Hai, Takaiters!

Saat ini, para tenaga medis, terutama para dokter dan perawat tengah berjibaku berperang melawan virus corona atau COVID-19. Merekalah yang ada di garis depan pertempuran melawan virus yang kini menjangkiti sebagian besar negara di dunia.

Akan tetapi, kini, mereka sedang kekurangan peralatan medis, terutama alat pelindung diri atau APD, masker medis, dan ventilator. Sumbangan dari siapa pun sangat diharapkan, meringankan tugas besar mereka melawan COVID-19. Banyak yang kini sudah turun tangan meringankan beban para tenaga medis. Misalnya, perancang Anne Avantie yang rela memproduksi APD untuk tenaga medis.

Satu ASN Sumbang Rp 50 Ribu Per Bulan, Akan Terkumpul Rp 210 Miliar

Sumber foto: Okezone.com

Nah, beberapa waktu lalu, Ketua Umum Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang juga Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mensisihkan dana untuk membantu penanggulangan wabah korona atau COVID-19. Zudan yakin, berapa pun dana yang disumbangkan akan sangat berarti untuk membantu misalnya membeli peralatan medis seperti Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat dibutuhkan para tenaga medis.

“Saya sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional  mengajak ASN di mana pun berada agar berperan optimal dan turut serta melawan COVID-19 serta membantu masyarakat luas,” kata Zudan dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Zudan, mencermati dinamika dan perkembangan situasi pandemik COVID-19 di Indonesia, peran ASN untuk turut serta melawan COVID-19 sangat penting. Aparatur negara diminta untuk jangan bosan mengkampanyekan ‘perang’ melawan korona.

Ada 4,2 juta ASN yang bisa bergerak. Ini jadi alat sosialisasi yang luar biasa untuk mengkampanyekan  protokol pencegahan dan penanggulangan COVID-19, bahkan Zudan mengajak 4,2 juta ASN menyumbangkan sebagian penghasilan mulai dari sekarang sampai dengan pandemik corona ini berakhir.

“Bila 4,2 juta ASN menyumbangkan masing-masing Rp 50 ribu per bulan, maka akan terkumpul Rp 210 miliar per bulan,” ujarnya.

Satu ASN Donasikan Rp 100 Ribu Per Bulan, Akan Terkumpul Rp 420 Miliar, Luar Biasa!

Sumber foto: Dokumen pribadi

Zudan juga mengatakan, “jika 4,2 juta ASN itu masing-masing menyumbangkan penghasilan Rp 100 ribu per bulan, dana yang akan terkumpul akan sangat luar biasa jumlahnya. Mencapai  Rp 420 miliar per bulan.

Jika setiap ASN menyumbangkan Rp 200 ribu per bulan, sumbangan yang terkumpul akan lebih besar lagi,  bakal mencapai Rp 840 miliar per bulan. Dana sumbangan sebesar itu, akan sangat membantu pihak-pihak yang membutuhkan, terutama tenaga kesehatan yang berjibaku di garda depan memerangi virus corona.

“Berapa pun besarnya sumbangan, sepanjang diniatkan untuk membantu sesama, maka manfaatnya akan sangat membantu bangsa dan negara kita tercinta ini. Saya meyakini, dengan kemurahan hati rekan-rekan ASN, akan terakumulasi dana yang jauh lebih besar dari jumlah itu. Rekan-rekan Pengurus Korpri dan ASN semua, saatnya kita berkontribusi untuk Ibu Pertiwi, Ibu Pertiwi menanti langkah konkretmu,” tuturnya.

Bantu Orang yang Tak Mampu

Sumber foto: Fimela.com

Zudan juga mengimbau  kepada seluruh Pengurus Korpri pada masing masing tingkatan  agar mengambil inisiatif untuk mengumpulkan dan menyalurkan kontribusi ini sesuai kebutuhan di lapangan.  Agar cepat sampai ke tujuan, para ASN juga bisa langsung secara pribadi menyumbangkan kepada tetangga yang membutuhkan. Misalnya kepada tukang becak di depan perumahan,  ojek di pangkalan, para manula di RT atau kepada siapa pun yang pantas untuk menerima bantuan.

“Selain sumbangan dana tersebut, dapat dalam bentuk sumbangan lain yang juga dibutuhkan oleh masyarakat seperti makanan, alat-alat pelindung diri, masker, sabun, hand sanitizer, dan lain-lain. Apa pun itu kontribusi rekan-rekan ASN semua akan menjadikan Ibu Pertiwi tersenyum dan menjadi pintu terbukanya rida dan rahmat Allah Swt. kepada seluruh bangsa Indonesia. Semoga COVID-19 segera diambil oleh Allah Swt.,” kata Zudan.

Tidak lupa, Zudan juga memohon bantuan kepada seluruh pengurus Korpri di pusat, kementerian, lembaga, dan di Pemda, serta perwakilan luar negeri untuk menyampaikan ajakan ini kepada ASN yang lain.  Ia berharap, semoga ajakan ini bersambut menjadi gerakan bersama yang terus menerus, membesar, berkelanjutan, dan tidak berhenti.

Mendapat Apresiasi dari Ustad Mansyur

Sumber foto: Tirto.id

Ajakan Ketua Umum Korpri ini, langsung dapat dapat respon dari Ustad Yusuf Mansyur. Ia mengapresiasi ajakan Ketua Umum Korpri. Menurut Yusuf Mansyur, jika  4,2 juta ASN  ikut urunan memberi sedekah atau sumbangan, Negara akan sangat terbantu dalam memerangi virus corona.

“Pastinya 4,2 juta ASN berpotensi menjadi pembawa kebaikan dan yang tidak kalah dahsyat, 4,2 juta ASN bila bersedekah  bisa terkumpul dan tersalurkan hampir 1 triliun setiap bulannya. Angka yang teramat besar. Saya gemeter baca seruan Prof Zudan ini. Allahu Akbar. Semua elemen bergerak, masyaallah. Mari kita doakan terus dan alirkan kalimat-kalimat positif buat pemerintah pusat dan daerah. Supaya Allah berikan kekuatan, kemampuan, kecerdasan, kebisaan, kekompakan, bimbingan, dan semua yang dibutuhkan, untuk mengatasi COVID-19 dan segala krisis yang timbul,” kata Yusuf Mansyur