Hai, Takaiters!

Kemanakah tempat liburan favoritmu? Biasanya bagi mereka para pecinta kegiatan traveling akan mengunjungi tempat- tempat yang menyediakan banyak destinasi menarik dan menyenangkan. Salah satu daerah dengan banyak destinasi wisatanya adalah Yogyakarta.

Dikenal dengan banyak sekali julukan diantaranya seperti kota Budaya dan Kota Pelajar rupanya Yogyakarta juga cukup dikenal oleh Masyarakat luas sebagai kota pariwisata. Bagaimana tidak, sebab daerah istimewa yang setingkat dengan provinsi ini nyatanya mempunyai banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata buatan hingga wisata alam yang eksotis.

Bagi para pecinta kegiatan traveling, mengunjungi daerah yang satu ini akan menambahkan kesan tersendiri jika dibandingkan berkunjung ke tempat lainnya. Sebab nuansa budaya yang kental di Yogyakarta akan memberikan banyak pelajaran tersendiri selain sekedar bersenang- senang atau menikmati liburan.

Museum Ullen Sentalu

sejarah museum ullen sentalu yogyakarta
Foto : cakrawalatour.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata bagi Takaiters yang akan berlibur atau traveling ke Yogyakarta adalah dengan mengunjungi museum. Banyak dari kita kadang terlalu menyepelekan tempat yang satu ini. Padahal mengunjungi salah satu cagar budaya yang satu akan memberikan banyak kesan menyenangkan.

Selain menikmati suasana berlibur, kita juga akan diajak untuk belajar dan bernostalgia pada kekayaan budaya daerah. Apalagi jika Takaiters mengunjungi sebuah museum yang cukup terkenal di Yogyakarta, namanya adalah Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah cagar budaya yang menyimpan banyak sekali kisah- kisah sejarah dan budaya. Terutama yang menceritakan tentang peradaban Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi 4. Diantaranya keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Selain itu di museum ini para pengunjung dapat melihat banyak sekali bukti- bukti sejarah nenek moyang. Mulai dari peninggalan kebudayaan yang sakral hingga bukti tradisi sosial masyarakat di jaman dahulu. Kita dapat menikmati keindahan budaya seperti Batik, Arca, hingga alat musik dan benda- benda ritual.

Keunikan Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Yang unik dari museum Ullen Sentalu ini tidak hanya soal keindahan isi di dalamnya saja. Ada pula latar tempat dan bagian per bagian dari museum ini sangat indah dan enak untuk dipandang. Arsitektur bangunannya yang banyak dibumbui dengan unsur tropis dan gotik ini memberikan kesan natural yang menakjubkan.

Bagi mereka yang selalu ingin eksis di sosial media pun tempat ini sangat cocok untuk berswafoto. Walau begitu para pengunjung diharapkan untuk tidak berfoto sembarangan dengan benda- benda koleksi peninggalan sejarah yang ada disana.

Hal unik lainnya dari museum ini adalah awal kisah berdirinya tempat ini. Tujuan dibangunnya museum hanya digunakan sebagai bangunan untuk koleksi peninggalan budaya untuk pribadi. Adalah keluarga Haryono yang masih merupakan keturunan bangsawan sejak jaman dahulu membangun tempat ini untuk menyimpan berbagai koleksi bersejarah milik keluarga.

Namun pada akhirnya kepengurusan museum ini diserahkan kepada Yayasan Ulating Blencong dan sesepuh keluarga kerajaan Mataram.

Harga Tiket dan Kunjungan

museum ullen sentalu di yogyakarta
Foto : avaheritagetour.com

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta ini biasanya buka setiap hari selasa hingga minggu mulai pukul 08.30 wib hingga 16.00 wib dengan agenda tur selesai paling akhir pada pukul 15.15 wib. Untuk dapat mengunjungi museum ini para pengunjung akan diberikan 2 penawaran untuk tur yang disediakan.

Pilihan pertama adalah tur Adiluhung Mataram dengan harga tiket mulai dari 50 ribu rupiah dan yang kedua adalah tur Vorstenlanden. Yang membedakan dari kedua jenis penawaran tersebut adalah mulai dari durasi kunjungan hingga perbedaan tempat kunjungan dan penjelasan berbagai latar belakang sejarah dari tour guide disana.

Namun sebelum memilih untuk berkunjung ke Museum Ullen Sentalu ini, wisatawan diharapkan untuk melihat jadwal serta aturan yang tertera di website official.

Lokasi dan Rute

htm museum ullen sentalu jogja
Foto : blog.misteraladin.com

Jarak Museum ini sendiri adalah sejauh 25km dihitung dari pusat kota Yogyakarta. Lokasinya berada di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kita datang dari pusat kota Yogyakarta sendiri adalah dengan menaiki beberapa kendaraan umum. Mulai dari Transjogja hingga angkot yang menuju ke daerah Kaliurang. Jika menggunakan kendaraan pribadi pun kita hanya perlu menuju ke jalan Kaliurang kemudian tinggal berjalan lurus sejauh 18Km.

Bagi Takaiters yang hobi traveling dan mengunjungi tempat- tempat baru, museum Ullen Sentalu Yogyakarta menjadi salah satu alternatif yang cukup direkomendasikan. Sebab kita tidak hanya menikmati keindahan tetapi juga akan banyak belajar mengenai sejarah dan budaya yang ada disana.