Hai, Takaiters!

Kota Solo terkenal dengan penduduk yang ramah dan kotanya yang asri. Banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di kota Solo. Selain itu, kota Solo terkenal dengan kulinernya yang lezat dan murah.

Jika kamu berkunjung ke kota Solo, terdapat beberapa oleh-oleh khas Solo yang wajib kamu bawa pulang dan kamu nikmati. Yuk, kita intip!

  1. Intip

oleh-oleh khas solo kekinian
Foto: tribunnews.com

Intip yang asli terbuat dari kerak nasi yang dimasak menggunakan periuk atau biasa disebut kendil. Namun saat ini intip yang banyak dijual dibuat dengan menggunakan cetakan sehingga bentuknya lebih bagus.

Ada dua varian rasa intip, yaitu manis dan gurih. Rasa manis dihasilkan dari gula merah yang diencerkan kemudian dituangkan ke dalam intip yang digoreng. Sedangkan rasa gurih berasal dari bumbu bawang dan garam.

  1. Kripik belut

oleh-oleh khas solo cokro
Foto: agrowindo.com

Kripik belut terkenal renyah dan gurih.  Camilan ini cocok untuk semua usia karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Kamu dapat membeli kripik belut yang sudah dikemas dalam berbagai ukuran berat. Supaya lebih murah, kamu dapat membeli kripik belut curah. Sebut saja, mau 1/2kg, 1kg atau sesuai kebutuhan. Penjual akan segera menimbangkan untukmu.

  1. Walangan

oleh-oleh khas solo...riski kota surakarta jawa tengah
Foto: cookpad.com

Walangan terbuat dari ubi rambat atau ketela dicampur dengan gula jawa yang dicairkan. Ini yang membuat rasa walangan manis khas gula jawa. Ada dua jenis walangan berdasarkan bahan dasarnya. Walangan yang berwarna kuning berasal dari ubi jalar kuning sedangkan walangan yang berwarna ungu berasal dari bahan ubi jalar ungu.

  1. Srabi

oleh-oleh khas solo di jakarta
Foto: sipendik.com

Srabi terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan. Srabi diolah dalam cetakan berbentuk bulat tipis. Pinggirannya yang kecoklatan sangat krispi jika dimakan dalam keadaan hangat. Srabi yang terkenal yaitu srabi Notosuman. Kamu dapat memilih berbagai topping sesuai selera. Irisan nangka, keju, dan pisang merupakan topping yang banyak dipesan.

  1. Abon

Foto: tribunnews.com

Abon yang terkenal dari solo terbuat dari daging sapi. Warna abon sapi kecoklatan karena perpaduan antara daging sapi dan kecap sebagai bahan utamanya. Daging sapi disuwir-suwir kecil mengikuti seratnya dan dimasak sampai berbentuk seperti kapas. Abon dapat dimakan langsung sebagai cemilan, isi kue lemper atau sebagai lauk.

  1. Ampyang

oleh-oleh khas solo di pasar klewer
Foto: omiyago.com

Bahan utama pembuat ampyanga adalah kacang tanah ndan gula jawa. Jahe yang ditambahkan sebagai bumbu memberi rasa sedikit pedas dan gurih. Ampyang termasuk makanan yang tidak nmudah basi dan banyak disukai karena rasanya yang manis.

Takaiters, kapan kamu mengagendakan pergi ke Solo? Jangan lupa bawa oleh-oleh khas Solo di atas untuk dibawa pulang! Rasanya kurang jika kamu berkunjung di suatu destinasi tanpa mencicip khas kuliner di tempat itu, Takaiters!