Hai, Takaiters!

Sebuah klub yang baik harus memiliki finansial yang prima. Hal ini untuk menunjang keberlangsungan klub tersebut. Salah satu contoh klub sepak bola terkaya di Eropa adalah Real Madrid. Real madrid memiliki manajemen keuangan dan pemasukan yang bagus. Hal ini menjadikannya sebagai klub raksasa di benua biru.

Sebuah klub berlomba-lomba untuk dapat memberikan hasil yang terbaik di setiap kompetisinya. Klub yang memiliki keuangan bagus pasti akan mudah dalam menghadapi kompetisi. Keuangan yang baik bisa dibilang menjadi salah satu penentu dari keberhasilan klub meraih prestasi.

Berikut 5 klub sepak bola terkaya di Eropa, simak, yuk, Takaiters!

1. Barcelona (Rp12,57 Triliun)

Klub Sepak Bola Terkaya di Eropa
Foto: faktualnews.co

Klub yang bermakas di Camp Nou ini menduduki posisi puncak sebagai klub terkaya di Eropa. Klub yang berjuluk Blaugrana ini sempat dikabarkan bangkrut. Namun pada kenyataanya Barcelona masih mendapatkan pemasukan yang tergolong optimal yakni sekitar Rp12,57 Triliun selama musim 2019-2020.

Musim ini keberuntungan masih belum berpihak kepada Barcelona. Pasalnya Barcelona masih belum mendapatkan satu trofi pun.  Ditambah dengan ketidakjelasan kontrak dari sang mega bintang Lionel Messi membuat Barcelona kian terpuruk.

2. Real Madrid (Rp12,57  Triliun)

klub sepak bola terkaya di dunia saat ini
Foto: idntimes.com

Sama seperti Barcelona, pada musim ini Real Madrid juga mengalami penurunan dalam hal pendapatan. Klub yang berjuluk Los Blankos ini memang memiliki daya tarik yang memikat sekali. Walaupun mengalami penurun dari segi pendapatan Real madrid masih tetap mendapatkan banyak sponsor.

Mesikipun Real Madrid gagal membawa trofi Liga Champions. Real madrid perlu bersyukur karena berhasil meraih gelar juara Liga spanyol 2019-2020. Kemenangan ini membuat Real Madrid mendapatkan pemasukan sekitar Rp 12,57 triliun.

3. Bayern Munchin (Rp11,1 Triliun)

klub sepak bola terkaya di eropa saat ini
Foto: sport.detik.com

Musim 2020 bisa dikatakan menjadi musim yang membawa keberuntungan bagi Bayern Munchin. Klub yang berjuluk Die Rotin ini sukses memborong semua trofi. Baik Liga Champions, piala Jerman, piala dunia antar klub, piala Super Eropa maupun Liga Jerman itu sendiri.

Melihat kesuksesaan yang diraihnya maka tak heran jika Bayern munchin mampu mendapatkan pemasukan sekitar Rp11,1 Triliun di musim ini. Dengan prestasi tersebut membuat Bayern Munchin menjadi salah satu klub yang paling disegani di Eropa.

4. Manchster United (Rp10,2 Triliun)

klub sepak bola terkaya di eropa 2020
Foto: cnnindonesia.com

Klub yang berjuluk Red Devil ini memang masih belum menunjukan permainan yang optimal di Premier League. Meskipun begitu Manchester United perlu berbangga. Karena berhasil masuk ke semi final di kompetisi yang berbeda yakni, Piala Liga Inggris, piala FA dan Liga Europa.

Di liga domestik sendiri Manchester United berhasil menduduki posisi ke tiga. Dengan raihan yang positif tersebut membuat Manchester United mendapatkan pemasukan sekitar Rp 10,2 Triliun. Hal ini cukup membuat Manchester United bernafas lega untuk menatap musim yang akan datang.

5. Liverpool (Rp 9,9 Triliun)

Foto: finance.detik.com

Pada musim 2019-2020 Liverpool berhasil mencatatkan pemasukan sekitar Rp9,9 Triliun. Pencapaian tersebut membuatnya menjadi salah satu klub terkaya di Liga Inggris. Di musim ini juga Liverpool berhasil menepati posisi ke lima Premier league.

Berikut tadi ulasan mengenai klub sepak bola terkaya di Eropa. Industri sepak bola memang sangat menjajikan bagi para klub-klub untuk berbisnis. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat dari olahraga ini. Sebuah klub tidak segan- segan untuk membayar mahal para pemainnya agar bisa memberikan hasil yang terbaik.