Hai, Takaiters!

Tanggal 12 Oktober nanti hari museum Indonesia, lo? Masih banyak yang belum tahu, ya? Memang, di era modern ini museum merupakan tempat wisata yang tidak lagi banyak peminatnya. Generasi muda lebih memilih mengunjungi tempat wisata lain seperti pantai, gunung, taman, mal, dan lain sebagainya yang memberikan berbagai macam hiburan dari pada mengunjungi museum yang hanya memajang benda-benda mati dan bahkan terkesan angker.

Pemikiran seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang seyogyanya mengenal secara mendalam sejarah bangsanya. Guna menumbuhkan minat terhadap permuseuman di Indonesia maka  generasi muda perlu diajak untuk lebih mengenal museum.

Sejarah Museum Indonesia

Foto: swiss-belhotel.com

Museum awalnya adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda langka ataupun kumpulan benda-benda alam yang merupakan koleksi  dari individu, keluarga atau institusi. Namun, seiring perkembangan zaman museum kemudian digunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah atau purbakala.

Perkembangan museum mulai terlihat sejak diselenggarakannya musyawarah museum se Indonesia yang pertama kalinya di Yogyakarta pada tanggal 12-14 Oktober 1962. Indonesia sendiri baru menetapkan hari museum Indonesia pada tahun 2015 setelah berpuluh-puluh tahun tidak pernah memperingati hari museum. Hari Museum akhirnya ditetapkan pada tanggal 12 Oktober mengacu pada penyelenggaraan musyawarah museum se Indonesia tersebut.

Katagori Museum

Foto: travelingyuk.com

Indonesia merupakan negara yang memiliki cukup banyak museum. Ada kurang lebih 435 museum yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia berdasarkan data dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Museum-museum tersebut terbagi dalam beberapa katagori seperti museum arkeologi, museum seni, museum biografi, museum anak, museum universal, museum etnologi, museum rumah bersejarah, museum sejarah, museum maritim, juga museum militer dan perang.

Arti Keberadaan Museum

Foto: gapuranews.com

Jika dulu keberadaan museum hanya sebagai tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda kuno atau bersejarah, seiring perkembangan jaman museum juga di jadikan sarana untuk mengedukasi generasi milenial tentang sejarah yang ada juga tentang berbagai pengetahuan akan banyak hal.

Inovasi-inovasi baru tentang permuseuman terus ditingkatkan tujuannya agar generasi milenial tertarik untuk berkunjung ke museum. Dengan kunjungan mereka ke museum, otomatis mereka akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang nantinya diharapkan mereka akan menyebarkan informasi tentang museum kepada khalayak sehingga kunjungan ke museum terus meningkat.

Pengetahuan yang Didapat dari Mengunjungi Museum

Foto: antarafoto.com

Guys, Dengan mengunjungi museum selain berwisata kamu juga akan memperoleh banyak pengetahuan melalui infomasi-informasi yang disajikan di masing-masing museum, lo? Jika kamu tertarik dengan dunia transportasi kamu bisa berkunjung ke museum Angkut yang berada di Batu, Malang, Jawa Timur. Di sana kamu bisa melihat berbagai jenis alat transportasi kuno hingga transportasi modern berikut deskripsinya. Museum ini adalah museum transportasi pertama dan terbesar di Asia Tenggara, lo, guys?

Bagi takaiters yang tertarik dengan dunia perpubakalaan, fosil juga tentang geologi kamu bisa berkunjung ke museum Geologi Indonesia di Jakarta untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam. Untuk mengetahui benda-benda sejarah dan prasejarah juga peristiwa-peristiwa penting bagi bangsa Indonesia kamu bisa mengunjungi museum Nasional Indonesia, museum Ullen Sentalu, dan museum Yogya Kembali.

Foto: tribunnews.com

Di museum Muri kamu akan memperoleh berbagai informasi tentang rekor-rekor yang pernah terpecahkan oleh orang Indonesia, Bagi penggemar karya seni dan lukisan museum Pasifika Bali menjadi rekomendasi untuk kamu kunjungi. Lalu bagaimana dengan kamu yang tertarik dengan dunia permainan tradisional? Jangan khawatir di Indonesia juga memiliki museum yang khusus mengkoleksi berbagai ragam mainan tradisional yaitu museum Anak Kolong Tangga. Museum tsunami, museum kata, museum kerang, museum dirgantara, House of Sampoerna, dan masih banyak lagi museum yang juga turut memberikan warna indah dunia permuseuman dengan menyajikan berbagai pengetahuan yang bermanfaat bagi pengunjung.

Saking banyaknya museum yang ada di Indonesia, pastinya kamu bingung museum mana saja, ya, yang menarik untuk di list di daftar liburan kamu? Takaiters, Kira-kira museum mana yang akan kamu kunjungi? Semuanya menarik, lo?