Hai, Takaiters!

Berbicara mengenai tempat- tempat pariwisata, Pantai merupakan salah satu tempat yang cukup digemari oleh sebagian besar masyarakat. Apalagi Nusantara kita merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Sehingga barang pasti jumlah pantai yang ada di Indonesia sangat amatlah banyak.

Tidak hanya itu, setiap daerahnya pun selalu menyajikan pesona alam yang berbeda. Wajar jika pantai- pantai yang ada kental dengan berbagai karakternya masing- masing. Mulai dari pasir pantainya, lingkungan alam sekitar hingga biota laut yang beragam.

Saat ini sebagian besar pantai yang ada di Indonesia pun telah dikelola dengan baik. Entah dari warga masyarakat setempat, pengelola swasta atau pemerintah daerah. Berbagai fasilitas pendukung pun turut di bangun untuk menunjang kenyamanan para wisatawan. Maka tidak heran jika wisata pantai saat ini bisa dibilang menjadi salah satu yang difavoritkan oleh banyak orang.

Pantai Somandeng, Gunung Kidul

pantai somandeng jogja
Foto: wisatabaru.com

Tak terkecuali dengan pantai Somandeng yang terletak di Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau tidak terlalu dikenal oleh masyarakat di luar daerah, namun pantai yang satu ini bisa dibilang mempunyai sisi keindahannya tersendiri.

Pada awalnya pantai Somandeng ini merupakan salah satu tempat yang kurang begitu aktif dari sisi potensi wisatanya. Bahkan pada waktu itu pantai Somandeng dianggap sebagai pantai yang kurang bersih dan tidak terawat.

Hingga pada akhirnya melalui peran besar warga masyarakat sekitar, pantai ini pun di dirapikan dan dibangun berbagai fasilitas pendukung untuk tempat wisata. Dukungan juga diberikan oleh pemerintah desa setempat.

Wajar jika saat itu pantai Somandeng tidak begitu dikenal oleh masyarakat secara luas. Terlebih dengan adanya pantai- pantai disekitarnya yang memang sudah lebih dulu dikenal secara umum seperti contohnya Pantai Indrayanti dan pantai Pok Tunggal.

Tetapi lambat laun berita mengenai keindahan dan pesona pantai Somandeng ini mulai banyak dikenal dan mengalami peningkatan seiring waktu.

Hal Unik di Pantai Somandeng

pantai somandeng sunset
Foto: superadventure.co.id

Salah satu yang unik dan terdapat di pantai ini adalah keberadaan Gazebo yang berada tepat dipinggir pantai. Gazebo ini rupanya tidak hanya sekedar tempat bersantai untuk duduk menikmati keindahan laut, melainkan terdapat dua bangunan dimana salah satunya di fungsikan sebagai penginapan.

Bayangkan betapa indahnya menginap di pantai Somandeng yang menghadap langsung ke arah laut atau tepat dipinggir pantai. Selain itu berbagai fasilitas penunjang juga telah dibangun dengan maksimal seperti mushola, kamar mandi. Penginapan  dan gazebo lain yang berada di antara bukit karang. Terdapat juga beberapa warung makanan yang selalu menyediakan kebutuhan perut hingga larut malam.

Hal yang cukup unik lainnya adalah adanya batu karang yang ditumbuhi dengan rumput laut dan menjadi rumah bagi berbagai biota laut seperti kerang, kepiting hingga bulu babi. Saat terjadi surut kita pun dapat sedikit bermain- main di bebatuan untuk mencari bulu babi ini. Bahkan di malam hari warga sekitar pantai Somandeng ini biasanya akan membawa beberapa peralatan untuk menangkap ikan.

Harga Tiket Kawasan

 pantai somandeng foto
Foto : instagram.com/yudaweandana

Untuk masuk dan berwisata ke pantai ini kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Seperti halnya pantai yang lain biaya retribusi disini berkisar 20.000 ribu rupiah ditambah biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi. Ada juga berbagai fasilitas pendukung dengan harga yang bervariasi. Misalnya untuk sewa payung warna-warni kita akan dikenakan biaya sebesar 20.000 ribu rupiah, Gazebo sebesar 30.000 ribu rupiah dan jika ditambah menginap akan naik sebesar 250.000 rupiah. Tetapi jika kita ingin menginap di homestay yang terdapat di tebing pinggir pantai ini biayanya berkisar 1 juta rupiah.

Harga makanan yang ditawarkan dari warung- warung sekitar pantai pun relatif terjangkau dan bisa disesuaikan dengan isi kantong. Untuk fasilitas lainnya seperti Kamar mandi umum akan disesuaikan dengan kebutuhan atau fungsi pakai dari tiap pengunjung yang datang.

Lokasi dan rute

sunset di pantai somandeng
Foto: jogjaempatroda.com

Pantai Somandeng ini terletak di kawasan hutan cemara udang Pantai Sundak Timur, dusun Ngasem, desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jika kita datang dari arah Kabupaten Sleman maka kita harus menempuh perjalanan selama kira-kira 2 jam atau lebih jika menggunakan kendaraan umum. Rute yang bisa ditempuh adalah sepanjang jalan pantai selatan jawa atau dari Wonosari menuju ke jalan Baron.

Sebelum berwisata ke pantai ini ada baiknya para pengunjung bisa lebih memperhatikan perkiraan cuaca. Selain itu membawa obat- obatan ringan juga akan sangat membantu terkait kondisi fisik yang selalu prima.

Itulah tadi sedikit info mengenai salah satu pantai yang cukup indah di selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kita ingin menikmati keindahan pantai sembari menikmati dan bermain pasir, menemukan berbagai macam biota laut pantai Somandeng menjadi salah satu tempat yang cukup direkomendasikan bagi Takaiters yang ingin berlibur.