Hai, Takaiters!

Menghadapi permasalahan global yang makin marak terjadi saat ini yaitu makin punahnya pohon-pohon yang banyak ditebang untuk dijual kayunya, penggundulan hutan untuk disulap sebagai area pemukiman atau perbelanjaan dan makin padatnya sarana transportasi yang menyebabkan polusi berdampak sangat buruk bagi keseimbangan lingkungan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah banyak cara yang pemerintah galakkan untuk dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya yaitu gerakan satu juta pohon. Pingin tahu apa itu gerakan satu juta pohon? Nih, Takaitu bahas, ya.

Diperingatinya Gerakan Satu Juta Pohon

Foto: notsoporangi.com

Gerakan satu juta pohon diperingati setiap tanggal 10 Januari di seluruh dunia. Gerakan satu juta pohon adalah gerakan menanam pohon di berbagai tempat yang sangat membutuhkan pepohonan.

Pohon-pohon yang ditanam diutamakana dalah pohon-pohon yang bermanfaat dan dapat dimanfaatkan bagi lingkungan. Tujuan gerakan ini adalah untuk mewujudkan lingkungan yang hijau, asri, sejuk, dan sehat di tengah-tengah kondisi alam yang makin memanas karena banyaknya pohon-pohon yang ditebang paksa untuk berbagai kepentingan tanpa memikirkan akibat kedepannya.

Akibat Kurang Peduli Akan Lingkungan

Foto: trubus.id

Akibat yang ditimbulkan dari penebangan paksa pohon-pohon dan penggundulan hutan adalah makin panasnya suhu udara yang mana sinar matahari susah untuk diserap, karbondiokasida yang mencemari udara dan air yang tidak bisa lagi tersimpan di tanah karena tidak adanya pepohonan sebagai penyerapnya. Bahkan yang lebih riskan lagi adalah terjadinya longsor dan banjir.

Manfaat Gerakan Satu Juta Pohon

Foto: janegoodall.org.ar

Dengan melakukan penanaman pohon di berbagai tempat diharapkan akan mampu menjadi solusi dari permasalahan global yang tengah dihadapi. Suhu udara yang kian panas akan berkurang dengan tumbuhnya pepohonan di berbagai tempat.

Udara yang tadinya tercemar akan berangsur-angsur segar karena pepohonan akan menghasilkan oksigen yang nantinya bisa mengurangi karbondioksida di udara.

Makin banyaknya pohon yang ditanam juga akan menyelematkan air. Air dapat diserap dan disimpan dalam tanah sehingga jika musim hujan turun tidaklah terjadi longsor ataupun banjir.

Peduli Gerakan Satu Juta Pohon

Foto: sustempo.com

Sebagai warga negara yang baik, seyogyanya kita juga harus peduli dengan program ini. Apalagi negara kita merupakan salah satu negara yang memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan iklim dunia di mana hutan-hutan di Indonesia menyimpan 289 gigaton karbon di mana akan mengakibatkan perubahan iklim dari efek rumah kaca yang berasal dari asupan gas karbon dalam jumlah yang besar ke atmosfir.

Mengingat makin menyusutnya hutan tiap tahunnya maka kita perlu turut serta menjaga kelestariannya. Tidak perlu muluk-muluk untuk melakukan ini dan itu dalam skala yang besar, kamu bisa memulainya dari hal yang sangat sederhana yaitu ikut mendukung gerakan satu juta pohon dengan mulai menanam pohon-pohon di halaman dan perkarangan rumah kamu, bersama warga lingkungan sekitar mulai berbenah dengan mengurangi sampah plastik, menanam pohon-pohon di lingkungan komplek dan turut serta mensosialisasikan geraka satu juta pohon kepada mereka yang masih awam dan kurang peduli terhadap lingkungan.

Takaiters, jika kamu peduli terhadap lingkungan tempat tinggal kamu, peduli terhadap keselamatan negeri ini, yuk, mulai dari sekarang sukseskan gerakan satu juta pohon. Tanamlah satu pohon secara rutin hingga akan banyak pohon yang tertanam dan menjadikan lingkungan kamu hijau dan bebas dari segala permasalahan global.