Halo, Takaiters!

Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar nama Bali, Guys? Kuta, Sanur, Kedonganan, Atuh, Nusa Dua, Nusa Lembongan, Nusa Penida. Mungkin itulah yang muncul dibenakmu saat mengaitkan Bali dengan pantai-pantai indahnya. Tahukah kamu bahwa ada sebuah pantai di Bali bernama Nyang-Nyang yang tersembunyi di ujung selatan Pulau Bali, tepatnya di Jalan Uluwatu, Pecatu, Kuta Badung. Letaknya persis sebelum Pura Uluwatu.

Berbeda dengan pantai-pantai di Bali lainnya yang sudah tenar dan banyak dikunjungi turis-turis asing, Pantai Nyang-Nyang masih belum tenar di kalangan para turis, baik turis lokal maupun manca negara. Wajar saja jika disini tak banyak terlihat bule-bule berjemur dibawah hangatnya mentari seperti di Pantai Kuta.

Memiliki ombak besar dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, ternyata pantai ini sudah terkenal dikalangan surfer profesional. Hal itu terlihat dari petunjuk arah bertuliskan ‘Nyang-Nyang Beach Surfer’ yang bisa kamu temukan saat sudah mendekati pintu masuk pantai.

Jangan bayangkan Pantai Nyang-Nyang seperti Kuta atau Jimbaran yang dengan mudah bisa kamu gapai dan memiliki fasilitas yang memadai. Untuk tiba dibibir Pantai Nyang-Nyang ada dua cara yang bisa ditempuh. Pemerintah setempat sebenarnya sudah menyediakan jalan berkapur yang mudah dilalui. Hanya saja waktu tempuhnya cukup memakan waktu.

Cara yang kedua dan lebih cepat, kamu harus menuruni banyak anak tangga curam dan juga licin saat hujan. Diduga inilah yang jadi penyebab para turis enggan mengunjungi pantai ini. Padahal keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai Bali yang sudah terkenal lainnya.

Anak Tangga Menuju Pantai Nyang-Nyang

Foto: tripwisatabali.com

Perjuangan belum berakhir setelah selesai menuruni anak tangga. Kamu masih harus melewati pepohonan dan padang rumput hijau yang bentuknya seperti lapangan bola. Setelah itu barulah kamu bisa bersentuhan langsung dengan Pantai Nyang-Nyang yang masih tergolong perawan.

Perlu stamina yang kuat untuk bisa sampai disini. Jangan lupa membawa perbekalan makanan dan minuman karena di areal ini belum ada warung yang menjual makanan dan minuman. Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi dan membuatmu tidak bisa menikmati keindahan dan ketenangan Pantai Nyang-Nyang.

Hamparan pasir putih yang luas akan menyambutmu setelah usai melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Butiran-butiran pasir yang sedikit kasar cocok untuk menciptakan efek terapi kaki. Apalagi saat pasir pantai mulai hangat terkena sinar matahari.

Pasir Putih Pantai Nyang-Nyang

Foto: shutterstock.com

Pantai Nyang-Nyang cocok untuk kamu yang ingin menjauhkan diri dari dunia gemerlap Bali dan mencari ketenangan. Cara menikmati Pantai Nyang-Nyang yang paling tepat adalah dengan duduk santai di pinggir pantai sambil mendengar nyanyian alam. Karena ombak besarnya, pantai ini kurang cocok untuk berenang. Tapi, tidak ada salahnya jika hanya bermain-main di pinggir pantai.

Berkemah di Pantai Nyang-nyang

Foto: kemahdibali.com

Karena tidak banyak orang yang datang ke sini, pantai ini bisa menjadi pantai pribadimu. Menegakkan tenda camping, memasang api unggun, dan barbeque-an dimalam hari sambil bermain gitar ditemani beberapa orang teman ataupun keluarga dekat juga bisa menjadi pilihan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Nyang-Nyang.

Jika tidak suka camping, kamu bisa memilih penginapan disekitar Pecatu dan Pura Uluwatu. Banyak pilihan penginapan murah yang bisa kamu pilih disana. Di sekitaran Pantai Nyang-Nyang juga terdapat beberapa pantai lainnya yang bisa sekaligus kamu kunjungi seperti Pantai Green Bowl. Namun, tentunya pantai-pantai tersebut sudah cukup tenar di kalangan para turis di Bali.

Usahakan mengunjungi Pantai Nyang-Nyang tidak di musim penghujan karena akan membuat jalan licin dan bisa membahayakanmu. Gunakan pula kendaraan berbadan tinggi agar tidak rusak saat menyentuh jalan berbatu kapur menuju lokasi. Istirahat yang cukup untuk mengumpulkan stamina sempurna dan bawa segala kebutuhan pribadi khususnya air yang banyak.

Takaiters, meskipun sunyi dan sulit untuk menggapainya, tidak ada salahnya kamu mengunjungi Pantai Nyang-Nyang untuk sejenak menjauhi kehidupan perkotaan dan hidup berdampingan dengan alam dalam kesunyian. Dijamin kamu akan jatuh cinta dengan tempat ini dan ingin balik lagi.