Hai, Takaiters!

Belum banyak orang tahu tentang keberadaan Pantai Lampon, lokasinya yang tertutup oleh barisan perbukitan karst membuat lokasi pantai ini cukup tersembunyi. 

Bagaimana tidak? Pantai Lampon tersembunyi diantara Pantai Pasir dan Tanjung Karang Penganten di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Meski demikian, Pantai Lampon mulai banyak dikunjungi wisatawan yang mencari ketenangan dan suasana sepi.

Pantai Lampon yang sepi sangat kontras dengan hiruk pikuk perahu-perahu nelayan yang berlalu lalang di Pantai Pasir, memenuhi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setiap harinya. 

Beberapa tahun belakangan Pantai Lampon yang tersembunyi itu mulai di explore dan dipromosikan sebagai tempat wisata. Ini dia, yang membuat Pantai Lampon istimewa dibandingkan pantai-pantai lainnya di Kabupaten Kebumen!

• Surga Tersembunyi di Balik Perbukitan Karst

pantai lampon kebumen jateng
Foto: dokumen pribadi (Trecking ke Pantai Lampon)

Berlokasi di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen membuat Pantai Lampon termasuk dalam barisan pantai pesisir selatan tanah Jawa, menghadap Samudera Hindia. Sekitar 38 km arah barat daya jika ditempuh dari pusat kota Kebumen. 

Pantai Lampon memang belum seterkenal Pantai Menganti, Pantai Karangbolong atau pantai-pantai pesisir selatan lainnya di Kebumen. Ini karena lokasinya tersembunyi, guys!

Uniknya lagi, Pantai Lampon termasuk kawasan karst Gombong selatan (KKGS), masih masuk kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong. Menarik bukan?

Kalau kamu ingin berkunjung kesini, kamu harus tracking beberapa menit, melewati perbukitan kapur sebelum mencapai bibir pantai. Melelahkan sekaligus penuh perjuangan untuk mencapainya. Meski begitu, rasa lelahmu dijamin terbayarkan dengan pemandangan yang indah Pantai Lampon ini.

Pantai yang masih alami ini hanya memiliki pesisir sepanjang 100 meter, menawarkan pemandangan laut yang biru kehijauan. Membuat kita seolah  terkurun diantara barisan karst dan laut yang luas. Menakjubkan!

Debur ombak yang menghantam karang  menambah keindahan tersendiri. Apalagi gemericik air yang jatuh akibat debur ombak di karang yang mengalir diantara ceruk-ceruknya, seolah air terjun kecil diantara ceruk karang. Benar-benar surga  tersembunyi guys

•  Bonus Terbaik dari Kunjungan ke Pantai Lampon

alamat pantai lampon kebumen
Foto : dokumen pribadi (Tanjung Karang Penganten)

Pantai Lampon bukan hanya pantai berpasir hitam khas pantai Kebumen saja. Melainkan pantai yang penuh kejutan.

Bagaimana tidak? Kalau kamu berkunjung kesini, bukan hanya keindahan pantai yang didapatkan! Kamu akan mendapat bonus keindahan dari tanjung karang dan goa-goa karang yang dapat kamu temukan disini. 

Dari awal kamu masuk lokasi, kamu sudah dapat menikmati pemandangan pantai dari atas jalur trecking bukan? Kalau kamu mau bersabar sedikit dan melanjutkan trecking lebih jauh, kamu akan menemukan lokasi Tanjung Karang Penganten, Goa Wora Wari dan Goa Celeng, tidak jauh dari Pantai Lampon. Wow

Di atas Tanjung Karang Penganten, kamu seolah berada di Nusa Penida yang ada di Bali. Kamu wajib ambil gambar sebanyak mungkin guys kalau berkunjung kesini! 

• Cocok Sebagai Lokasi Camping

lokasi pantai lampon kebumen
Foto: dokumen pribadi (kawasan karst di Pantai Lampon)

Tidak henti-hentinya terkagum dengan pemandangan indah Pantai Lampon, kamu bisa menginap disini guys! Sudah banyak yang mendirikan tenda, “sekedar  melepas penat di akhir pekan,” katanya. 

Kalau kamu camping disini, kamu akan menemukan kejutan lain dari Pantai Lampon! Saat malam hari, langit Pantai Lampon dipenuhi jutaan bintang dan saat pagi harinya kamu disuguhi pemandangan sunrise cantik, menyembul diantara karang-karang. Ditambah suasana pantai yang sepi terutama saat weekday. Tertarik camping disini guys

Oh iya guys, perlu kamu ketahui, tiket masuk ke kawasan ini cukup murah lho, dengan Rp 5000,00 (belum termasuk parkir) sudah dapat menikmati pemandangan yang luar biasa itu. Paket komplit deh hehe.

• Banyak Potensi Spot Foto Instagramable

	foto pantai lampon kebumen
Foto : dokumen pribadi (Pantai Lampon)

Kamu tertarik dengan dunia fotografi? Pantai Lampon surganya spot foto yang keren banget. Laut yang biru kehijauan, cocok untuk objek fotografi, ditambah pemandangan perbukitan kapur disekelilingnya menambah eksotisme pantai ini. Menarik bukan?

Ada juga lho, spot foto yang keren banget di Pantai Lampon, yaitu spot Selayang Pandar, lokasinya menghadap ke laut langsung guys! Dijamin hasil jepretan kamu bakal  instagramable banget! Cocok banget dijadikan koleksi feeds Instagram kamu, guys!

Bagaimana? Tertarik berkunjung kesini? Ayo explore Kebumen! Kota sejuta pantai di pesisir selatan tanah Jawa.