Hai Takaiters!

Pengguna Hp semakin hari semakin banyak. Dalam catatan databoks.katadata.co.id saja menyebut bahwa pada 2019, setidaknya terdapat 3,2 miliar pengguna, naik 5,6% dari tahun sebelumnya. Sementara jumlah perangkat aktif yang digunakan hingga saat ini mencapai 3,8 miliar unit.

Penggunaan terbesar dideteksi paling banyak berada di Tiongkok dengan menguasai 27% dari total pengguna Hp dunia. Selain itu juga, masih dari catatan yang sama, diprediksi bahwa pada tahun 2022 juga pertumbuhan pengguna ponsel pintar akan mencapai 3,9 miliar pengguna.

Besarnya penggunaan tersebut pula banhkan memunculkan daftar negara dengan warga yang paling sering menggunakan dan memainkan Hp.

Negara dengan penggunaan Hp yang tinggi di dunia
Foto: okezone.com

Negara masa saja kiranya? Berikut takaitu.id telah merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Indonesia

Takaiters tidak salah baca. Negara yang memuncaki daftar sebagai negara dengan warga yang paling sering menggunakan Hp adalah Indonesia. Dikutip dari App Annie, warga Indonesia menjadi negara terlama saat membuka handphone.

Di Indonesia sendiri, masyarakat bisa menghabiskan lebih dari 4 jam sehari untuk membuka aplikasi di handphone mereka. Ada 17 persen pengguna handphone sepanjang hari yang selalu membuka aplikasi, entah itu email, game, atau aplikasi streaming.

2. Tiongkok

Seperti yang telah disinggung di awal tulisan, Tiongkok merupakan pengguna terbanyak ponsel pintar di dunia. Hal tersebut juga menyebabkan negara ini masuk daftar sebagai negara dengan warga yang paling sering main ponsel.

Bayangkan saja, dalam sehari di negara ini penggunaan untuk setiap orang mencapai 3,7 jam dalam sehari.

3. Korea Selatan

Negara berikutnya yang masuk 5 besar negara dengan warga yang paling sering main Hp adalah Korea Selatan. Di negara asal K-Pop ini, rata-rata penggunaan Hp oleh setiap warganya mencapai 3,5 jam dalam sehari.

Biasanya, penggunaan Hp di Korea Selatan untuk bermain game. Hal tersebut diketahui dari survei yang dilakukan di Korea Selatan yang menyebutkan bahwa 55 persen orang Korea Selatan menggunakan handphone Android mereka untuk bermain game setidaknya sebulan sekali.

4. Jepang

Negeri Sakura pun termasuk dalam jajaran negara dengan warga yang paling sering main Hp dengan torehan waktu 3 jam per harinya. Seperti Korea Selatan, di Jepang pun penggunaan terbanyak digunakan untuk bermain game dan membuka aplikasi chatting.

5. Prancis

Negara terakhir yang menjadi negara dengan penggunaan Hp paling sering dan tinggi adalah Prancis. Di negara ini juga, waktu yang dihabiskan per harinya untuk bermain Hp sekitar 2 jam. Hal tersebut merupakan penurunan, karena sebelumnya, penggunaan perharinya melebihi dari 2 jam.

Penurunan tersebut sendiri dikarenakan adanya kebijakan baru dari Pemerintahan Emanuel Macron yang melarang penggunaan Hp saat berada di sekolah serta di perguruan tinggi.