Hai, Takaiters!

Selain sunset, pemandangan matahari terbit alias sunrise juga tidak kalah menawannya. Menyaksikan keindahan semburat jingga kebiruan begitu sinar matahari mengintip menjadi momen yang tidak bisa digantikan oleh selembar foto.

Patut diakui kalau mengejar pemandangan effort lebih, terutama harus bangun di pagi buta, bahkan dini hari. Tapi percayalah, usaha kalian tidak akan terbuang sia-sia. Khusus daerah Yogyakarta kalian bisa menyaksikan di tempat berikut ini.

1. Jurang Tembelan Kanigoro

juramg tembelan jogja
Foto: paketwisata.id

Wajar sih, kalau tempat ini menjadi salah satu spot terbaik menyambut matahari terbit. Jurang Tembelan di kawasan Dlingo menyuguhkan pemandangan Pengunungan Sewu dan aliran Sungai Oyo yang nampak membelah perbukitan.

Selain itu, ada beberapa instalasi khusus tempat berfoto. Diantaranya yang paling terkenal adalah bangunan menyerupai perahu dari bambu.

Alamat: Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Yogyakarta.

2. Bukit Panguk Kediwung

wisata jogja kekinian
Foto: tanahnusantara.com

Masih di kawasan Dlingo, banyak tempat berburu foto selain Jurang Tembelan. Salah satunya Bukit Panguk yang biasa disebut “Negeri di Atas Awan”. Hal ini karena kabut tebal menyelimuti bukit dan nampak seperti awan menambah kesan mystical.

Jika cuaca tanpa kabut, kalian bisa melihat dengan jelas hutan dan pepohonan pinus di bawahnya. Sedangkan, gradasi cahaya berwarna merah jambu, biru, dan kuning menghiasi langitnya.

Alamat: Dusun Kediwung Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

3. Candi Borobudur

sunset candi borobudur
Foto: okezone.com

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Budha terbesar di dunia? Selain kental dengan latar sejarahnya, Candi Borobudur terkenal sebagai salah satu tempat di Yogyakarta yang punya magical sunrise. Namun sayangnya, tempat ini baru dibuka pukul 06.00 WIB bagi wisatawan umum.

Menggunakan di hotel yang masuk kawasan Candi Borobudur adalah salah satu cara menikmati matahari terbit. Seperti di Hotel Madonna dan Hotel Manohara.

Alamat: Jalan Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

4. Puncak Suroloyo

puncak-suroloyo
Foto: tribunnews

Puncak Suroloyo berapa pada ketinggian 1.019 meter di atas permukaan laut. Tepatnya pada daerah Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Untuk sampai ke puncak, kalian tidak perlu mendaki, cukup dengan meniti anak tangga yang berjumpa 186 buah.

Dari atas, kalian bisa menyaksikan pesona empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Sumbing, Merbabu, dan Sindoro. Tidak cuma itu, sama-sama kalian bisa melihat bangunan Candi Borobudur yang sangat menawan. Epik banget pastinya, ya.

Alamat: Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

5. Pantai Kesirat

pantai di jogja
Foto: idekreatifplus.blogspot.com

Berbeda sekali dengan karakteristik Pantai Selatan dengan pasir putihnya. Kalian hanya akan menemukan banyak tebing karang yang berbatasan langsung dengan lautan lepas. Namun, itu menjadi daya tarik tersendiri pada Pantai Kesirat di Gunung Kidul. Kalian bisa sambil berkemah di atas tebing sembari menanti matahari menampakkan diri.

Pantai Kesirat semakin unik dengan adanya pohon abadi, yaitu sebutan warga setempat bagi satu-satunya pohon yang ada di bibir tebing. Pohon itu akan rimbun di kala musim hujan dan merangas sampai gundul saat musim kemarau.

Alamat: Karang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Nah, Takaiters, tinggal dimasukkan ke daftar mulai sekarang tempat yang mau kalian kunjungi. Semoga bermanfaat.