Hai, Takaiters!

Boleh dibilang WhatsApp — yang sering disingkat WA — telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Aplikasi ini menjadi salah satu media komunikasi penting dewasa ini.

Meski ada sejumlah aplikasi lain, toh banyak yang merasa lebih nyaman menggunakan WhatsApp. Untuk di tahun 2021 nanti, pastikan ponselmu masih men-support WhatsApp

Fasilitas WhatsApp tak lagi bisa dinikmati semua perangkat

whatsapp 2021 for mac
Foto: sindonews.com

Kabar buruknya, Takaiters, kemungkinan besar kamu tak bisa lagi menggunakan fasilitas WhatsApp di ponsel kamu mulai tahun 2021 nanti apabila kamu tak mengganti ponsel kamu, atau minimal meng-upgrade ponsel kamu. Kenapa?

Pasalnya, beberapa tipe ponsel tak akan mampu lagi men-support aplikasi WhatsApp.

Jadi, kalau kamu masih ingin menggunakan WhatsApp, maka ponsel kamu mesti yang berisi sistem operasi yang masih bisa men-support aplikasi ini.

Dikutip dari Business Today dan The Financial Express, pihak WhatsApp merekomendasikan pengguna ponsel untuk menggunakan versi terbaru dari sistem operasi yang ada di ponsel mereka agar bisa terus menikmati semua fitur.

Bagi pengguna iPhone, harus diperbarui setidaknya hingga iOS 9 ke atas. Adapun pengguna Android, sistem operasinya mesti minimal Android 4.0.3 atau versi yang lebih baru sehingga penggunaan aplikasi ini dapat berjalan mulus, tanpa kendala..

Untuk iPhone, model hingga iPhone 4 tidak akan bisa lagi menjanlankan fasilitas WhatsApp. Sementara itu, mereka yang masih menggunakan iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S perlu memperbarui sistem operasi mereka ke iOS 9 atau pembaruan lain yang lebih baru jika mereka ingin terus menggunakan fasilitas WhatsApp.

Untuk Android, ponsel-ponsel seperti HTC Desire, Motorola Droid Razr, LG Optimus Black, dan Samsung Galaxy S2 juga tak akan mampu lagi mendukung layanan WhatsApp.

Mungkin saja ada beberapa ponsel Android lain yang masih bisa di-upgrade ke versi 4.0.3 sehingga tetap mampu menjalankan WhatsApp. Jika tidak mau upgrade atau tidak bisa di-upgrade, maka pilihannya yaitu membeli ponsel pintar baru.

Pastikan sistem operasi ponselmu

whatsapp 2021 kenapa
Foto: liputan6.com

Secara umum, untuk memastikan sistem operasi yang ada di ponsel, kita bisa langsung memeriksanya dengan jalan masuk pertama-tama lewat bagian setting.

Untuk Android langkah-langkah detilnya sebagai berikut. Pertama, buka ponsel kamu. Kemudian, buka menu setting atau setelan. Lantas, klik about phone atau tentang ponsel. Dilanjukan klik software info atau informasi perangkat lunak.

Sedangkan untuk iPhone, langkah-langkahnya yaitu pertama, buka ponsel kamu. Lalu, buka menu setting atau setelan. Selanjutnya klik menu general atau umum. Dilanjutkan klik menu about atau tentang. Setelah itu, informasi iOS ponsel akan muncul,

WhatsApp sendiri selalu mengakhiri dukungan untuk sistem operasi ponsel pintar lama pada setiap akhir tahun. Tahun lalu, misalnya, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk perangkat Apple yang menjalankan iOS 8 atau lebih lama, dan ponsel Android yang menjalankan versi 2.3.7 atau yang lebih lama.

Jadi, Takaiters pastikan ponselmu masih men-support WhatsApp, ya!