto, atau Etsy.

Ahli Astronomi

Foto: news.detik.com

Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari benda-benda langit, seperti bintang, planet, komet dan lain sebagainya. Ahli astronomi bertugas mengobservasi, meneliti serta membuat laporan tentang ilmu perbintangan untuk bisa dipelajari kembali. Pekerjaan ini tidak memerlukan banyak berinteraksi dan bercakap-cakap dengan orang lain. Selain mengasyikkan pekerjaan ini tentunya bergaji tinggi.

Driver Online

Foto: pexels.com
Foto: pexels.com

Menjadi seorang driver online tidak terlalu dituntut untuk banyak berkomunikasi dengan customer. Meskipun percakapan standar perlu dilakukan untuk mengucapkan salam, memastikan alamat tujuan, dan ucapan terima kasih. Tantangan yang kamu hadapi adalah harus hafal jalan supaya tidak perlu menanyakan kepada penumpang, “Mau lewat mana?” Karena seorang driver biasanya sudah lebih paham jalan, apalagi sekarang sudah ada bantuan GPS.

Nah, Takaiter, sepuluh pekerjaan tadi cocok dilakukan oleh seorang introvert. Jika kamu adalah salah satu yang termasuk introvert, kira-kira kamu cocok memilih pekerjaan yang mana? Apapun pekerjaan yang kamu pilih, lakukanlah dengan sebaik-baiknya dan juga bertanggung jawab.