Hi, Takaiters!

Pernah mendengar tentang pantai pasir putih di Kabupaten Kebumen? Kalau belum pernah mendengar, simak ulasan berikut ini ya, Takaiters!

1. Lokasi Pantai Menganti

pantai menganti dimana
Foto : dolanyok.com

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Sekitar 30 km dari pusat Kota Kebumen. Akses menuju lokasi Pantai Menganti sudah bagus, kamu bisa datang bersama teman-teman, sahabat, keluarga, atau pasangan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Oh iya, jalur menuju pantai Menganti terkenal berkelok-kelok dan cukup menanjak, sehingga kamu perlu berhati-hati ketika memacu kendaraan menuju ke objek wisata yang satu ini ya!

2. Harga Tiket Masuk Ke Pantai Menganti

pantai menganti sekarang
Foto: pantainesia.com

Jika kamu berkunjung ke Pantai Menganti, siapkan uang Rp 15.000 ya untuk tiket masuk. Oh iya, harga tersebut sudah termasuk biaya parkir, asuransi dan tiket masuk kawasan. Jadi, paket lengkap deh!

Ketika memasuki libur hari raya biasanya harga tiket masuk naik menjadi Rp 25.000 karena banyak sekali yang berkunjung ke Pantai Menganti. Tetapi untuk hari-hari normal harga tetap sekitar Rp 15.000. Cukup terjangkau bukan?

3. Pesona Pasir Putih dan Bebatuan Eksotis

pantai menganti sekarang
Foto: dolanyok.com

Pantai Menganti dikenal sebagai pantai pasir putih di Kabupaten Kebumen. Perlu kalian ketahui guys, pantai-pantai yang ada di Kebumen kebanyakan pasirnya berwarna hitam hingga kecoklatan. Dan Pantai Menganti memiliki pasir berwarna putih, menarik bukan?

Pesona Pantai Menganti yang dikelilingi oleh tebing-tebing karst juga menambah eksotisme pantai ini. Apalagi ombak di pantai ini cukup tenang, karena pantai Menganti selain berpasir putih juga banyak batu-batu besar yang tersebar di sepanjang bibir pantai.

4. Sejarah dan Mitos Pantai Menganti

pantai menganti hari ini
Foto: dolanyok.com

Pantai Menganti bukan hanya pantai cantik saja, Pantai Menganti ternyata memiliki sejarah panjang mengapa pantai ini diberi nama “Menganti.”

Dari cerita masyarakat lokal, pada zaman dahulu terdapat seorang panglima perang dari kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya dengan sang kekasih yang tidak di restui oleh Raja.

Mereka sepakat untuk bertemu di tepi samudera yang berpasir putih nan indah. Woah romantis sekali ya guys!

Panglima Kerajaan Majapahit terus menanti sang pujaan hati, tapi sang pujaan hati tersebut ternyata tidak kunjung datang, karena itu tempat wisata Kebumen ini dinamakan Pantai Menganti yang berarti “menanti“. Seperti itulah asal-usul nama “Menganti“, menarik bukan?

Pantai Menganti juga memiliki mitos yang hampir sama dengan Pantai Parangtritis di Jogja, yaitu dimana pengunjung tak diperkenankan menggunakan baju berwarna hijau gadung. Tahu sendiri kan, kalau warna hijau erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul, penghuni laut selatan Jawa.

5. Spot Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi di Pantai Menganti

pantai menganti kebumen
Foto: wisatakaka.com

Kalau kamu ke objek wisata alam Pantai Menganti, kamu wajib membawa kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen dan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Menganti. Karena banyak banget spot-spot yang instagramable yang menggoda untuk diabadikan sebagai foto atau video. Apa saja itu?

pantai menganti kebumen
Foto : dolanyok.com

Di Pantai Menganti terdapat sebuah spot foto berupa tanjung karang yang  menghadap langsung ke lepas pantai dan Samudera Hindia. Disini kamu bisa menikmati pemandangan laut dari atas tanjung. Tanjung ini dikenal sebagai Tanjung Karangbata. Spot instagramable yang cocok untuk mengabadikan momen matahari terbenam.

pantai menganti apakah buka
Foto: dolanyok.com

Selanjutnya spot instagramable yang harus kamu kunjungi di Pantai Menganti ada Jembatan Merah. Pemandangan di sekitar jembatan antara lain pantai pasir putih, bebatuan unik, dan beberapa jenis tumbuhan pantai. Angin disini juga sepoi-sepoi sangat nyaman dan tenang!

Foto: dolanyok.com

Selain itu, terdapat perahu-perahu nelayan yang bersandar di pesisir pantai. Warna birunya memanjakan mata dan cocok sekali diabadikan menjadi foto. Menakjubkan!

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang menarik dari Pantai Menganti yang perlu diceritakan. Kalau kamu masih penasaran? Siapkan diri untuk berpetualang di Pesona Pantai Menganti. Ditunggu cerita menariknya, Takaiters!