Halo Takaiters!

Buat kamu-kamu yang suka traveling dan ngefans banget sama yang namanya pemandangan alam yang asri, nggak usah jauh-jauh ke Eropa atau Amerika sono deh! Indonesia ternyata juga memiliki desa yang sangat indah lho. Panorama alamnya yang asri, lengkap dengan kehidupan khas pedesaan yang bersahaja, pasti akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

Adalah Nagari Pariangan, sebuah desa yang berlokasi di Tanah Datar, Sumatera Barat. Desa ini dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia versi Budget Travel pada akhir 2012 lalu. Nagari Pariangan bersanding dengan empat desa lainnya yakni Eze di Perancis, Wengen di Swiss, Niagara on the Lake di Kanada, dan Cesky Krumlov di Republik Ceko.

desa pariangan
Foto : traveler.id

Pariangan adalah desa tertua di Minangkabau dan berada tepat di lereng Gunung Marapi, Guys. Desa ini tepatnya berjarak lima belas kilometer dari Batusangkar. Yang bikin desa ini dinobatkan sebagai desa terindah bukan hanya pemandangan alamnya saja lho, tapi juga suasananya yang tenang, dan udaranya yang masih segar dan asri. Belakangan, kunjungan wisatawan mancanegara meningkat drastis, terutama saat berlangsungnya event tahunan Tour de Singkarak.

Pilihan Editor

Kalau berkunjung ke desa ini, kamu akan disuguhi dengan suasana yang sangat kental dengan adat istiadat dan tradisi. Misalnya saja keberadaan bangunan tradisional khas Minangkabau, yaitu rumah gadang, hingga masjid tertua di ranah Minang, semua ada di sini. Karena jumlah penduduknya yang nggak terlalu banyak, kamu pasti akan merasa sangat nyaman di sini. Apalagi kalau pikiran sedang penat dan letih karena rutinitas. Yang kamu perlukan adalah ketenangan. Well, di sinilah tempat yang pas banget buatmu.

Bosan dengan pemandangan kampung?  Tenang, Guys. Kamu bisa juga berendam di pemandian air panas yang bersumber langsung dari sumber air panas Gunung Marapi. Warga desa Pariangan memiliki kebiasaan yang unik berkaitan dengan pemandian air panas ini. Mereka akan mandi berendam bersama-sama, yang biasa disebut dengan tapian mandi. Kamu bisa menemukan tapian mandi ini di depan Masjid Ishlah. Di sana, terdapat sebuah tapian mandi untuk perempuan dan dua tapian untuk laki-laki.

Bagaimana, tertarik untuk membuktikan keindahannya? Kalau dunia internasional aja menobatkan desa ini sebagai salah satu desa terindah, masa kita nggak bangga sih? Harus dong!