Hai, Takaiters!

Setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Pada saat itu, kaum terpelajar (mahasiswa STOVIA) mendirikan suatu perkumpulan yaitu Budi Utomo. Mereka berusaha bangkit untuk melawan penjajahan yang mencengkeram bangsa Indonesia selama ini.

Kita sebagai generasi muda hendaknya menjadikan momentum kebangkitan nasional ini sebagai wahana untuk membangkitkan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Apalagi dalam menghadapi era masa kini. Kita harus siap menghadapi tantangan di segala bidang kehidupan.

Inilah  5 hal yang harus kamu lakukan  untuk membangkitkan diri di era masa kini.

Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi

Foto: pexels.com

Di era digital ini, tak bisa dimungkiri, teknologi sebagai kebutuhan utama di mana komputer, laptop, dan handphone menjadi barang yang wajib dimiliki bagi sebagian besar orang. Saat ini, semuanya sudah serba online. Belajar secara online, belanja melalui situs online, pesan tiket juga secara online, bahkan pesan makanan pun juga secara online. Sebagai generasi muda kamu harus menyesuaikan dengan segala sesuatu yang ada pada saat ini. Memanfaatkan segala teknologi untuk terus belajar dan berkarya.

Belajar di Segala Bidang Kehidupan

Foto: pexels.com

Belajar tidak hanya di sekolah mempelajari materi pelajaran tetapi belajar bisa dimana pun tempatnya, kapan pun waktunya, pada siapapun orangnya dan apapun hal yang bisa dipelajari. Misalnya saja  kamu belajar membuat kerajinan tangan dengan melihat youtube, saat di panti asuhan kamu belajar untuk cinta kasih pada sesama, dari seorang pedagang  kamu bisa belajar tentang keuletan dan kegigihannya.

Mengasah Bakat dan Terus Berkarya

Hari Kebangkitan Nasional
Foto: pexels.com

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu sebaiknya menonjolkan kelebihan dan memperbaiki keurangan yang kamu miliki. Jadikanlah kelebihanmu sebagai bakat. Dengan terus menekuni apa yang menjadi bakat, maka akan mudah bagimu  dalam menentukan arah dan tujuan hidup.  Misalnya, kamu berbakat dalam bidang menulis, maka ikutilah komunitas-komunitas menulis. Jika kamu mempunyai bakat dalam bidang menggambar, diharapkan terus berlatih dan ikutilah kompetisi menggambar sesering mungkin. Sungguh sayang jika bakat yang kamu miliki disia-sia tanpa  diasah dan ditekuni.

Jangan Terlena dengan Kecanggihan Teknologi

Foto: pexels.com

Sebagai generasi muda, kamu diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, tetapi janganlah terlena dengan  kecanggihannya. Sekarang ini sedang marak-maraknya kegiatan di media sosial seperti membuat Vlog. Mampu membuat Vlog dan mengisinya denga konten positif dan membagikannya di media sosial  memang hal bermanfaat dan patut ditiru,  tetapi jangan sampai kecerdasan yang kamu miliki juga dukungan kecanggihan teknologi membuat kamu terlena dengan membagikan konten-konten negatif yang kurang mendidik.

Dalam menggunakan media tersebut  kamu harus bijak, Guys,  agar tidak mudah terbawa budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita.  Jangan sampai hal tersebut juga membuat kamu menjadi lupa waktu.

Memperbaiki Akhlak dan Agama

Menjadi pribadiyang berkualitas
Foto: mualaf.com

Menghadapi era yang semakin maju ini diperlukan suatu rem. Remnya adalah landasan agama dan akhlak yang baik. Hendaknya lah memperbaiki akhlak, menjadi pribadi yang ramah, jujur, bertanggung jawab, dan sopan. Hal itu disertai dengan rajin beribadah sebagai penangkal agar  pengaruh buruk tidak masuk ke dalam jiwa.

Itulah  beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk memaknai kebangkitan nasional, Takaiters. Kita harus bangkit  untuk menghadapi era digital ini agar tidak ketinggalan. Akan tetapi, kita juga jangan terlena, ya, Guys. Bijaklah dalam menggunakan teknologi. Semoga kelak kita   menjadi generasi emas kebanggaan  Indonesia.