tips agar bukumu awet
tips agar bukumu awet

Ngaku Pencinta Buku? 7 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Agar Bukumu Awet dan Tetap Kinclong, Guys!

Hello, Takaiters!

Siapa, nih, yang suka membaca? Pasti koleksi bukumu sudah banyak, ya, di lemari?

Entah kenapa, ketika kamu mencintai buku, hal sekecil apa pun akan kamu perhatikan. Rasanya happy banget kalau masuk toko buku dan melihat rak-rak penuh dengan buku meski kamu nggak berniat membelinya.

Seperti layaknya ketika bertemu pria tampan, kamu akan lekas jatuh hati ketika penulis favoritmu launching buku baru. Duh, kamu bela-belain menyisihkan uang saku demi membelinya. Terdengar kebangetan, ya? Tapi, seperti itulah para pencinta buku sejati, lho.

Sayangnya, jika kamu nggak pandai-pandai merawat koleksi buku lama kamu, bisa-bisa mereka jadi rusak, baik berubah warna, jamuran hingga menempel satu sama lain. Nah, lho! Nggak pengen itu terjadi, cobain 7 cara simpel merawat koleksi buku favoritmu supaya tetap awet dan tetap kinclong. Yuk, kita ulas satu-persatu, ya, Guys!

Jika belum punya lemari buku, hindari menyimpan buku di dalam kardus

tips agar bukumu awet
Foto; pexels.com

Lemari buku itu mahal, lho. Harganya bisa ratusan ribu. Sepertinya butuh waktu lama untuk mengumpulkan uang! Gimana, nih?

Eits! Nggak usah galau begitu. Lemari buku nggak harus selalu baru, lho. Kamu bisa memanfaatkan lemari di rumahmu yang sudah tidak terpakai. Ide brilian lainnya bisa juga kamu coba, salah satunya dengan mencari lemari bekas, entah itu bekas tetangga atau siapa pun dalam kondisi baik dan dijual dengan harga murah. Mudah ‘kan?

Selama menunggu punya lemari, jangan sampai kamu menyimpan buku di dalam kardus, ya, Guys! Kardus rupanya mengandung asam yang bisa membuat buku kamu mudah kuning. Kalaupun terpaksa, kamu bisa memberi alas berupa plastik, ya!

Hindari melipat buku dengan memakai pembatas buku

tips agar bukumu awet
Foto: pexels.com

Guys, sebagian koleksi buku kamu memang punya pembatas buku, tapi selebihnya justru tanpa pembatas buku. Jangan sampai kamu merusak bukumu dengan melipatnya sembarangan, lho. Bisa-bisa buku kamu mudah robek karena terlalu sering dilipat.

Mending kamu bikin pembatas buku sendiri. Hasilnya unik dan sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa mencari tutorialnya di youtube atau media sosial. Pasti hasilnya keren banget, lho.

Pilihan Editor



Buku juga butuh diberi sampul supaya tetap awet, lho!

tips agar bukumu awet
Foto: pexels.com

Mungkin ini adalah salah satu hal paling remeh, ya, Guys. Tapi, buku yang diberi sampul akan lebih awet, apalagi jika teman-temanmu sering meminjamnya.

Sayangnya, tidak semua pandai memberi sampul pada bukunya. Ya, tangan kreatif dan cenderung rapi itu rupanya nggak dimiliki oleh sembarang orang. Kalau kamu merasa kurang pandai dan hasilnya justru mengecewakan, coba, deh, cari teman yang pandai memberi sampul buku supaya hasilnya rapi dan aman.

Jangan campur bukumu seperti gado-gado!

Fakta Unik Di Balik Proses Pembuatan Aroma Karsa
Foto: pexels.com

Duh, karena malas memilah buku sesuai kategori, bukumu jadi berantakan dan susah banget dicari, nih.

Guys, akan jauh lebih baik jika kamu menyimpan dan mengelompokkan bukumu sesuai dengan kategori. Misalnya, novel dan kumpulan cerpen bisa kamu pisahkan sesuai genre. Sedangkan buku berseri bisa kamu simpan secara berurutan. Gampang, ya?

Jangan malas membersihkan buku secara teratur dan beri kamper di antara tumpukan bukumu

tips agar bukumu awet
Foto: pexels.com

Meskipun lemari bukumu tertutup, debu juga bisa masuk, lho, Guys! Jadi, jangan malas membersihkannya secara berkala, ya. Selain itu, debu-debu yang tidak rajin kamu bersihkan pada buku itu bisa menjadi pencetus alergi tungau yang menyusahkan.

Kamu bisa membersihkan buku-buku favoritmu dengan lap kering, jangan sekali-kali membersihkannya dengan lap basah, ya!

Dan yang tak kalah penting lagi, untuk menghindari buku dimakan ngengat, coba, deh, kamu taruh kamper di dalam lemari buku. Jangan sampai buku favoritmu habis dimakan ngengat. Apalagi kalau sampai buku itu sudah susah dicari dan langka. Sayang banget kalau sampai terjadi, ya?

Jauhkan lemari bukumu dari dinding dan atur pencahayaan demi menghindari ngengat

tips agar bukumu awet
Foto: pexels.com

Kamu harus pandai-pandai meletakkan lemari buku, jangan sampai menempel pada tembok supaya tidak lembab dan menyebabkan buku berjamur. Selain itu, memberi jarak antara tembok dengan lemari bisa menghindarkan serangga yang merambat.

Dan tak kalah penting lagi, ya, sebaiknya kamu atur cahaya matahari yang masuk ke kamar. Jangan sampai mengenai buku secara langsung supaya nggak mudah kuning dan bergelombang, tapi sebaiknya buku kamu juga harus dapat cahaya yang cukup supaya terhindari dari ngengat, ya, Guys!

Cuci tangan sebelum membaca buku

tips agar bukumu awet
Foto: pexels.com

Terdengar berlebihan? Tapi, kamu harus tahu, nih, lemak bekas makanan atau apa pun yang membekas di tangan bisa merusak buku kamu, lho. Nggak asyik juga kan kalau sampai bukumu kena minyak?

Yuk, bersihkan tangan kamu sebelum membaca buku sebagai wujud cintamu pada buku-buku yang telah memberimu banyak warna.

Itulah 7 hal mudah dan kadang dianggap remeh bagi sebagian pencinta buku. Gimana, ternyata banyak yang belum kamu lakukan, ya, Guys? Yuk, cobain supaya buku kamu tetap awet dan kinclong! Selamat bersenang-senang dengan buku kesayanganmu, ya, Guys!