Hai, Takaiter!

Indonesia termasuk salah satu negara di dunia yang memiliki curah hujan cukup tinggi, yaitu antara 2.000–3.000 mm per tahun. Meskipun curah hujan berbeda-beda pada setiap pulau, pulau Sumatera da Kalimantan cenderung lebih lembab dengan intensitas hujan tinggi. Biasanya awal musim hujan di Indonesia dimulai bulan Oktober atau November setiap tahunnya. Nah, ini artinya kita harus waspada, Guys dan jangan lupa mempersiapkan diri menyambutnya.

Kurangi Aktivitas Lapangan

Foto: unsplash.com

Buat kamu yang aktif beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya mengurangi aktivitasmu, Guys. Curah hujan di Indonesia cukup tinggi, sehingga bukan tidak mungkin kamu akan kehujanan sewaktu-waktu. Jika kamu hobi mendaki gunung atau ikut kegiatan pecinta alam lainnya, ada baiknya kamu mengatur ulang jadwalmu, karena hujan bukan hanya menghalangi aktivitas, tetapi bisa mendatangkan penyakit dan malapetaka. Lakukan kegiatan yang tidak mengandung risiko saat musim hujan datang

Periksa Kendaraan dan Pantau Jalur Lalu Lintas

Foto: ayobandung.com

Buat kamu yang berkendara, musim hujan juga cukup membahayakan karena licin, maka berhati-hatilah. Periksa kendaraan secara berkala dan bawalah peralatan yang cukup untuk membantu saat terjadi kerusakan di jalan. Bagian yang sangat memerlukan perhatian adalah ban dan rem, Guys, jadi jangan sampai terlewat, ya.

Pengendara mobil juga harus mengecek wiper secara berkala sehingga air hujan tidak menghalangi pandangan saat mobil bergerak. Pengendara motor sebaiknya memilih jas hujan berbentuk celana dan jas yang berkaret daripada jas hujan panco karena ada kemungkinan tersangkut jeruji motor. Jangan lupa untuk memantau jalur lalu lintas yang akan kamu lewati, karena musim hujan mungkin menyebabkan banjir di beberapa titik rawan. Jika dari rumah sudah dapat diketahui ada banjir, lebih baik gunakan jalur alternatif, Guys.

Sedia Payung dan Jas Hujan

Foto: liputan6.com

Kadang hujan menjadi penghalang aktivitas harianmu baik yang bersekolah maupun bekerja, tapi kamu harus pandai menyiasatinya, Guys. Bawalah selalu payung dan jas hujan di dalam tas atau kendaraanmu untuk berjaga-jaga. Jangan nekat menerabas hujan dengan alasan hujan tidak deras, karena kondisi badan kita belum tentu cukup fit menerima guyuran air, Guys. Saat ini banyak tersedia pilihan payung dan jas hujan modis, sehingga kamu tidak perlu malu menggunakannya.

Pakai Baju Hangat dan Kaos Kaki

 

Foto: fimela.com

Musim hujan selalu identik dengan cuaca dingin yang membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. Cuaca dingin membuat kita malas bergerak, sehingga banyak aktivitas yang kita tunda, Guys. Padahal tidak seharusnya begitu, ya, karena kita dapat memakai baju hangat dan kaos kaki saat bekerja sehingga tubuh tetap hangat.

Pihak manajemen tempatmu bekerja pasti memaklumi hal ini, Guys, asal kamu pandai memilih jenis baju hangat dan kaos kaki yang elegan. Jangan lupa membawa pakaian cadangan saat kamu berpergian, Guys, siapa tahu kamu kehujanan di jalan. Saat musim hujan ada baiknya kamu memakai sepatu yang mudah dikeringkan seperi sepatu berbahan karet atau plastik seperti sepatu boot saat perjalanan, dan bergantilah dengan sepatu yang layak saat sampai di tempat tujuan.

Makan Makanan Bergizi dan Konsumsi Multivitamin

Foto: beritasatu.com

Cuaca dingin membuat metabolisme tubuh kita melambat Guys. Rasanya ingin tiduran sepanjang waktu tanpa melakukan aktivitas apapun. Eits, tetapi tidak boleh begitu, ya. Makan makanan bergizi dan mengandung banyak rempah dipercaya membuat tubuhmu tetap hangat. Bawalah bekal makan siang yang memungkinkan untuk dihangatkan di kantor dan minumlah air hangat sepanjang hari sehingga tubuh tidak menjadi layu.

Musim penghujan juga identik dengan berbagai penyakit seperti influenza dan diare. Pandai-pandailah menjaga kesehatan, Guys, dengan mengonsumsi multivitamin jika perlu. Vitamin C sangat diperlukan saat musim karena mengandung antioksidan yang akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, Takaiters, sudah siap kan menyambut musim hujan? Jangan berhujan-hujanan jika tidak perlu, Guys. Lebih baik berkumpul dengan keluarga, menikmati minuman hangat sambil menonton televisi.