Hai, Takaiters!

Beberapa tahun terakhir rasanya tren 90-an kembali menjadi favorit banyak anak muda, mulai dari pakaian, kendaraan bahkan gaya berfoto. Tren ini akhirnya membuat banyak anak muda berbondong-bondong memiliki segala jenis pernak-pernik era 90-an.

Salah satu yang sedang hits sekarang ini tentu saja isi feed atau pun story instagram yang dibuat dengan kesan vintage dimana foto yang di upload akan dianggap aestetic bila menggunakan filter jadul. Namun sebenarnya apa sih definisi aesthetic dan bagaimana cara memotret agar terlihat aesthetic?

Apa sih Aesthetic itu?

Sebagian orang menganggap bahwa aesthetic hanyalah gaya foto dengan vintage vibes. Inilah salah satu alasan kenapa banyak sekali anak muda yang menyukai kaya 90-an, karena selain memang mempunyai ciri khas yang catchy, 90’s style juga dianggap salah satu hal yang aesthetic.

Padahal sebenarnya arti aesthetic sendiri tidak hanya mengenai gaya vintage, namun juga tentang seni. Aesthetic atau dalam bahasa Indonesia menurut KBBI adalah Estetis merupakan suatu keindahan yang menyangkut mulai dari seni, sastra bahkan alam. Selain itu aesthetic juga mempunyai vibes bahkan nuansa tersendiri bagi penikmat seni atau keindahan alam semesta.

Cara mendapatkan Tangkapan Kamera Terlihat  Aesthetic

Salah satu upaya untuk mendapatkan feed instagram yang aesthetic tentu saja harus memiliki trik yang tepat dalam mengambil gambar objek. Lalu bagaimana cara mengambil gambar agar terlihat aesthetic? Berikut ulasannya.

1. Tentukan Angle foto yang Pas

Cara Memotret Agar Terlihat Aesthetic
Foto: unsplash.com

Angle foto yang tepat tentunya menjadi salah satu faktor penunjang yang akan membuat hasil foto tampak aesthetic atau tidak. Bila biasanya untuk mendapatkan hasil foto yang bagus seseorang harus menentukan posisi tepat dengan berbagai teknik.

Maka hal ini juga akan berlaku dalam pengambilan foto yang aesthetic. Namun usahakan untuk mencari angle yang terkesan lebih unik agar hasil foto lebih maksimal.

2. Tentukan Cahaya yang Pas

cara memotret agar hasilnya bagus
Foto: Nusantaranews.com

Selain menentukan angle foto yang tepat, cahaya tentu menjadi salah satu pertimbangan dalam hasil foto. Pencahayaan yang tepat akan membuat foto tampak lebih bagus dan aesthetic. Usahakan untuk menggunakan cahaya alami, seperti cahaya matahari.

Salah satu waktu terbaik untuk mendapatkan hasil foto yang keren dan aesthetic adalah mulai dari jam 09.00 sampai dengan sekitar jam 16.00 WIB.

3. Bermain Kontras Saat Memotret dan Mengedit Foto

cara berfoto aesthetic
Foto: jarakpandang.com

Jangan pernah takut untuk memainkan kontras warna pada foto, karena warna kontras juga akan memberikan kesan unik dan aesthetic. Penggunakan warna yang bersebrangan akan memberikan kesan unik pada foto.

Misalkan saja menyandingkan warna gelap dan warna terap pada sebuah foto hal ini akan memberikan kesan yang berbeda di 2 warna yang berbeda pula.

4. Perhatikan Detail Pengambilan Gambar

cara memotret agar terlihat tinggi
Foto: Unsplash.com

Ini adalah faktor penting yang harus diperhatikan bila ingin mendapatkan hasil foto yang aesthetic. Perhatian lingkungan sekitar yang akan menjadi lokasi pengambilan gambar, objek dan tetunya perhatikan juga angle foto yang tepat. Selain itu perhatikan juga perasaan seperti apa yang akan disampaikan melalui foto yang diambil.

Itulah tadi makna dan cara memotret agar terlihat aesthetic. Dimana keempat poin cara memotret aesthetic di atas hanyalah sebagain kecil poin simple untuk menghasilkan foto yang keren, indah dan bermakna.

Jadi apakah kamu berencana untuk mulai memotret setelah ini, Takaiters?